Tuesday, October 16, 2012

Ngadem di Hutan Mangrove



Bali memang sangat mendunia. Membicarakan keindahannya seolah tak pernah ada habisnya. Dari pantai hingga pegunungan selalu membuat decak kagum. Bahkan alam bawah lautnya tak henti-hentinya membuat orang terpesona. Siapa sih yang tak kenal Pantai Kuta, Tanah Lot, Uluwatu, Kintamani? Tentu semua sudah tahu. Walaupun belum pernah mengunjungi langsung, tapi keindahannya sudah tersebar di seluruh dunia lewat foto-foto indahnya.

Tapi masih ada loh tempat di Bali yang belum dikenal khalayak ramai. Bahkan temanku yang orang bali asli tak tahu kalau ada tempat seperti ini. Entah kenapa tempat ini tak dikenal banyak orang, padahal lokasinya sangat strategis dan sangat mudah dijangkau. Soal keindahannya jelas tak diragukan lagi. Buktinya tempat ini jadi tempat foto hunting bagi para fotografer. Di manakah itu? Tempat itu adalah sebuah hutan mangrove yang letaknya tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai. Tepatnya di sebelah kiri jalan By Pass Ngurah Rai, dari arah Sanur.

Nah, liburan sekolah bulan Juli kemarin aku mengajak suami dan anak-anakku mengunjungi tempat ini. Dan pilihanku sangat tepat, karena inilah satu-satunya tempat di Bali yang pengunjungnya tidak ramai seperti tempat-tempat wisata yang lain. Lumayanlah sebagai tempat ngadem setelah bermacet-macet ria di jalanan Denpasar dan Kuta. Tiketnyapun cukup murah, hanya Rp 5000 saja per orang.

Memasuki kawasan hutan mangrove tersebut, kita akan disuguhi pemandangan yang menyejukkan mata. Pohon-pohon bakau yang rimbun tidak hanya indah di pandang mata, tapi juga menghadirkan suasana adem di tengah-tengah kota Denpasar yang terik. Hutan mangrove ini sangat luas. Dan kita bisa mengelilinginya melalui jembatan sederhana dari kayu, yang dibuat memanjang mengitari kawasan hutan mangrove ini. Anak-anak sangat excited saat menapakkan kaki pada jembatan kayu ini, ketika memasuki kawasan hutan. Akhirnya mereka merasakan secara langsung masuk ke dalam hutan yang selama ini hanya bisa mereka bayangkan. Hutan yang tampak misterius bagi mereka, membuat mereka berimajinasi macam-macam. Tiba-tiba Ariq menyeletuk "Ma, kalo tiba-tiba ada singa bagaimana?". "Nggak ada singa nak" jawabku.
"Kalau macan?"
"Nggak ada juga"
"Trus adanya apa dong?"
"Adanya kepiting-kepiting cantik. Tuh lihat.." Kataku sambil menunjuk bagian bawah jembatan, yang dikerumuni kepiting-kepiting lucu. Dan anak-anakpun dengan riang ikut mengamati makhluk hutan bakau tersebut. Hutan mangrove ini memang sebuah tempat wisata yang edukatif. Karena kita bisa mengenalkan langsung kepada anak-anak apa sih hutan mangrove itu, bagaimana habitatnya, dan apa manfaatnya bagi kelangsungan hidup manusia. Jadi selain bersenang-senang, juga bisa menambah pengetahuan.


Setelah berjalan beberapa saat, kami menemui sebuah menara peristirahatan di tengah-tengah kawasan hutan ini. Dari atas menara kita bisa menikmati hamparan hutan mangrove yang luas dengan sungai yang berkelok-kelok, yang tampak seperti labirin. Kami beristirahat beberapa saat di sini, sambil menikmati angin sepoi-sepoi yang membelai tubuh. Ah nyamannya..


Ada hal yang tak boleh terlewatkan di tempat indah ini, yaitu berfoto-foto. Mmm.. Kapan lagi bisa foto-foto di hutan seeksotis ini. Para fotograferpun rela jauh-jauh dari berbagai daerah untuk hunting foto di sini. Nah kami yang sudah ada disini tentunya tak mau ketinggalan. Tapi hari itu tampaknya kami cukup banyak saingan. Ternyata kebanyakan para pengunjung datang ke hutan mangrove ini dengan tujuan untuk berfoto ria. Lihat saja, beberapa ada yang berdandan heboh layaknya foto model. Nggak kebayang gimana rasanya melewati jembatan kayu dengan memakai highheels seperti itu..hehe.. Ada juga model asli yang berpose sangat menawan. Lumayan buat cuci mata. Di spot lain tak kalah sibuk dengan sesi pemotretan preweddingnya.

Nah, bagi yang sudah bosan ke Pantai Kuta atau Tanah Lot, bisa mencoba alternatif tempat wisata ini. Pokoknya rekomended untuk liburan keluarga.
Happy traveling ^^

Reactions:

54 comments:

  1. beuh.. emang bener-bener cantik tuh hutan mangrove nya... jadi pengen kesana deh tuh lihat jembatanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa.. smoga slalu terjaga ya kecantikannya.. :)

      Delete
  2. bagus sekali pemandangannya ya mbak, tempatnya tenaaang cocok banget untuk ngadem bersama keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tenaaang.. tp klo sendirian ngeri jg.. lbh seru klo rame2 :D

      Delete
  3. Mbak itu kayaknya jembatannya agak tinggi di atas ya, apa ndak bahaya tuh, apalagi aku liat ada beberapa pagar yang lepas pegangannya..

    Eh itu foto paling bawah buat pre wedding juga kah?hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang hrs ati2, krn ada juga bagian jembatan yg emang ga da pagarnya. Jd klo bawa anak2 hrs bnr2 didampingi.

      itu foto pascawedding.. haha.. :P

      Delete
  4. Hi hi mba Cova. Huaaaaaaaaaaaaaaa ya saya pernah ke sini sekitar tahun 2010 yang lalu dengan teman teman dari Kang Guru Indonesia dan juga staff dari Kang Guru Indonesia Denpasar Bali. Ada bendungan atau waduk di sana, dan gedungnya bertingkat tingkat dan dari atas bisa memandang dari segala arah. Kapan kapan saya postingkan artikelnya hihihii. Oh Bali kenangan Indah di Mangrove ini hihihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaya ada ada gambarnya juga bendungan atau waduknya hihiii. Kami foto foto di bangunan tersebut. Weissssss mantaf futunya nih persis MODEL deh mba. Mantaffsss ee

      Delete
    2. wah postinganku ini membangkitkan kenangan indah ya mas.. hihihi. Pasti lg terkenang2 nih. Aku tunggu ya postingannya.. ^^

      aku ga mau kalah donk.. foto2 ala model.. haha..

      Delete
  5. Jembatannya bisa goyang-goyang juga Mbak? Eh, penampakannya kok mirip dengan hutan Mangrove yg di Surabaya [saya belum kesana langsung sih]

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo digoyang2 ya bs goyang.. hehe..
      keknya emang hutan mangrove tuh mirip2 ya. Di jkt jg ada hutan mangrove, tp mlh blm sempet kesana, abis mesti pk ijin sgala ktnya

      Delete
  6. Mantaps tuh jalan2 ke sana, apalagi sambil foto-foto ya, Mbak. Semoga suatu saat saya bisa ke sana. Postingan Mbak Covalimawati ini membuatku ingin segera ke sana....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo pak akhmad refreshing dgn suasana yg berbeda, pasti seru.. :)

      Delete
  7. tidak di singgung soal pengamanan di lokasi ini, Mbak, mengingat jembatan kayu itu berada di tengah-tengah hutan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. keknya mesti jaga diri masing2 ya. Asal tidak berpolah macem2 insya Allah aman. Yg mesti diperhatikan itu pas lewat jembatan, krn tidak smua jembatan kondisinya msh bagus. Kalau kira2 mengkhawatirkan mending cr jln yg laen aja. 'n jgn sndrian masuk hutan ini ya.. hehe

      Delete
    2. Ya Kenangan Indah di Bali terutama di Hutan Mangrove ini. Saya sudah tidak sabat ingin Trip ke Bali lagi. Mudah mudahan tahun depan 2013 bisa dimulai lagi, dan ingin nostalgia di Mangrove ini lagi bersama sama teman teman Kang Guru Indonesia :))))))))))

      Delete
    3. waah asik tuh.. pasti seru kesana bareng temen2, apalagi sambil bernostalgia.. hihi

      Delete
  8. tempatnya mirip dengan hutan payau cilacap tuh
    cuma karena bali lebih tenar jadinya kerasa lebih nendang ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya di berbagai daerah banyak jg hutan mangrove kek gini. Pastinya ga beda ama yg di bali ini. Tp krn ini ada embel2 balinya, emang lbh wah gt ya.. haha.. Pdhl sih sama aja :D

      Delete
  9. sejuk sekali kelihatannya, semoga nanti ada kesempatan kesana.

    salam blogger bandung, :)

    http://damai.malhikdua.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn..
      di antara pohon2 bakau yg rimbun emang teduh bgt rasanya :)

      Delete
  10. wah mbak.. asiknya yg sering liburan \('O')/

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga sering kok.. msh kurang niih.. hihihi

      Delete
  11. wwh, murah bgt ya, cm 5000?? masa sih?

    ReplyDelete
  12. Punya keinginan kesana, tp apa mungkin ya?

    ReplyDelete
  13. Ternyata ada ya tempat wisata di Bali yg belum terlalu dikenal? Mantep! Kapan2 harus kesana nih klo bisa ke Bali...

    Ups, foto terakhir itu tampaknya menyiratkan hasrat terpendam menjadi model deeeh! *toss dulu dong ah*
    Ahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mayya : Wah ada temennya yang mau jadi MODEL nih. Tapi model apa ya. Penasaran deh ih aw aw aw aw

      Delete
    2. ayo jeng mayya.. silahkan dikunjungi.. 'n selamat bernarsis ria.. hihihi

      Sementara jd modelnya suami ajah ya.. haha..

      Delete
  14. Keren juga pemandangannya. Bisa dijadikan tempat wisata baru selain pulau bali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan cb dikunjungi..
      eh ini kan di pulau bali jg.. hehe

      Delete
  15. wa, masi terawat banget ya.. emang bagus si buat yang hobi poto", keliatan dari hasil gambarnya, semoga akan terjaga terus nih ya Hutan Mangrovenya .. amin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada bbrp bagian jembatan yg agak rapuh sih. Tp smoga bs cepet2 dibenerin. Aminn

      Delete
  16. Jalan toll yg dr airport ke benoa lewatin hutan mangrove ini kali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hu uh. lewat keknya. Aku sih kesininya dr arah sanur

      Delete
  17. wah, pasti rindang sekali suasananya ...


    Komentar : itu foto yang paling terakhir model darimana tuh yaa? Hahaha ....
    Fotonyaa ... Olalaaaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. model dr kampung seberang tuh.. haha..

      Delete
  18. asik banget liburannya, jauh dari kebisingan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. krn masuk hutan, jd kebisingan kotanya ga kedengeran :D

      Delete
  19. Rohis Facebook mengucapkan..

    Selamat Hari Raya idul Adha 1433 H

    "Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum.

    “Smga Allah menerima amal2 kami & kamu, puasa kami dan kamu.

    Maaf klo ada salah2 kata yaa..!

    *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnn..
      Mohon maaf lahir batin juga ya..
      selamat menyembelih kambing #eh udah telat ya.. hihihi

      Delete
  20. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    Alhamdulillah kita masih diberi ALLAH SWT , nikmat umur buat menyambut Idul Adha tahun ini,
    semoga rahmat dan karunia ALLAH SWT selalu menyertai kita semua,
    selamat merayakan Hari Raya Idul Adha,
    bila ada salah dan khilaf dalam kata serta sikap selama ini, mohon di maafkan lahir dan batin.
    Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh..
      aminnn..
      mohon maaf lahir batin juga ya.. Smoga bisa bertemu lg dgn idul adha thn depan :)

      Delete
  21. WAAAH serruuu kayaknya....
    cuma knp jauuh sampai ke Bali...
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa.. seruuu..
      yg deket2 jg ada kok.. hihi

      Delete
  22. di surabaya juga ada tuh, hutan magrove yang dijadikan tempat wisata
    tapi aku juga belom pernah ke sana

    apalagi yang di bali

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ada jg ya? cb aja kesana.. mgkn sama aja ama yg di bali.. :)

      Delete
  23. ada tempat wisata di bali yg belum dikenal khalayak ramai lainnya ga mbak?
    yg tenang dan tidak terlalu ramai xD

    ReplyDelete