Posts

Showing posts from September, 2014

Tips Agar Naskah Dilirik Penerbit #SundaySharing9

Image
Anakku Lita punya cita-cita pengen jadi guru sekaligus penulis. Sebuah cita-cita yang kurang populer untuk anak seusianya. Tapi aku selalu mendukungnya untuk meraih cita-citanya itu. Salah satunya dengan mengajaknya ke acara Sunday Sharing ke 9 yang sponsori oleh BLOGdetik hari minggu kemarin. Kebetulan tema acaranya sangat menarik, Tips Menulis Agar Naskah Dilirik Penerbit. Bersyukur aku udah temenan di FB ama mak Riksi  Fitriasari, sang ketua kelas Sunday Sharing kali ini, jadi aku bisa tahu info ini dari FBnya. Yup, sepertinya emang aku udah berjodoh ama acara ini. Karena biasanya kalau ada acara-acara begini ada aja halangannya.. Maklumlah kalau weekend pasti banyak acara.. hehe.. alesan. 
Nah untuk kali ini alhamdulillah aku bisa ikut. Dan ternyata acaranya keren loh sodara-sodara! Acaranya dikemas secara sersan, serius tapi santai. Santai bukan berarti cuma haha hihi, tapi santai yang penuh makna.. ciee.. Apalagi narasumbernya nggak perlu diragukan lagi kepiawaiannya dalam duni…

Misteri Dompet Stroberi

Image
"Kak.. Gimana perkembangannya? Udah ketemu belum dompetnya?"
Pertanyaan itu tiap hari aku lontarkan ke Lita, anak perempuanku, sejak dia menyanggupi akan memecahkan kasusku. Dengan bergaya ala Sherlock Holmes, dia percaya diri sekali bakal menemukan dompetku yang hilang. Tentu saja ini nggak cuma-cuma. Demi kembalinya si dompet stroberi, aku harus mengeluarkan uang sebesar Rp 100.000 untuk menyewa jasa detektif wanna be ini. Uang yang cukup besar bukan untuk sebuah dompet? Padahal harga dompetnya nggak sampai segitu. Uang seratus ribu bisa buat beli dompet yang baru. Tapi aku nggak bakal beli dompet baru, karena dompet itu hasil rajutanku sendiri. Paling-paling aku bikin dompet baru lagi. Tapi masalahnya bukan di situ, bukan pada harga dompet, atau siapa yang membuat dompetnya. Terus apa donk? Tentu saja karena isinya, uang. 

Kehilangan uang Rp 10.000 aja rasanya nyesek, apalagi kalau kehilangan uang yang jumlahnya beratus-ratus kali lipat dari jumlah itu. Bisa dibayangkan …

Yeay! Blogku Ulang Tahun

Image
Lagi-lagi kabar gembira datang dari blog Runaway Diary. Wah senang ya bisa sering mengabarkan berita gembira.. hihii. Yup, sesuai judul postingan ini, hari ini blogku berulang tahun yang ke-3. Terharuu.. Nggak terasa blogku ini sudah bertahan selama 3 tahun. Harusnya udah bukan blogger newbie lagi donk ya? Seharusnya jangka waktu 3 tahun itu udah cukup membuatku berpengalaman di dunia perbloggeran. Tapi kenyataannya tidak demikian. Aku masih jadi "anak baru" yang minim pengalaman. Aku nggak ada apa-apanya dibanding blogger lain, yang sudah meraih banyak pencapaian walaupun umur blognya lebih muda dari umur blogku. Yah, blog layaknya manusia, bahwa banyaknya umur nggak menentukan tingkat kedewasaan.. hehe.
Blogku memang belum dewasa kok, tapi lagi lucu-lucunya :D, Dan aku bersyukur memiliki blog ini yang bisa bertahan sampai dengan tahun yang ke-3. Semoga bisa terus bertahan selamanya :). Sebagai ungkapan rasa syukur, sebenarnya aku pengen bikin giveaway seperti tahun lalu. …

Alhamdulillah, Bukuku Akan Diterbitkan

Nggak terasa udah memasuki hari ke-8 di bulan September, tapi blogku masih belum ada postingan baru. Etapi ini bukan karena aku males loh.. bukaaaan.. Tapi karena hari-hariku di bulan ini lebih sibuk dari biasanya. Yang biasanya kerja kantoran, ngurus anak, ngurus rumah, ngurus orderan dan jualan, kini ada tambahan kegiatan lain, yaitu nulis naskah untuk buku. Yup, serius.. aku nulis buku loh. Buku karya solo perdanaku ini akan diterbitkan oleh sebuah penerbit mayor. Iyaaaa... penerbit mayor sodara-sodaraaa... ! Hah? Kok bisa? Gimana ceritanya?
 Semua berawal dari sebuah email dari penerbit yang menjawab proposal dan contoh naskah yang aku kirimkan. Isinya menyatakan bahwa pihak penerbit menyukai contoh naskahku, dan akan menerbitkan bukuku. Dari pengiriman proposal dan contoh naskah, sampai dengan jawaban dari penerbit, hanya memerlukan waktu beberapa hari saja, nggak nunggu sampai berbulan-bulan untuk mendapatkan jawaban. How lucky I am.. Bisa dibilang aku ini lebih beruntung dari …