Tuesday, April 08, 2014

Cap Jae Alias Cap Cay Ala Magelang

Yeaah... akhirnya aku nongol lagi di rumah blogku ini, di sela-sela urusan dapur, urusan anak, dan urusan rajutan.. hehe.. Sepertinya makin lama jiwa emak-emakku makin kuat saja setelah 2 minggu full time di rumah. Buktinya aku makin seneng masak. Apalagi kalau hasilnya enak. Nah inilah yang bikin aku agak surprise. Dulunya aku nggak suka masuk dapur, tapi ajaibnya sekarang malah bisa bikin masakan yang maknyus. Yah setidaknya maknyus menurut versiku dan versi anak-anakku tentunya.

Kali ini aku ingin mengenalkan salah satu kuliner dari kampungku, Magelang. Namanya Cap Jae atau Cap cay kampung. Bagi yang tinggal di Magelang, Jogja dan sekitarnya, pasti sudah mengenal masakan ini. Tapi untuk daerah lain sepertinya jarang ada yang tahu. Bahkan selama 14 tahun aku hidup di Jakarta dan sekitarnya, aku belum pernah nemuin menu masakan ini di sini. Nah daripada ngiler ngidam masakan kampung, makanya aku bikin sendiri aja..

Untuk diketahui, cap jae kampungku ini nggak sama dengan cap cay yang biasa kita temui di Jakarta. Biasanya cap cay isinya hanya sayuran saja. Kalau cap jae kampungku ini isi yang dominan adalah irisan tepung terigu goreng. Adonan tepung terigunya mirip bakwan (tapi kosongan, tanpa sayuran) yang diiris memanjang. Dimasak dengan bumbu-bumbu, dan diberi pelengkap sayuran, bakso, atau sosis. Seperti ini penampakannya. Kelihatan maknyus kan? :D


Tertarik pengen bikin juga? Baiklah, akan aku bagi-bagikan resepnya. Di sini resepnya sesuai seleraku. Kalau kurang cocok, bisa dimodifikasi sendiri. Siapkan dulu bahan-bahan dasarnya:

Adonan tepung
200 gram tepung terigu
1 butir telur
1 siung bawang putih
sedikit garam
air secukupnya untuk mencampur adonan

Bumbu-bumbu
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
5 butir merica
1 sdt garam
gula jawa secukupnya
kecap manis secukupnya

Pelengkap
sosis, wortel, kol/kubis, daun bawang, daun seledri (semua dipotong-potong)

Cara membuatnya:
1. Campur semua adonan tepung, kemudian goreng, seperti menggoreng bakwan. Setelah itu potong-potong memanjang. Sisihkan.
2. Haluskan bawang putih, kemiri, dan merica. Tumis hingga matang dan harum.
3. Masukkan sayuran, tumis hingga layu. Beri sedikit air.
4. Tambahkan garam, gula, dan kecap manis.
5. Masukkan potongan tepung terigu goreng, dan sosis
6. Aduk-aduk sampai bumbu meresap
7. Beri potongan daun bawang dan seledri
8. Sajikan selagi hangat
Selamat mencoba ^^

Kalau malas bikin sendiri, bisa kok beli di Magelang. Biasanya warung-warung bakmi di Magelang atau Jogja pasti menjual menu ini. Siapa tahu ada yang mau traveling kesana, bisa sekalian wisata kuliner.. hehe..

Reactions:

25 comments:

  1. Aku belum pernah bikin yang pakai adonan tepung. Pengen nyoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuuk dicoba mak.. buat variasi :D

      Delete
  2. Ibuku kalau masak capjay pake adonan terigu gituuu...Mak dikau jadi produktip gituuu..anak-anak seneng jadinya deeeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini tuntutan profesi mak.. profesi emak2.. hihii

      Delete
  3. Huuuuuuuu di lihat dari segi penampilannya si sungguh menggugah selera
    Nice post :)

    ReplyDelete
  4. Maakk... contek resep ya mak... boleh? Heheheh enaak enak enaaakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh bgt mak.. smoga sukses bikinnya yaa.. ^^

      Delete
  5. pernah nyobain yang tepung tapi tepungnya g diiris2 tapi bulet2 kecil mbk,kriuk2 gitu soalnya masih anget tepungnya pas ditaruh diatas sayuran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belum pernah tau yg model kek gitu.. keknya enak jg tuh :D

      Delete
  6. waduh mbak begitu lihat gambarnya langsung kesini saya
    bikin laperrr hihi, yang pakai tepung ya, di combine sama sosis juga ya
    pengin nyoba resep ini, semoga bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti bisa kok.. silahkan dicoba :)
      Sosisnya bisa diganti ama bakso

      Delete
  7. capcay kesukaanku... tapi bumbunya beda ya mbak. kalau aku ga pake gula jawa, pake saus tiram mbak enak e pol hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pake gula jawa bisa ga.. tergantung selera aja..
      tp kalo yg pake saus tiram aku blm pernah nyoba..

      Delete
  8. mlihat gambarnya langsung pengen deh...

    ReplyDelete
  9. cap caynya memang unik...irisan tepung terigunya menggoda selera nich.......keep happy blogging always,,salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini capcay ala kampung.. hehe

      happy blogging ^^

      Delete
  10. oooo ini namanya cap jae ya? aku pernah makan tapi ga tau namanya hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah skrg jd kenal ama cap jae.. haha

      Delete
  11. jadi kangen pulang....
    ibu saya enak kalo bikin capcay...
    capcay isi daging, ada yg isi tempe atau tahu juga ada....
    enak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuiih variatif bgt isinya.. Pasti maknyus bgt!

      Delete
  12. beda banget sama cap jay yang biasanya ya. patut di coba nih sis :D

    ReplyDelete