Friday, November 28, 2014

Jamur Krispi ala Cova

Ceritanya aku ini lagi mutung, makanya berhari-hari nggak update blog. Kenapa mutung? Jadi gini kisahnya. Beberapa hari yang lalu aku udah nulis di blogku cerita tentang jalan-jalan plus wisata kuliner, lumayan panjang, dan menurutku seru. Hari itu nggak langsung ku-publish, karena belum aku tambahin foto. Paginya setelah milih-milih dan ngutak atik foto, aku buka draft lagi buat nambahin foto ke postinganku. Setelah aku tempelin foto, aku klik save, trus aku preview dulu, sebelum ku-publish. Etapi yang terjadi di luar dugaanku. Postinganku yang panjang dan lebar itu hilang!! Nggak semua hilang sih, masih tersisa 1 paragraf saja. Huwaaaa... lemes deh.. Kok bisa? Sampai sekarang aku masih gagal mengerti kenapa postinganku yang panjang lebar itu bisa lenyap, dan hanya tersisa 1 paragraf aja. Apa karena koneksi internet yang moody ya? Mungkin begitu. Etapi, kan sebelumnya postinganku udah tersimpan, kok bisa ilang? Bingung dan mutung jadinya. Makanya berhari-hari nggak buka blog, coz masih sakit hati #halah.
 
Kata orang, cinta kan membawamu kembali. Setelah berhari-hari nggak kesini, ternyata aku kangen juga. Mungkin itu yang dinamakan cinta, dan membawaku kembali nulis di sini. Tapi sekarang mau nulis yang ringan-ringan aja. Abis masih trauma, takut postingan ilang lagi. Semoga tulisan ringanku ini tetap bermanfaat bagi pembaca sekalian. Aku mau nulis tentang cemilan favoritku dan rahasia pembuatannya. 

Ada yang suka jamur krispi? Pasti banyak yang suka kan? Dan sekarang banyak yang menjual cemilan ini. Dari kedai-kedai kecil sampai restoran besar. Dari pedagang kaki lima di pinggir jalan, sampai mall-mall besar. Dari yang harga murah, sampai yang mahal. Awalnya aku suka membeli jajanan ini, tapi lama-lama aku jadi penasaran pengen bikin sendiri. Lagi pula kalau bikin sendiri tentu harganya lebih murah. Dengan bahan baku jamur tiram seharga Rp 4.000 - Rp 5.000 untuk seperempat kilogram, kita bisa membuat 4 porsi besar jamur krispi. Sedangkan kalau beli, 1 porsinya harganya Rp 16.000 s.d Rp 20.000. Tuh kan, irit banget kalau bikin sendiri. Cara bikinnya juga sangat gampang. Caranya aku dapat dari hasil pengamatanku waktu nongkrongin kedai jamur krispi di sebuah mall. Kemudian aku praktekin di rumah. Dan hasilnya joosss! hahaa.. bakat juga aku jadi penjual jamur krispi :P. Nah ini caranya...



 Siapkan bahannya yaitu:
- jamur tiram 1/4 kg
- tepung terigu 1/4 kg
-1 sdm bumbu inti

Cara membuat bumbu inti:
- 100 gram garam
- 1 sdm merica halus
- 1 sdm gula pasir
- 2 sdm ketumbar halus
semua dicampur jadi satu, masukkan ke dalam toples, pakai seperlunya. Bumbu inti ini dipakai untuk membumbui tepung terigu. Selain untuk jamur krispi, bisa juga untuk membuat ayam goreng krispi.

Cara membuat jamur krispi:
1. Cuci bersih jamur tiram, kemudian peras sampai jamur tak berair, suwir-suwir.
2. Masukkan jamur ke dalam tepung terigu kering (tanpa air) yang sudah diberi bumbu inti.
3. Aduk-aduk dan remas-remas. Langsung goreng sampai krispi.
4. Siap disantap bersama saus dan mayonais.
 
Catatan penting:
jamur yang sudah ditepungin jangan didiamkan, karena akan berair, dan membuat hasil gorengannya nggak krispi. Jadi abis ditepungin jamurnya langsung digoreng yaa..
Selamat mencoba...!
 




Reactions:

28 comments:

  1. saya pernah bikin jamur krispi ini, tapi kurang krispi dan skrg, bahan2nya udah lupa....

    ReplyDelete
  2. Wah jamur seperti olahan ini yang saya cari mba. Maklum sekarang sudah mulai ekstra hati hati terhadap makanan yang mengundang resiko kolesterol jahat jadi untuk sementara daging dagingan memang sedang dikurangi. Jamur Krispi ini syarat dan ketentuan memasaknya cukup mudah. Layak dicoba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mas asep.. mudah, murah, lezat, dan rendah kolesterol.. << kek lg ngiklan.. hihii

      Delete
  3. Cukup kreatif nih, bisa dicoba kok :)

    -www.fkrimaulana.blogspot.com-

    ReplyDelete
  4. Waah kayaknya asyik tuh untuk dicoba...

    ReplyDelete
  5. ada yang crispy crispy nih saya mampir sini dulu
    cocok banget saya juga suka banget olahan jamur mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg ini dijamin suka juga.. yuk monggo.. :D

      Delete
  6. Belom pernah masak jamur nih, bisanya jamur itu cuma di tumis aja hehe

    ReplyDelete
  7. paling enak emang pake mayo sama saos ya mak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak betul mak.. perpaduan yg maknyus.. hihii

      Delete
  8. kalo di tempatku yang ada jagung krispi.....tapi aku mau coba juga jamur krispi ...sepertinya enak tuch......
    keep happy blogging always...salam dari makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ouu ada jagung krispi ya, aku taunya kripik jagung.. sama ga ya?
      Makasih udah mampir :)

      Delete
  9. selamat datang bulan desember!! semoga bulan ini membawa berkah dan membukakan pintu kesuksesan serta kebahagiaan untuk kami semua. Amiin,

    ReplyDelete
  10. aku bacanya jadi sambil ikutan nyanyi cinta kan membawamuuuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ".. cinta kan membawamu kembali padakuuuu.... " *petik gitar*

      Delete
  11. teirma kasih banyak karena sudah berbagi berita yang sangat menarik. zaman sekarang sudah jarang menemukan blog yang isinya penuh manfaat seperti ini, keren!!

    ReplyDelete
  12. saya juga sempet mutung ngeblog beberapa waktu lalu. Gara2nya pengen ngehapus seluruh komen spam, eh yang terjadi malah postingan teman2 blogger yang saya hapus. Malah banyak banget. Tapi, yang namanya cinta, akhirnya pelan2 semangat lagi

    Ikut ngemil jamur krispinya, ah :)

    ReplyDelete
  13. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih.

    ReplyDelete
  14. Terimakasih infonya. semoga bermanfaat buat kita semua. salam sehat!! Informasinya sangat menarik sekali, selamat hari libur natal & tahun baru..!

    ReplyDelete