Kegalauan Penulis Pemula

Tanggal 2 Februari 2015, persis setelah kembali dari perjalananku ke 3 kota, iseng aku cek website penerbit yang akan menerbitkan bukuku. Tadinya bukuku ini direncanakan akan terbit di bulan Januari, tapi sampai akhir bulan kok nggak ada kabar. Kucoba kirim bbm ke mbak editor, nggak ada balasan. Sempat aku berpikir "Sebenarnya jadi nggak sih bukuku diterbitkan?" *pikiran orang sensi.. hihii. Akhirnya kuputuskan untuk melupakan saja. Dan keribetanku traveling seorang diri kemarin, membuatku lupa soal bukuku.

Entah kenapa tiba-tiba aku ingin membuka website penerbit itu. Bukan untuk mencari tahu tentang bukuku, tapi cuma lihat-lihat saja. Namanya juga iseng. Dan tak disangka, aku malah menemukan sebuah gambar yang sangat familiar bagiku. Yak betul, bukuku udah nangkring dengan manis di websitenya, di urutan teratas buku baru. Hah? kok udah tayang di sini? Lah kok aku nggak tahu? Penasaran, kulanjutkan dengan browsing dengan kata kunci judul bukuku. Tak disangka lagi, ternyata sudah banyak toko buku online yang menjual buku karyaku itu. Aku makin bingung, kok bisa? Bukannya aku nggak senang akhirnya bukuku terbit dan beredar, tapi aku masih merasa aneh, kenapa aku nggak dikasih tahu.

Aku bbmin lagi mbak editor menanyakan kabar bukuku, dia bilang bukunya dalam proses cetak. Bukannya tercerahkan dengan jawabannya itu, aku malah makin bingung. Jadi toko-toko buku online itu menjual buku yang wujudnya belum ada? Ato semacam pre-orderkah? Tapi kok tulisannya bukan pre order tapi buku baru. Yaelah, beginilah jadi penulis pemula yang belum tahu benar seluk beluk dunia penerbitan, jadi galau sendiri.. haha.. Yah, gimana nggak galau coba? orang lain (maksudnya toko-toko buku online) udah bisa menjual buku tulisanku, sementara aku sendiri sebagai penulisnya nggak tahu apa-apa. Padahal dari cerita temanku yang seorang penulis juga, begitu bukunya naik cetak, penulis dikabari dan diperbolehkan promo, pre order gitulah. Aku kan juga pengen seperti itu, sepertinya seru bisa promosiin buku karya sendiri.



Setelah beberapa saat mumet dan galau, akhirnya aku ambil sisi positifnya saja. Bahwa kini sudah jelas kalau bukuku terbit. Tinggal sabar saja, kalem menunggu kabar dari penerbit, dan menanti buku bukti terbitnya. Eh tapi ternyata aku nggak bisa kalem... hahaa.. Rasanya gatel pengen bikin status. Padahal belum dapat kabar dari penerbit. Biar aja deh, bikin status yang standar aja, biar nggak malu kalau terjadi hal-hal yang nggak diinginkan..hehe.. Kutulis di facebook "Tersipu-sipu bukuku udah nongol di sini", kutambahi foto bukuku yang tayang di website penerbit.

Tak disangka, respon teman-temanku sangat positif. Ucapan selamat dan order buku berdatangan. Tentu saja aku nggak menolak orderan, walaupun belum dapat kabar dari penerbit. Sejujurnya aku was-was juga, karena aku nggak yakin sebelum melihat wujud fisik bukunya. Tapi bismillah aja.. 

Hari berikutnya, aku masih galau. Akhirnya kuputuskan curhat ke beberapa teman sesama penulis pemula. Alhamdulillah, kegalauanku agak terobati. Rupanya yang mengalami kegalauan seperti ini bukan hanya aku seorang. Mereka juga sempat mengalami kegalauan, walau kasusnya nggak selalu sama. Dari situ aku sadar, bahwa yang namanya bekerja sama dengan banyak orang memang harus banyak komprominya. Jangan galau sendiri, mendingan cari penjelasan langsung ke pihak yang terkait, daripada menerka-nerka sendiri, apalagi kalau sampai berprasangka buruk. Akhirnya aku berinisiatif menghubungi pihak penerbit lagi. Kali ini sudah ada kepastian bahwa buku bukti terbitnya sudah dikirim tapi belum sampai. Dan akupun udah bisa order untuk pesanan teman-temanku. Alhamdulillah.. lega.. 

Eits.. tapi bukan berarti semua sudah selesai loh. Ternyata masih ada kehebohan lain setelah ini.. Bersambung yaa.. udah kebanyakan nulis nih.. hehe. Kalau mau tahu bukunya seperti apa klik aja gambar cover buku di side bar, yang judulnya Amigurumi, Aneka Kreasi Boneka Rajut. Sudah tersedia juga di beberapa toko buku online seperti bukabuku, bukukita, gramediaonline, kutukutubuku, dll. Hadir pula di toko buku besar seperti Gramedia, Gunung Agung, dan toko buku lain. Atau mau pesan bukunya ama aku juga boleh :).


Comments

  1. Saya mau order buku nya mba Cova lengkap dengan tanda tangannya nantii ya. Insya Allah. Initp ATM dulu kira kira masih ada dananya nda ya :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kudoakan ATMnya mas asep dananya selalu full dan berlimpah.. aminn :D
      makasih ya.. ntar kukasih diskon spesial deh ^^

      Delete
  2. Kalo jadi penulis bayaran nya gede ngak kak ??? #Dikeplak hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jg blm tau.. soale belum dibayar.. hihiii

      Delete
  3. wah selamat ya mbak.... pasti seneng banget.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah.. makasiiih
      rasanya ituuu.. berbunga2.. hihii

      Delete
  4. Selamat ya covaaaaa....
    Seneng banget buku solomu akhirnya terbit *peluuuuk*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya darliiing... akhirnyaaaa... hiks *terharu *peluuuk..
      makasih yaaa.. ga nyangka bs menyandang gelar penulis buku.. hihii

      Delete
  5. Waa... Mak Cova... Akhirnya terbit juga yaa.... Aku ceritain ke temenku kantor yang suka bikin kerajinan tangan juga ahhh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. mak isti.. legaaa.. haha...
      asyiiik.. dipromosiin.. makasiiiiih ^^

      Delete
  6. Ho ho... aku dong udah Pesen, lengkap pake ttd... xixixi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihiii... makasih mak olivia.. bukunya udah otw.. smoga bermanfaat yaa.. kutunggu hasil karyanya :D

      Delete
  7. "Kasih sayang sebagai seorang ayah mampu menahan beban hidup untuk kebahagiaan anaknya." Sekalian Blogwalking ya, gan? semoga hari ini penuh berkah.. Amiinn

    ReplyDelete
  8. Keren banget Mbaaaa... selamaaat :') Suka banget liat kovernya jugaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiiiih unaa..
      aku jg suka covernya.. ga kalah ama buku impor.. hihiii

      Delete
  9. baaagus sekaliii informasi yg agaaaan berikan ini. Jelaaaaassssss sekali sangat menarik dan bermanfaat. thanks gan!! Thanks banget!! ijin share berbagi info :)

    ReplyDelete
  10. elaaaaassssss sekali sangat menarik dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  11. infonya sangat bermanfaat sekali gan, makasih. beritanya bagus dan sangat menarik sekali untuk di baca. Ijin share ya gan, thanks..semoga semakin bermanfaat!

    ReplyDelete
  12. Selamat nih bukunya udah terbit. Tepuk tangan meriah pokoknya :) Aq doakan semoga ludes di pasaran dan cetak ulang. Aminn :)

    ReplyDelete
  13. Wah selamat ya mbak, moga laris manis bukunya, tinggal nunggu royalti masuk rekening aja ya hehe

    ReplyDelete
  14. infonya sangat bermanfaat sekali gan, makasih. beritanya bagus dan sangat menarik sekali untuk di baca. Ijin share ya gan, thanks..semoga semakin bermanfaat!

    ReplyDelete
  15. Terimakasih, artikelntya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke website anda. semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin . . . . :D :D

    ReplyDelete
  16. Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

    ReplyDelete
  17. Selamat sore, salam kenal nih kak.. mampir ya, blognya bagus banget nih templatenya, isinya juga keren-keren, penuh info penting dan bermutu, keep posting ya kaka ^^

    ReplyDelete
  18. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    ReplyDelete
  19. Postingan ini sangat bermanfaat, memberikan informasi mengenai hal yang belum diketahui. Semoga postingan ini bisa memberikan motivasi untuk selalu ingin tahu.

    ReplyDelete
  20. Sebentar lagi hari raya idul adha akan tiba, jangan lupa puasa arafah bagi yang muslim, semoga tahun ini membawa berkah dan kebahagiaan. Keep posting, gan..

    ReplyDelete
  21. Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

    ReplyDelete
  22. Mantap, selamat yach... tapi kurangi sedikit kegalauannya. hahaha...
    salam knal https://www.abyanpo.blogspot.com/

    ReplyDelete
  23. Mantap, selamat yach... tapi kurangi sedikit kegalauannya. hahaha...
    salam knal https://www.abyanpo.blogspot.com/

    ReplyDelete
  24. pagi, kawan... Nice post nich, keep posting ya?? Saya mau blog walking lagi.. hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Berburu Benang Rajut di Pasar Asemka

Jenang Gulo.. Jangan Lupakan Aku

2 Tahun Lebih Kumeninggalkanmu