Monday, October 27, 2014

Blogger Juga Manusia

Hari ini tanggal 27 Oktober katanya ditetapkan sebagai Hari Blogger Nasional. Mungkin karena nggak gaul atau kurang update, sejak ngeblog dari September 2011, baru sekarang ini aku tahu ada Hari Blogger Nasional. Aku nggak akan pernah tahu ada hari blogger kalau aku nggak jadi anggota sebuah komunitas blogger. Dan mungkin orang-orang di luar sana yang bukan blogger juga nggak tahu kalau hari ini merupakan Hari Blogger Nasional. Terus maksudnya apa kok dari tadi nulis kebanyakan 'mungkin'nya? hehe.. Intinya aku mau ngasih tahu kalau hari ini Hari Blogger Nasional gitu. Dan sebagai blogger tentunya aku bangga, karena dengan ditetapkannya hari blogger, ini menandakan betapa kerennya menjadi blogger.. hahaa.. *ini sih memuji diri sendiri :P*.

Sesungguhnya aku nggak pernah bercita-cita menjadi blogger. Tapi saat aku memutuskan membuat sebuah blog, dan konsisten menulis di sana, otomatis aku menyandang predikat seorang blogger. Walaupun aku nggak pernah mendapatkan penghasilan yang wah dari nge-blog, tetaplah aku ini seorang blogger. Walaupun blog-ku nggak seramai blog-blog yang lain, tetep aku ini seorang blogger. Walaupun namaku nggak cukup dikenal di dunia perbloggeran, tapi teteeep aku ini seorang blogger. Walaupun aku jarang datang di acara-acara blogger, ya tetep aku ini seorang blogger.

Ya, aku ini blogger. Di mataku, seorang blogger adalah orang yang menulis di blognya, dan membagikan "sesuatu" lewat tulisannya, bisa berupa informasi, opini, hiburan, ataupun sekedar curhatan. Tujuan menjadi blogger-pun tiap orang berbeda-beda. Ada yang menyalurkan hobi, mengobati stres, membunuh waktu luang, ataupun untuk mencari penghasilan. Semua itu sah-sah aja. Nggak ada batasan untuk menjadi seorang blogger. Usia berapapun bisa menjadi blogger, dari anak-anak hingga manula. Laki-laki, wanita, bahkan waria, boleh jadi blogger. Dari pembantu rumah tangga, artis, hingga presiden boleh kok jadi blogger. Kalau pembantu rumah tangga udah banyak yang jadi blogger. Tapi kalau presiden sepertinya jarang ya? Jadi mbayangin gimana kalau Pak Jokowi jadi blogger, mau nggak ya kopdaran ama aku?  hahaa..*siapa loe?

Nah kalau aku sendiri, kenapa aku ngeblog? Aku ngeblog karena dorongan hati. Ciieee.. uhuk! Iya, karena hatiku yang tengah dilanda kegalauan waktu itu, membisikkan agar aku menulis. "Cova menulislah.. Saat orang nggak mau mendengarkan suaramu, mungkin masih banyak orang yang mau membaca tulisanmu" begitu katanya. Nggak jelas sebenarnya yang dimaksud orang disini siapa. Yang jelas aku butuh media untuk menyalurkan pikiran-pikiranku yang terkadang terlalu penuh mengisi otakku. Maka aku mengambil cara ini, menulis di blog. Walaupun saat itu aku merasa nggak punya kemampuan di bidang menulis, tapi aku tetap menulis. Dan herannya, sejak aku mulai menulis blog, saat itulah kemampuan menulisku datang tiba-tiba. Mendadak aku bisa menulis layaknya orang yang sudah biasa menulis.

Nggak hanya itu. Beberapa orang teman yang biasanya cuek, setelah tahu aku ngeblog, malah jadi penasaran dengan postinganku. Dan mereka inilah yang justru mendorongku untuk sering menulis, karena ternyata mereka menyukai tulisanku. Ahay.. :D. Selain mereka ini, yang membuatku makin semangat ngeblog adalah kehadiran teman-teman blogger yang tulus dalam pertemanan. Sekedar datang berkunjung, menyapa, dan membubuhkan sepatah dua patah komentar, itu bagiku sangat membahagiakan. Yah hanya hal-hal seperti itu sudah membuatku bahagia. Hal-hal yang jauh dari materi, tapi lebih bernilai dibanding materi.

Itulah awal tujuan aku ngeblog. Dan sampai sekarang tujuanku masih sama, sebagai panggilan hati. Walaupun ada kalanya aku ikut lomba ngeblog, dan sesekali pernah kecipratan hadiah kecil-kecilan, aku anggap sebagai seru-seruan aja, sekedar untuk memacu adrenalin. Kalau ada blogger yang giat mencari penghasilan dari ngeblog, menurutku itu bagus (kadang juga ngiri :P), asal tetap memakai cara-cara yang jujur dan elegan, dan tidak menyalahgunakan blog.
Yah, blogger juga manusia. Manusia tak ada yang sempurna, terkadang salah dan lupa. Karena itu marilah sama-sama saling mengingatkan. Sebagai blogger, sebenarnya kita punya andil besar di masyarakat, bukan hanya sekedar menghalau galau diri sendiri, ataupun untuk memperkaya diri, tapi lebih dari itu. Blogger bisa mengubah dunia. Dengan menyajikan konten-konten yang bermutu dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembacanya. Bahkan opini-opini positif yang bisa menggerakkan hati, dan membuka mata dunia. Dan aku sedang belajar menjadi blogger yang seperti itu. Blogger yang menyajikan tulisan yang mencerdaskan pembacanya.

Selamat Hari Blogger Nasional. 
Keep writing 'n happy blogging.


Reactions:

26 comments:

  1. Met hari blogger mami... tulisanmu alihkan duniaku.. ^_^

    ReplyDelete
  2. selamat hari blogger \o/
    happy writing :)

    ReplyDelete
  3. selamat hari blogger mb Cova
    saya juga baru tahu

    ReplyDelete
  4. Wah, kalo gak mampir di blognya mbak Cova, gak tau deh hari Blogger Nasional. :)

    Selamat Hari Blogger Nasional. Happy Blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saya juga gak tahu kalo ternyata ada hari blogger :D

      Delete
  5. Met hari blogger mbak Cova cantiikk :)
    Aku bingung mau nulis apah fufufufu

    ReplyDelete
    Replies
    1. met hari blogger jugaaa..
      nulis tentang duo ganteng ajah.. hihii

      Delete
  6. saya juga termasuk yang nggak tahu soal Hari Blogger. gegara banyak yang ngetwit soal Hari Blogger, jadi tahu deh.

    kalo alesan saya ngeblog mah biar ada sarana buat ngedumel :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. boleh juga tuh.. drpd ngedumelin org, mending ngedumel di blog.. :))

      Delete
  7. Walaaah ternyata ada hari blogger juga toh, koq oneng banget saya mah ya hari blogger aja gak tau, hadeuuh piye kuwi? :D

    ReplyDelete
  8. Waah komen pertama itu gak nguatiiiin. Tulisanmu mengalihkaaaan piringku kali...hahaaa, maaak...happy blogging...dengan ngeblog aku kenal dikau...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alihkan kesini aja mak piringnya.. tp hrs ada isinya.. hahaha
      aiih senangnya bs mengenal dirimu mak.. :D

      Delete
  9. hapy blogging ya mak,,makasih untuk berbaginya lewat tulisan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. happy blogging jugaa...
      mari saling berbagi ^^

      Delete
  10. semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin . . . . artikelntya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke website anda.

    ReplyDelete
  11. menulis memang paling enak kalau udah pake hati, Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak betul mak.. kalo dipaksa2 malah susah nulisnya :D

      Delete
  12. aku juga kurang apdet, buktinya baru tau juga dari mba cova hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hora popo jeng mila,, yg penting dirimu itu blogger keren yg konsisten berbagi dgn konten yg menarik.. :D

      Delete
  13. Blogito, ergo sum.
    Aku menulis, maka aku ada
    :))

    ReplyDelete