Friday, June 21, 2013

Makan Ala Kuli di Pelabuhan Cirebon

Apa yang terbersit dalam pikiran teman-teman saat mendengar kata Cirebon? Kalau aku sih otomatis terpikir empal gentong. Maklumlah, aku memang penyuka kuliner, jadi pasti kepikirannya ya soal makanan.  Cirebon memang terkenal dengan empal gentongnya. Tapi ternyata masih banyak sekali kuliner khas di daerah Cirebon yang tak kalah nikmatnya. Sebut saja tahu gejrot, nasi jamblang, nasi lengko, docang, mie koclok, dan masih banyak lagi. Dan dalam postinganku kali ini, aku akan membahas tentang kuliner yang sempat aku nikmati saat traveling ke Cirebon beberapa hari yang lalu. Traveling bersama teman-teman yang sama-sama doyan makan, memang menyenangkan. Jadi bisa kompak saat berburu makanan. Dan kebetulan salah satu teman seperjalananku, Mbak Yayah, memang asli orang Cirebon, jadi dia paham sekali mana penjual kuliner khas Cirebon yang recomended. Salah satunya Nasi Jamblang Hj. Sumarni ini. Yuk, selamat menikmati! ^^
***

Tiba di stasiun Cirebon pukul 9 pagi. Mbak yayah langsung mengajak kami sarapan nasi jamblang yang ada di kawasan pintu Pelabuhan Cirebon. Namanya nasi Jamblang Hj. Sumarni, atau biasa disebut nasi jamblang pelabuhan. Berdasarkan penuturan mbk Yayah, nasi jamblang pelabuhan ini merupakan warung nasi jamblang yang paling populer se-Cirebon. Wah, mantep ya? Pastinya rasanya enak.


Tak berapa lama dari stasiun, kami sampai di lokasi yang dimaksud. Ternyata warungnya tidak terlalu besar. Dan letaknya agak tersembunyi. Dari jalan raya hanya kelihatan tulisan “Nasi Jamblang buka”. Rupanya warungnya berada dibalik tembok dan pagar yang bertulisan itu.


 Sampai di dalam warung kami disambut oleh meja besar yang berisi penuh berbagai macam menu lauk pauk. Ada peyek udang, oseng cumi, sambel goreng, kerang, telor dadar, semur telur, ayam goreng, tempe goreng, perkedel kentang, sayur tahu, ikan asin, dan masih banyak lagi. Pokoknya menu lauknya macem-macem banget, dan disajikan secara prasmanan. Kita bisa pilih dan ambil sendiri sesuka hati kita. Aku jadi ingat dengan nasi rames, yaitu nasi dengan lauk dan sayur yang banyak macamnya. Bedanya, nasi jamblang ini menunya lebih banyak, dan ada sambal yang khas rasanya, biasa disebut sambal nasi jamblang. Ada lagi perbedaan yang mencolok, yaitu penggunaan daun jati sebagai alas piringnya. Kalau dibungkus, ya daun jati sebagai bungkusnya, bukan daun pisang.


Kenapa menggunakan daun jati? Katanya bungkus daun jati membuat nasi lebih tahan lama, dan terasa lebih pulen, dibandingkan jika dibungkus dengan daun pisang. Ini disebabkan daun jati memiliki pori-pori yang membuat nasi lebih terjaga kualitasnya. Begitu menurut Wikipedia. Dan menurutku, daun jati ini membuat nasi terasa beraroma lebih sedap.


Yuk, silahkan dipilih. Aku agak bingung saat memilih lauk, karena maunya dipilih semua.. hehe.. Akhirnya aku memilih lauk cumi, tahu, penyek udang dan kerang. Hmm.. rasanya memang nikmat. Apalagi saat makan diiringi live music oleh mas-mas pemalu bersuara merdu. Rasanya Cirebon banget! Dan disela-sela makan mbak yayah menjelaskan bahwa nasi jamblang itu dulunya adalah makanannya para kuli di jaman Belanda.
“Eh, busyet! Makanan kuli jaman dulu enak banget yak?” celetukku.
“Kan mereka kerjanya berat. Jadi makanannya juga harus enak” sahut Mbak Yayah sambil tersenyum.

live music

Kami menghabiskan nasi jamblang itu dengan cepat dan tuntas tak bersisa. Bahkan ada yang nambah lagi lauknya. Benar-benar makan cara kuli, beringas sekali.. hahaha.. Puas sekali makan di sini. Rasanya nikmat dan harganya hemat. Kami menghabiskan uang Rp 91.000 saja, untuk 7 porsi nasi jamblang plus tambahan lauk pauknya, 7 teh hangat, dan cemilan kerupuk. Hemat bukan?
Mana ada makanan kuli senikmat ini, kalau bukan di Cirebon. ^^


55 comments:

  1. Baca sambil ngiler nih mba, emang ya setiap daerah pasti punya makanan khas masing2, contohnya nasi jamblang ini. Tapi, ngomong2 menunya banyak banget tuh...#sambil nunjuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. awas netes disini ilernya

      Delete
    2. aku juga ngiler nih. Tiap nulis ttg makanan, bawaannya jd pengen makan.. hehehe

      oh iya, hrsnya td pas kesini jgn lupa bawa lap iler.. biar ilernya ga netes disini.. hihihi

      Delete
    3. Hwhahaah wah wah liputan wisata kulinernya yang sangat apik. Makin kinclong aja tulisan mba Cova. Makan pake daun emmang unik dan khas Indonesia banget, dan kesannya kok bisa bikin selera makan bertambah dan semakin lahap ya. Daun alias pirin canggih. Sekali pagi bisa langsung dibuang hihiiheihieee.

      Ngomongin soal Cirebon ini tidak terlepas dari kota kelahiran Ayah Saya yang aseli dari Cirebon yang konon kata orang juga disebut dengan kota Udang. Saya hanya ingat terakhir ke Cirebon waktu SD di tahun 75-80 an gitu deh. Jadul banged. Yang saya ingat waktu itu banyak kereta lori pengangkut tebu, kelapa , dan pisang. Ah kapan ya bisa ke Cirebon lagi sekarang

      Delete
    4. tulisan apik krn bnr2 dari hati mas, emang jiwanya suka ma makanan.. hahaha
      bener juga tuh, pake bungkus daun irit ya, ga perlu nyuci, lgsg dibuang, ga mencemari lingkungan. Yuk kita kembali ke daun.. #eh :D

      Ouuu.. ternyata keturunan cirebon juga toh mas. Lah kok ga pernah ke cirebon lagi? Aku suka cirebon krn makanan khasnya buanyak... hihihi

      Delete
    5. Kalau urusan makan mah separuh hati saya memang "pull" senang sama makanan, dan makanan juga suka kalau saya senangi hihihih. Maklumlah pecinta makanan alias food lovers ihihihihi

      Delete
    6. tolong tisuenya dong buat pak zach. kan mba cova udah nyoba makan di sana, masih ngiler juga ya. sungguh ter-la-lu

      Delete
    7. hihihi.. justru krn udah pernah nyoba, jd pengen lg :D

      Delete
    8. Mbakk..aku baca tulisan ini asli perut jadi keroncongan gara-gara liat foto nasi jamblang, buka malam-malam sendirian di kantor, mana belum makan malam lagi hehehe

      Delete
    9. Loh..loh.. Kok malem2 masih di kantor? Lembur toh? Ya udah delivery order aja nasi jamblangnya.. Hehehe

      Delete
  2. jadi seperti bentuknya nasi jamblang.
    Jadi ngiri pengen jalan-jalan kesana juga menikmati wisata kuliner. Seru juga kalau diabadikan dalam postingan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga pengen lagi kesana :D
      Kulinernya seru2 loh.. yuk yuuks..

      Delete
  3. Hmmm... paling seneng deh kalo baca postingan tentang wisata kuliner,,,,ngilerrrrrr.... :D :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaaa... emang dasar aku ini tukang makan. Paling asik klo makan makanan khas daerah tertentu ya..

      Delete
  4. Beneran deh... Udah sering banget denger Nasi Jamblang, terus kampung ana deket Cirebon. Tapi belum pernah tuh lidah ini merasakan lezatnya Nasi Jamblang... Hadeuuhhh jadi bener2 kepengen nih,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah kampungnya dkt cirebon toh. Bisa sering ke cirebon donk.
      Ayoo cobain.. Maknyus loh.. :D

      Delete
  5. saya tuh udah nanem jati. kelak daunnya bisa buat bungkus jamblang. asiiik

    ReplyDelete
    Replies
    1. asiiik.. skalian buka warung nasi jamblang aja.. :D

      Delete
    2. Nanti saya yang jaga warungnya. Menebar pesona menjaring pelanggan yang mau datang beli nasi jamblangnya. Kalau yang datang pembelinya laki laki ya jadi sodara. Kalau pembelinya wanita ya jadi sodara juga hiehiehiehiheiee

      Delete
    3. kalo pembelinya stengah laki2 stengah wanita.. dijadiin apa mas? hihihi

      Delete
    4. Kalau nyang itu baiknya konsultasi ke Mas Rawins. Hiheiheiheiee

      Delete
    5. yang pasti akan dibungkus daun jati pokoknya

      Delete
  6. wew udah lama nich ga makan ke warung model gini, pakai daun jati dan lauk pauk yg buuuaaanyyaaaak bangeets, *ngelierMbakPengeeeen

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. pas liat lauknya malah bingung, pengen smua.. hahaha
      daun jatinya bikin sedep loh :D

      Delete
  7. Aku suka sama makanan yang lauknya campur aduk gitu. Kaya rasa. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bener. Klo bisa sih smua lauk dipilih ya.. hehehe

      Delete
  8. Aku perna makan disini, kalo lagi laper masuknya gampang bisa nyelip2, pas udah kenyang jalan keluarnya jadi sempit bwahahahaaaa *lebay

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah klo jeng mila yg langsing gt jalannya jd sempit, gmn mas asep ya? ga bisa keluar donk dia.. hahahahha.. :P

      Delete
    2. wAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA hahahhahahahaha

      Delete
  9. Saya baca pas lagi laper-lapernya.. *ngiler*

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas donk.. pas laper disuguhi nasi jamblang, walopun cm gambarnya.. hihihi :D

      Delete
  10. owhh... nasi jamblang tu yang kayak gitu to? *baru tau* hahahahaha.. wahh kayaknya enak banget tuh.. bikin ngiler euy.. jadi laper deh... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kok, aku jg baru tau pas saat itu. Udah dijelasin sih kek apa, tp ttp ga da bayangan.. hehehe..
      Ternyata emang unik 'n enaaaakkk.. ^^

      Delete
  11. Waaaah, kamu maen ke cirebon, kok gak mampir dulu ke rumahku sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah emang rumahnya di cirebon ya? tau gt aku mampir deh..

      Delete
  12. kalau yang aku tahu, kuliner cirebon sih cuma Nasi Jamblang doank mba, tp jujur belum pernah mencicipi rasanya :(
    kalau dilihat, hampir sama lah kaya nasi di Angkringan

    ReplyDelete
    Replies
    1. baiklah, sudah jujur sudah baik

      Delete
    2. ehh, mahalan nasi jamblang dong Mas...

      Delete
    3. Nasi angkringan mungkin Nasi Kucing ya. Saya pernah icip icip nasi Kucing di Jogja dan porsinya memang sedikit. Harganya murah. Dari segi harga tentu nasi Jamblang lebih mahal karena porsinya lebih banyak dan konten lauknya lebih paten

      Delete
    4. iya, klo nasi kucing porsinya dikit. Klo nasi jamblang lbh banyak, krn ini porsinya kuli.. :D

      Delete
  13. aku ingat di makassar, awal tahun 80-an, masih bisa saya dapatkan nasi yang dibungkus dengan daun jati...dan ini makanan benar2 untuk kuli dan buruh, karena mereka bekerja untuk mengecor bangunan, jadi memang harus disiapkan menu nasi campur, yang ternyata memang rasanya khas dan enak karena saya ikutan mencicipinya...apakah karena daun jatinya ya.... :-)

    ReplyDelete
  14. asyik juga nih makan "ala kuli" :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makannya ala kuli acaranya para kuli ner, bungkus daun jatinya milik kang Zach, ya udah pas banget

      Delete
    2. kuliner ala kuli ner.. emang pas bgt :D

      Delete
  15. Jadi pingin makan, mlm2 baca blog ini tng nasi jamblang *:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo2 silahkan makan.. jgn lupa bagi2 yaaa,, :D

      Delete
  16. silahkan ambil piring masing2. inget ya BS BS... kalo lewat pelabuhan cirebon mesti mampir neh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah kok BS BS sih.. kirain mo ditraktir.. hihihi

      Delete
  17. mbuaakkk Cova, kalau bungkus daun jati jaman saya SD-SMP merupakan pembungkus nasi yg nge-trend lho? kalau ada hajatan, trs kan ada tuh ngasih isi paket makanan mula nasi sampai lauk...nah bungkus nasnya pakai daun jati. Baunya lhas banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baunya sedep ya say.. bikin tambah napsu makannya. Klo di t4ku sih udah jarang banget tuh. Pohonnya jatinya udah ga ada.. haha

      Delete
  18. waaah, asiiikkk
    lumayan murah ya.
    aku juga mau kalo gitu. ntar kalo aku nyampe Cirebon, tak kontak mbak Cova ya.
    :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh2, silahken kontak, paling aku nitip dibungkusin nasi jamblang aja 2 porsi.. hahaa

      Delete
  19. Udah berasa seperti kuli beneran dong mbak ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa.. tp makannya.. bukan kerjanya.. hahaa

      Delete