Monday, October 08, 2012

Virus Amigurumi


Apa sih amigurumi itu? Pasti banyak yang belum tahu tentang seni yang berasal dari negeri sakura ini. Tapi bagi penggemar rajut merajut, pasti sudah kenal. Nah bagi yang belum tahu, aku jelasin sedikit ya. Amigurumi, berasal dari dua kata yaitu ami yang artinya rajutan. Dan nuigurumi yang artinya boneka. Jadi amigurumi adalah seni merajut boneka. Biasanya boneka yang dibuat mempunyai ukuran yang kecil. Berbagai karakter bisa dibuat versi amiguruminya. Dan tentunya dibutuhkan jiwa seni dan ketekunan untuk membuatnya.

Nah, sekitar sebulan yang lalu aku tiba-tiba tertarik membuat amigurumi. Berbekal pelajaran ketrampilan merajut yang kudapat saat SMP dulu, aku secara otodidak mencoba mendalami seni ini. Awalnya sih karena ingin membuat boneka panda untuk diri sendiri. Namun belum jadi membuat boneka panda, eh anak-anakku udah request macam-macam. Untuk percobaan pertama aku membuat boneka kepik untuk Ariq. Lalu Lita ngiri dan minta dibuatkan boneka kura-kura. Ternyata hasilnya lucu-lucu loh. Sepertinya aku cukup berbakat membuat amigurumi.. Hehe..




Setelah itu berbagai macam karakter mulai kubuat satu per satu. Ternyata membuat amigurumi itu menyenangkan loh. Memang dibutuhkan ketelatenan dan ketekunan, tapi kalau lihat hasilnya rasanya puas dan senang. Apalagi kalau hasil karya itu disukai banyak orang. Tentunya makin membanggakan. Nah itulah yang kurasakan. Walaupun aku baru di dunia amigurumi ini, tapi hasil karyaku disukai teman-temanku. Bahkan banyak yang minta dibuatkan boneka rajut dengan berbagai karakter. Dan waktu-waktu senggangku kini aku isi dengan mengerjakan orderan amigurumi. Alhamdulillah mereka puas dengan karyaku. Dan lumayan bisa nambah-nambah modal buat beli benang. Nggak nyangka, hobiku yang awalnya iseng saja, ternyata bisa menambah uang jajan.. Hehe






Sebenarnya aku ingin lebih serius di hobiku ini, dan membuka website khusus untuk memajang karya-karyaku. Tapi apa daya waktuku tak banyak. Takut nggak sempat ngurus.  Jadi untuk sementara aku kenalkan hobi amigurumi ini lewat facebook dan blogku ini.

Gara-gara sering ngerjain pesanan, beberapa kali Lita dan Ariq membujukku berhenti kerja kantoran, katanya "Mama buka toko rajutan aja. Jadi nggak usah ke kantor, ngerjain rajutan aja di rumah, bikin amigurumi. Pasti banyak yang beli". Tapi kata ibuku "Ngerajut ki kan ra iso di nggo butuh". Maksudnya hasil jualan rajutan kan nggak bisa buat memenuhi kebutuhan hidup. Hehe..

Foto-foto di atas adalah foto amigurumi karyaku. Lucu-lucu ya.. Yang mau pesan boleh kok.. *halah malah promosi.. Hihihi..:P

Reactions:

35 comments:

  1. Mbak covaaa...kok ada shaun the sheep si Una di sini?

    Keren lho, hobinya Mbak cova...di tunggu web khususnya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. pinjem bentar mumpung si una ga ada.. haha.. :P

      iyaaa.. smoga sempet bikinnya..

      Delete
    2. Mba Una katanya lagi fitting. Atau mungkin sedang shopping

      Delete
    3. ouu.. kirain lg ke salon.. hihihi

      Delete
  2. Mdh2an laris manis yak! Aku mau kok jadi asisten virtualmu hehehe ^___^ *promosi juga*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn.. ^^
      wah penawaran menarik nih.. tarifnya blh dinego kan? hihihi..

      Delete
  3. wow .. cantik sekali mbak boneka rajutannya

    ReplyDelete
  4. Wahh lucu-lucu mba hasil rajutannya... Iya bisa utk tambahan kegiatan dan saku ini mba.hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa.. betul2.. bisa buat refreshing jg.. hihihi

      Delete
  5. bagus2 mbak.. yg shaun the sheep sy paling suka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya.. anak2ku jg suka yg itu :D

      Delete
  6. aaawh...lucu-lucu.. gimana itu bikinnya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dirajut say.. olahraga jari.. hihihi

      Delete
  7. Wah wah ada gambar mba Una di sini ya. OOpssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mas asep nih.. untung jeng una lg ga ada.. hihihi..

      Delete
  8. lucu & bagus sekali mbak angrybirdnya mbak

    ReplyDelete
  9. Rajutannya cantik-cantik.. Saya rasa punya nilai jual yang bagus tuh.. Sukses ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah.. peminatnya lumayan.. :)

      Delete
  10. itu shaun the sheepnya si una??
    loh-loh-loh ......

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. bukan kok.. ini fotokopinya.. hihi

      Delete
  11. bagus sekali ya, ajarin donk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh.. tutorial gratis ke rmhku ya.. :D

      Delete
  12. Saya kira jenis virus baru yang menyerang komputer

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. aku kan ga mudeng virus komputer

      Delete
  13. itu amigurumi karakter Shaun the Sheep..mirip banget ya,
    sukses selalu ya untuk amigurumi-nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikinnya sambil mbayangin karakternya.. hihi
      makasih yaaa ^^

      Delete
  14. mba yang satu ini aku tebak & berani taruhan,kalau penggemar japan ya ?

    ReplyDelete
  15. mb..boleh pesen yang saun the seepnya dong..

    ReplyDelete
  16. liatnya ampe pengen nangis saking gemesnya :p
    http://facebook.com/digidagidu.diyahrh

    ReplyDelete
  17. Huaaaaa...kereeeen *baiklah harus kubulatkan tekadku untuk bisa melemaskan jariku *

    ReplyDelete
  18. Halo, mau nanya kalo mau pesen untuk dibikinkan amigurumi kira-kira bisa kena berapa ya? Karakternya Olive Oyl dan Tazmanian Devil. Please contact ke saya kalau boleh di olivia.darma@yahoo.com. Thanks a lot ya :D

    ReplyDelete