Wednesday, September 12, 2012

Satu Tahun Runaway Diary


“Ledakkan idemu agar kepalamu nggak meledak” – Gol A Gong

Alhamdulillah.. Tak terasa sudah setahun blogku "Runaway Diary" beredar di dunia maya, ikut meramaikan kancah perbloggeran dunia. Selama setahun ini telah terposting sebanyak 72 tulisan, dengan jumlah pageviews mencapai 34.804, dan jumlah follower sebanyak 158. Tentu ini suatu prestasi besar bagiku yang sebelumnya tak punya pengetahuan sama sekali tentang dunia blog, dan tak punya hasrat untuk menulis. Dulu aku merasa diriku ini tak punya bakat dalam bidang menulis. Terbukti dengan nilai mata pelajaran menulis semasa sekolahku dulu yang pas-pasan. Aku lebih senang membaca tulisan orang lain, ketimbang menulis sendiri. Dan aku berpikir, menulis bukanlah bidangku.

Hingga suatu ketika aku dihadapkan pada suatu situasi dimana sahabat, teman, dan orang-orang terdekatku  menjauhiku. Aku kehilangan tempat berbagi ide, pengalaman, dan cerita. Semakin hari semakin menumpuk file-file di otakku, tapi aku tak tahu kepada siapa aku harus berbagi. Saat itu aku merasa tak ada seorangpun yang mau mendengarkanku. Akhirnya jalan yang kutempuh adalah dengan menuliskannya. Tujuanku menulis pada awalnya bukan untuk dibaca orang lain, tapi untuk menyalurkan isi otakku. Seperti kata-kata om Gol A Gong "Ledakkan idemu, agar kepalamu nggak meledak". Kira-kira seperti itulah yang kurasakan. Maka kuledakkan ide-ideku dalam sebuah tulisan.

Tulisan awalku adalah tentang perjalanan yang bagiku cukup fenomenal ke Bali. Sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Kutuliskan dengan sederhana, kuanggap aku sedang bercerita pada seorang sahabat. Dan berharap dia bisa ikut merasakan apa yang kurasakan. Lalu setelah aku tulis, apa yang aku lakukan dengan tulisanku ini? Hanya disimpan? Ah tidak, aku tetap membutuhkan seseorang untuk membacanya. Maka kuputuskan untuk mengirimnya via email kepada teman dekatku yang tinggal di luar kota yang memang sangat penasaran dengan Bali. Tak berapa lama, aku mendapatkan balasan. Dia bilang "Wah aku suka tulisanmu. Tulisanmu bagus loh. Semua mengalir, seolah aku dibawa langsung kesana. Aku tunggu ceritamu lagi yaa..". Ada rasa aneh saat membaca pujiannya. Aku yang tidak berbakat menulis ini ternyata bisa menyenangkan orang lain melalui sebuah tulisan. Itulah proses awal aku mulai menyadari bahwa meledakkan ide dalam sebuah tulisan, bukan hanya merefresh otak dan melegakan pikiran, tapi juga bisa bermanfaat dan menyenangkan orang lain. Dari situlah aku mulai berpikir untuk membuat sebuah blog, agar tulisanku selanjutnya bisa lebih terorganisir. Dan melalui blog, ledakan ideku tidak  hanya ‘didengar’ oleh lingkungan tertentu saja, tapi bisa mencakup segala penjuru dan segala kalangan. Karena dunia internet dan dunia blogger tak terbatas.

Melalui blog pula aku bisa mendapatkan teman-teman baru, baik di dunia maya maupun nyata. Dengan nge-blog aku bukan hanya belajar menulis, tapi juga seni yang lain. Seperti mendesign tampilannya agar lebih nyaman dikunjungi. Juga bagaimana berinteraksi dengan para pengunjung, agar mereka merasa diterima saat berkunjung di rumah mayaku ini. Blogku ini terbuka untuk siapa saja, dan siap menerima segala komentar, pujian, kritikan bahkan cacian. Aku terima semuanya sebagai sebuah pembelajaran.

Aku sangat berterima kasih kepada teman-teman blogger semua yang membantu proses belajarku ini. Banyak ilmu, ide, dan masukan yang penting bagi perkembangan blog-ku ini. Juga kepada para ‘admirers’, ‘silent readers ‘‘n haters’.. terima kasih telah membuat Runaway Diary ini ada. Dan karena kalian pula Runaway Diary tetap ada sampai sekarang, dan tetap konsisten menelurkan postingan.
Itulah sekilas tentang lahirnya Runaway Diary, blog kebanggaanku ini. Semoga kedepannya aku bisa menghadirkan postingan-postingan yang lebih bermutu, bermanfaat dan menghibur para pembaca sekalian. Happy Blogging ^^

Note: Maaf ya.. sudah berhari-hari blog ini sepi. Maklumlah pemiliknya lagi banyak tugas negara.. hehe.. Jadi berhari-hari pula nggak buka komputer ‘n nggak sempet posting..

Reactions:

43 comments:

  1. Happy birthday Runaway Diary... :D semoga makin nambah banyak tulisannya... dan membawa manfaat untuk orang lain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnn.. makasih ya.. smoga mumu ga bosen maen kemari.. :D

      Delete
  2. Happy blogging Runway diary.
    Makin semangat ya buat menuangkan ide-ide kreatifmu di dunia maya ini.
    semakin erat menjalin persahabatan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. happy blogging jg ^^
      makasih ya.. ttp smangat!!

      Delete
  3. hepi bedei to Runaway Diary, pencapaian luar biasa tuh. lah mimi yg mulai ngeblog thn 2005 aja seringnya hiatus lama mulu hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mimi.. :)
      wah dah lama juga ya ngeblognya.. Gpp mi.. yg penting slalu eksis.. hihi..

      Delete
  4. wah... udah setahun ternyata... selamat berhari jadi yaaaa... semoga makin semangat mengisi rumah maya yang indah ini.....
    pencapaian yang luarbiasa! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mbk al.. berkat dukungan temen2 smua, jd bs konsisten ngeblognya.. :)

      Delete
  5. selamat ulang tahun utk runaway diary.. tetep posting ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih yaaa... smoga makin rajin ya.. :D

      Delete
  6. givewaynya mana? kalau sedang ultah biasanya kan ngadakan giveway hehe.... maaf ini bercanda kok. Selamat saja deh semoga makin semangat untuk membuat posting

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh biasanya yg ulang taun yg dpt kado.. haha.. *bercanda loh :D
      makasih yaa.. smangat ngeblog!!

      Delete
  7. Banyak blogger yang awalnya hanya sekedar iseng menuliskan sesuatu di blog. Tapi lama-kelamaan menulis menjadi sebuah kebutuhan untuk menuangkan segala ide, imajinasi dan cara berpikir. Good kamu seorang penulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah masih jauh klo disebut penulis. Ini msh ungkapan unek2 aja kok. Blog jg jd media belajar. Smoga kelak bs jd penulis bnran.. aminnnnn.. :)

      Delete
  8. wah selamat2 deh udah satu tahun hehe...
    serunya yah nikmat tersendiri. semoga idemu tetp mengalir, sprti hari2mu dalam hatimu hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah.. makasih..
      smoga idenya ga mandek ya.. :D

      Delete
  9. udah setahun ya mba :D selamat selamat semoga makin kece blog nya dan mba nya, biar makin up terus pageview nya :D dan semoga gak bolos-bolos buat terus nulis disini yooo mba :D (nyindir diri sendiri)

    ternyata aku mulai main kesini pas mba cova pos tentang kota tua ehehehheeee....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. iya nih.. mempertahankan emang susah ya, kadang banyak ide tp ga da waktu. Kadang ada waktu, tp ga da ide.. Smoga runaway diary ini ttp konsisten ya.. walopun kadang lemot.. haha..

      Shally emang termasuk teman blogger pertamaku, dr awal blog ini ada, hingga kini msh setia.. hihi.. makasih bgt yaaaa... *peluk**terharu*

      Delete
  10. luar biasa...satu tahun nge-blog follower udah ratusan? kalo 10 tahun berarti 1 juta ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi.. mudah2an blog ini panjang umur yaaa.. langgeng 'n eksis selalu.. :D

      Delete
  11. Selamat ya tuh nda terasa sudah 1 tahun usia blognya. Tetap semangat dalam mencurahkan isi hati, perasaan, suka duka, pengalaman, informasi, dan hiburan yang bisa menyegarkan dan mencerdaskan para pembacanya. Semoga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya.. utk dukungan 'n dorongan semangatnya.. Smoga makin rajin posting, 'n makin bermutu isinya.. :)

      Delete
  12. Selamat ulang tahun Runaway Diary!
    Mdh2an makin rajin ngepost rutin ya! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mayya sayank.. *peluk*
      bln2 ini lg lemot nih, walopun ttp berusaha posting :D

      Delete
  13. swara ledakan ide-mu terdengar begitu mengelegar hingga ke Makassar,
    selamat hari lahir yang pertama ya untuk blog runaway diary,
    semoga sukses selalu...keep happy blogging always :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah..dunia blogger emang dahsyat ya.. walopun jaraknya jauh, tp bs terdengar.. hihi
      Makasih ya doa2nya.. Happy blogging ^^

      Delete
  14. selamat ulang tahun untuk blog na..
    salam kenal kawan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih yaa.. salam kenal jg..
      slamat dtg di Runaway Diary ^^

      Delete
  15. Selamat ulang tahun,,,,,,memang sangat berat untuk terus menjaga blog kita untuk tetap hidup jangankan sampai waktu satu tahun,,,umur 3 bulan saja penyakit malas sudah sering menyerang

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih yaaa..
      iya bnr bgt, mempertahankan itu lbh susah ternyata ya. Smoga blog kita ttp terjaga 'n eksis selalu yaa.. happy blogging ^^

      Delete
  16. Selamat Ulang Tahun blognya Covalimawati :D

    Maaf baru terucap sekarang ..
    Semoga tulisannya makin cakep, dan makin rajin BW. Hehehehe ..........

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih yaaa..
      iya, smoga makin smangat ngeblognya yah.. hehehe..

      Delete
  17. Met anniversary kalo gitu. Happy blogging aja ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih yaa... happy blogging jg ^^

      Delete
  18. Happy first anniversary ya mbak untuk blog nya, semoga terus di beri kesempatan meski banyak tugas negara yang harus diselesaikan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. makasih yaaa.. emang susah ya mbagi waktunya *sok sibuk*. Pengennya sih bs sering2 mosting. Tp apa daya negara membutuhkan kita.. halaah.. hihihi..

      Delete