Monday, June 10, 2013

Mampir Sejenak di Pagoda Dewi Kwan In

Kalau teman-teman kebetulan melewati kota Semarang, tak ada salahnya singgah sebentar ke tempat ini, seperti yang kami lakukan beberapa pekan yang lalu. Kebetulan tempat ini berada di jalur perjalanan kami dari Magelang menuju Jakarta. Maka kami sempatkan mampir sebentar. Tempat ini bernama Vihara Buddhagaya. Hah? Ngapain ke vihara? Emang Cova agamanya Budha? Hehe… Eh jangan salah, seperti Budha Monastery di Candi Mendut yang terbuka untuk umum, Vihara Buddhagaya inipun seperti itu. Siapa saja boleh mengunjungi tempat ini. Dan gratis! Lalu selain gratis, apalagi sih menariknya? Tentu saja menarik, karena tempat ini mempunyai arsitektur bangunan yang indah. Dan itu alasannya kenapa aku ingin singgah ke sini. 

Vihara Buddhagaya ini berada di daerah Watugong, tepatnya di jalan Perintis Kemerdekaan, depan Kodam IV Diponegoro. Sangat mudah dicari karena posisinya persis di pinggir jalan raya. Sekitar pukul 9 pagi kami sampai di vihara itu, dan saat itu tidak banyak pengunjungnya. Hanya beberapa keluarga saja. Sebagian seperti kami, hanya melihat-lihat saja. Sebagian memang bertujuan untuk beribadah. Saat memasuki area vihara ini, kita akan dibawa ke nuansa yang berbeda, karena bangunan-bangunannya yang tidak biasa kita temui di Indonesia. Dan salah satu bangunan di vihara itu yang tampak mencolok adalah Pagoda Avalokitesvara. Nah, jarang-jarang kan di Indonesia ada pagoda. Apalagi pagoda semegah ini. Wuuiih, serasa ada di Cina loh. Langsung deh foto-foto.. :D



Pagoda Avalokitesvara yang artinya Pagoda Cinta Kasih Sayang ini, konon dibangun untuk menghormati Dewi Cinta Kasih, yaitu Dewi Kwan In. Maka tak heran, jika ada banyak patung Dewi Kwan In di pagoda ini. Salah satu yang terbesar berwarna keemasan ada di bagian dalam pagoda. Sedangkan patung Dewi Kwan In yang lain terdapat di sekeliling pagoda, menghadap 4 penjuru mata angin. Masing-masing tingkat terdapat 4 patung. Dari sumber terpercaya  dijelaskan bahwa pagoda yang mempunyai tinggi 45 meter, dan terdiri dari 7 tingkat ini, merupakan pagoda tertinggi di Indonesia. Dan pernah masuk rekor MURI loh. 


ornamen pagoda
salah 1 patung Dewi Kwan In
Selain pagoda, ada bangunan lain yang menarik perhatianku. Yaitu sebuah patung Budha tidur berukuran besaaar, tampil dengan warna yang cerah. Sangat serasi dengan arsitektur bangunan pagoda. Tak jauh dari patung tersebut terdapat sebuah prasasti, yang bertuliskan rangkain kalimat berbahasa Inggris. Mungkin itu semacam puisi, atau mungkin sebuah ayat dari kitab suci. Ah, entahlah. Yang jelas kata-katanya sangat indah, walaupun aku tak mengerti maksudnya. Maklum, skill bahasa Inggrisku memang pas-pasan.. hehe *malu*

Patung Budha

Tulisan di prasasti
Karena judulnya mampir, maka kamipun tak berlama-lama di sana. Walaupun masih ada beberapa bagian dari area ini yang belum kami eksplore, tapi terpaksa kunjungan kami harus diakhiri. Takut kesiangan, karena perjalanan kami menuju Jakarta masih jauh. 

Happy traveling ^^
Reactions:

43 comments:

  1. prasastinya bahasa inggris ya...
    :)

    itu Budha tidurnya kalo menurut orang Budha adalah gunung menoreh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bhs inggris bkn bhs sansekerta..:P
      kok namanya gunung menoreh ya bkn gunung merapi aja..

      Delete
    2. Vihara Buddhagaya ini di daerah Watugong ya?, Wah wah saya jadi penasaran banged sama Semarang soalnya seumur hidup baru 2 kali kalau nda salah ke Semarang. Terakhir tahun 2005,dan itu pun cuma nyampe kampus IKIPPGRI Semarang, muter muter jalan Dr Cipto, mengunjungi Masjid di Simpang lima dan Sam Pho Kong Aja. Hiheiheihiee. Kapan kapan kalau ada kesempatan lagi mau mampir ke mba Cova ah eh salah ke Semarang ah

      Delete
    3. ayuuuk kita jalan2 bareng..:D
      semarang itu asyik bgt loh t4nya. Banyak bangunan2 keren, menyimpan banyak sejarah dan kenangan. Klo aku sih sering ke semarang. Lah iyalah wong aku lahir di sana.. 'n mbahku org sana.. hehehe.

      Delete
    4. iheiheiehie. Kalau orang Sarawak disebut Sarawakian, kalau orang America disebut American, Orang Indonesia ya jadi Indonesian. Lantas kalau orang Semarang, disebut Semarangian ya. HIheihiehiehiehiehiee

      Delete
    5. jadi maksudnya aku ini Semarangian? nama yg aneh -_____-

      Delete
  2. Replies
    1. namanya jg blog jalan2.. hihihi

      Delete
    2. iih aslinya pengen bgt ngajak.. tp km keknya lg asyik mengamati awan Belitung.. hihihi

      Delete
  3. Wow keren juga mba, tapi kapan ya aku bisa kesana? Ijin baca aja deh, sekedar tau aja.

    Hehe, salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan2 klo pas ke semarang, mampir aja kesini :)
      salam kenal ^^

      Delete
  4. cantik mbak pagodanya
    boleh ya masuk, kirain hanya buat beribadah saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, terbuka utk umum.. asal sopan 'n ga bikin rusuh :D

      Delete
  5. Replies
    1. monggo silahken.. mampir lama jg boleh.. :D

      Delete
  6. Asyiknya ya, bisa muter muter ke negara lain,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga perlu ke negara lain.. muter2 ke negara sndri aja ga abis2 kok.. :D

      Delete
  7. Sayang...aku enggak sempat mampir, cuma bilang pingin mulu ketika tinggal di Semarang...huhuuu...pasti indah dan nambah pengalaman ya?

    Salam
    Astin

    ReplyDelete
    Replies
    1. ouu pernah tinggal di smarang ya.. temenku yg tinggal di smg jg banyak yg blm pernah kesini loh.. hehehe.. Smoga kapan2 jeng astin bs mampir kesini :D

      Delete
  8. Saya belum pernah ke Vihara Buddhagaya, saya orang jawa tengah kok justru belum pernah kesana. jadi malu nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo2 kesana.. jgn kalah ma yg dr daerah lain.. hehehe..

      Delete
  9. Pagoda nya kinclong banget. keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bersih terawat.. 'n warnanya seger yak.. :D

      Delete
  10. keren banget pagodanya ya.. saya belum perna kesana..hohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayolah ke semarang, jgn ke bali terus.. hehehe

      Delete
  11. lama bgt ndak mampir sini. postingan jalan2nya selalu bikin ngiler :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai..hai.. pa kabar? ^^
      emang tujuan blog ini buat bikin ngiler org.. haha :P

      Delete
    2. alhmdllh baik jeng

      yee tujuannya udah gak baik gitu, karena membuat saya iri sambil ngences itu dosa :p

      Delete
    3. iya deh diganti tujuannya.. memberi informasi yg membuat org mupeng.. hahaha :P

      Delete
  12. wah keren pagoda nya, saya biasa makan pagoda lho (permen) hehe :) nice pic!

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh bukannya itu permen jadul ya? emang skrg msh ada? hihi

      Delete
  13. Seru kali ya. Belom pernah kesana cuy. Jarang ngeliat patung segede" gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo sekali2 kesini, tempatnya enak loh :)

      Delete
  14. hehe...baru tau ternyata du semarabg ada pagoda nya jg ya mbak...
    :)
    keren foto2 nys :)

    ReplyDelete
  15. Kalau lihat foto-foto ini ...
    Sepertinya bangunan ini sangat bagus ...
    saya lihat tamannya juga asri

    Pingin juga saya kesana ...

    saya belum pernah kesana

    Salam saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tempatnya asri kok. Posisinya di perbukitan daerah smarang selatan, jd viewnya jg bagus
      monggo mampir pak :)

      Delete
  16. Cantik! btw, itu patung Budhanya memang posisinya tidur ya, Mak?
    Kapan ya bisa main ke Semarang lagi, ntar mau mampir di sini juga ah! Trims infonya, emak cantik! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mgkn bukan lg tidur sih ya. Tapi sbg orang awam aku taunya itu posisi tidur.. hihihi
      Aku jg pengen muter2 semarang lg nih mak.. msh banyak t4 yg pengen aku samperin :D

      Delete
  17. keren ya ada di tengah kota lagi ;)

    ReplyDelete
  18. ini yang kalo dari arah ambarawa sebelah kanan jalan ya..?
    suka liat kalo lewat tapi belum pernah mampir
    kirain khusus buat ibadah makanya ga kepikiran singgah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener. Seberangnya Kodam IV :)

      Delete