Posts

Showing posts from May, 2014

Ada Cinta di Hape Pertama

Image
Dulu handphone alias hape adalah barang mahal bagiku. Maklumlah, sebagai anak kuliahan yang uang bulanannya pas-pasan, tentu punya hape itu sesuatu yang nggak terpikirkan. Tapi dulu, sekitar 15 tahun yang lalu, memang belum banyak yang punya hape. Bukan karena mereka nggak mampu beli, tapi karena mereka belum paham pentingnya hape, dan mungkin nggak tahu cara pakai hape. Beda dengan jaman sekarang yang hampir semua orang punya hape. Bahkan anak-anak TKpun udah pegang hape. Seiring berjalannya waktu, hape mengalami kemajuan yang pesat. Kalau dulu cuma buat SMS dan nelpon doank, kini buanyaak sekali fasilitasnya, yang membuat kita semakin nggak bisa lepas dari gadget ini.
Aku ingat, dulu rasanya seneng banget bisa ngerubah-ubah ringtone. Berasa udah canggih banget punya hape yang ringtonenya beda dengan yang lain. Padahal kalau didengerin jaman sekarang pasti jadi geli sendiri. Jaduuul banget.. hihii. Kalau sekarang, hape lemot buat internetan aja rasanya udah mati gaya. Serasa lumpuh …

Sepenggal Sore di Kota Tua

Image
Sebenarnya maksud awalnya sih mau menjemput impian, alias beli mesin jahit inceran. Tapi apa daya udah jauh-jauh datang ke toko aneka mesin jahit yang ada di mangga dua, ternyata hari minggu tokonya tutup. Ya sudahlah, nurutin maunya anak-anak aja, jalan-jalan ke Kota Tua. Ini kedua kalinya aku menemani anak-anak kesini. Tapi yang pertama dulu tempatnya lagi direnovasi, jadinya nggak bisa mengeksplore apa-apa. Makanya mereka masih penasaran pengen ke kota tua lagi.
Jam 3 sore kami baru sampai. Berangkatnya emang udah siang, dan jalanan macet pula. Kami parkir di tempat yang sama, yaitu persis di seberang Toko Merah. Aku selalu senang memandang toko merah yang terlihat mencolok di antara bangunan tua lainnya yang kusam.Toko itu membawa nuansa ceria walaupun kesan tua tetap ada. Penasaran juga pengen masuk kedalam, tapi lain kali aja karena anak-anak buru-buru pengen ke museum.
Kami berjalan kaki menuju alun-alun kota tua. Sepanjang jalan dipenuhi pengunjung. Rata-rata mereka ini anak…

Selepas Senja di Pantai Ancol

Image
Pantai Ancol, tempat gaul paling happening di Jakarta. Walaupun banyak mall-mall dan tempat nongkrong dibangun, namun pantai ini tak pernah sepi pengunjung, dan masih menjadi tempat favorit warga ibukota. Di tengah hiruk pikuk keramaian dan bangunan-bangunan tinggi, Pantai Ancol hadir dengan nuansa alamnya. Memang pantainya tidak seindah pantai-pantai di Bali sana, namun cukuplah untuk sekedar nongkrong dan menghirup aroma laut. 
Kami cukup sering ke pantai ini. Biasanya kami datang di pagi hari. Alasannya biar nggak terlalu panas, dan udaranya masih segar. Tapi kali ini kami penasaran ingin mencoba suasana Pantai Ancol saat senja menjelang. Konon katanya, sunset di pantai ini cukup menawan. Apalagi kalau dinikmati bersama pasangan, tentunya lebih romantis.. Ahaaay..
Sore hari kami berangkat. Sayangnya saat masih di perjalanan, cuaca yang semula cerah berubah menjadi mendung. Firasatku mengatakan akan turun hujan. Alamat gagal menikmati sunset. Dan benar, begitu sampai di Pantai Anco…

Resep Cocopandan Molen ala Cova

Image
Seperti janjiku di postingan sebelumnya, aku akan sharing resep molen cocopandan hasil gubahanku. Bikinnya gampang kok. Molen yang ini kulitnya nggak pakai model yang berlapis-lapis seperti molen Kartika Sari, tapi rasanya sama maknyusnya. Dan untuk isi, yang biasanya isinya pisang, kali ini aku ganti dengan isian kelapa parut beraroma pandan. Yuk kita bikin bareng!
Bahan kulit: 500 gram tepung terigu 150 gram mentega 3 sendok makan gula pasir 2 sendok makan susu bubuk 125 ml air panas kuning telur
Bahan isi: 250 gram kelapa parut 200 gram gula merah 100 ml air 1/2 sendok teh garam 50 gram gula pasir sedikit pasta pandan

Cara membuatnya: 1. Buat isi: masak semua bahan isi hingga matang 2. Buat kulit: campurkan tepung terigu dan mentega. Aduk hingga berbutir-butir 3. Aduk gula, susu, dan air mendidih. Kemudian tuang ke dalam bahan tepung, dan uleni 4. Tipiskan adonan setebal 2 mm, dan potong kira-kira berukuran 6x6 cm 5. Ambil sedikit bahan isi, taruh diatas kulit. Kemudian bungkus se…