Monday, November 03, 2014

Menuju Konferensi Penulis Cilik Indonesia 2014


Apa itu Konferensi Penulis Cilik Indonesia (KCPI)? KCPI merupakan sebuah ajang bergengsi dan event terbesar tahunan bagi para penulis cilik di seluruh Indonesia. Konferensi tersebut diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang bekerja sama dengan Penerbit Mizan. Untuk tahun 2014 ini, konferensi akan diadakan di Hotel Rizen Premiere, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, pada tanggal 4-7 November 2014. 

Keren ya konferensinya di hotel, di Bogor pula, wuih adem. Jadi pengen ikutan. Dan alhamdulillah tahun ini aku beneran ikutan loh. Lah kok bisa? Kamu kan bukan penulis cilik? Pasti pada nanya kek gitu kan? hehe.. Bisa donk. Aku bukan ikut acaranya, tapi ikut mengantar salah satu pesertanya. Dialah Lalita alias Lita, anak perempuanku yang berhasil lolos menjadi salah satu peserta KCPI 2014 untuk kategori cerpen. Dan mulai tanggal 4 November 2014 besok akan mengikuti konferensi sebagai wakil dari Provinsi Banten. Hebat ya anakku kaya' emaknya :D.

Sebenarnya waktu ikut seleksi KCPI ini, Lita nggak terlalu yakin bisa lolos. Karena waktu itu dia lagi sibuk nyiapin diri buat ujian mid semester, hingga sempat lupa ada seleksi KCPI. Begitu ingat, eh deadline pengiriman karya untuk seleksi udah di depan mata. 3 hari lagi karya yang diikutkan seleksi harus sampai ke pihak penyelenggara, dan harus dikirim via pos.  Padahal karya tersebut juga harus mendapat acc dari pihak sekolah dulu. Waduh dadakan banget kan? Aku sempat mikir Lita bakal mbatalin ikut seleksi, eh ternyata nggak. Dia langsung duduk di depan laptop, dan bikin sebuah cerpen. Beberapa saat kemudian cerpennya udah jadi. Eh tapi, ternyata ada masalah lagi. Cerpen yang dibuat halamannya kebanyakan.. hiyaaa... Berarti harus mangkas satu halaman biar sesuai ketentuan. Lita kembali memeras otak mencari bagian yang bisa dipangkas tanpa harus mengubah jalan cerita. Ada aja tantangannya. Tapi dia berhasil menaklukkan. Nggak hanya itu, karyanya lolos seleksi, dan dia berhasil jadi peserta KCPI 2014. Yeay! alhamdulillah... :). 

Kini saatnya bersiap untuk sebuah pengalaman baru bagi Lita, dan buatku juga. Rasanya seneng banget waktu tahu anakku lolos seleksi. Walaupun nantinya masih ada lomba lagi, tapi aku nggak mengharuskan Lita menang. Bisa lolos seleksi aja udah hebat. Bersaing dengan anak-anak hebat lain dari seluruh Indonesia pasti nggak mudah. Kalau bisa menang alhamdulillah, tapi kalau nggak menang setidaknya Lita punya pengalaman banyak lewat event ini. Sebuah event yang nggak semua anak bisa merasakan. Semoga ini bisa mendorong Lita untuk terus berkarya mengembangkan bakatnya. Semoga kelak karya-karyanya bisa memberi manfaat pada dunia. Amin :)

Sekarang saatnya packing barang-barang yang harus dibawa. Walaupun udah jadi peserta konferensi, tapi dia tetap anak-anak, dan tetap emaknya harus ikut nyiapin bawaannya. Yuk, sampai ketemu di KCPI 2014 ^^.


Reactions:

13 comments:

  1. Seneng ya bu, punya anak bisa nulis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah.. Lita memang membanggakan.. :)

      Delete
  2. Subhanallah. EMaknya mahir menulis. Menurun pada Anaknya yang jago Menulis. Hiehiehie COngratulations buat Lita dan Emaknya juga hihihi

    Selamat ya Mba Cova. Turut menemani sang buah Hati selama di acara KCPI 2014 di Bogor. Kami nantika tulisan tulisan mba Cova di blog ini ya. Pesan saya jangan lupa ulasan/tulisan Wisata Kulinernya

    *ketauan hobi makan sayah

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas asep aku ga bisa nemenin Lita, jd cuma nganter doank.. huhuuuu
      pdhl pengen banget bs nemenin, tp tugas negara ga bs ditinggal.. ihiks

      Iya ya, udah lama juga nih ga nulis wisata kuliner.. aku jg kangen. Ntar nulis lagi deh ttg makan memakan #eh

      Makasih ucapannya yaa..

      Delete
  3. cemungud ya kaka Lita ... ^_^

    ReplyDelete
  4. Good luck ya buat Lita! :) Aku mau ikutan tapi udah bukan anak-anak lagi, hehehe :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga pengen ikutan... hihii
      sayang dulu waktu kecil aku ga suka nulis
      Makasih ya Indi.. smoga Lita bisa ngikutin jejak Indi ^^

      Delete
  5. aaaah keren anaknya kayak ibunya, bakat nulis yah. memang buah tdk jatuh jauh2 dr poonnya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahay.. Gara2 anakku aku jd ikutan dibilang keren.. Hihii.. Tengkyuu jeng milaaa ^^

      Delete
  6. selamat beraktivitas. . .mari kita awali aktivitas hari ini dengan menyimak informasi yang aktual di halaman yang sangat luar biasa ini !!!

    ReplyDelete
  7. bagus sekali informasi yg agan berikan sangat menarik dan bermanfaat thanks gan, ijin share berbagi info :)

    ReplyDelete
  8. teirma kasih banyak karena sudah berbagi berita yang sangat menarik. zaman sekarang sudah jarang menemukan blog yang isinya penuh manfaat seperti ini, keren!!

    ReplyDelete