Friday, April 11, 2014

Pantai Pandawa, Pesona Di Balik Tebing



Hari ini matahari bersinar cerah, saat yang tepat untuk santai sejenak jalan-jalan ke pantai. Kali ini aku akan mengajak teman-teman menikmati Pantai Pandawa. Ada yang tahu di manakah pantai itu? Yup, di mana lagi kalau bukan di Bali. Tepatnya ada di Bali Selatan. Jadi nggak jauh dari Pantai Padang-padang, dan Pantai Suluban. Nah, kalau sudah pernah ke pantai padang-padang, pasti akan mudah menemukan pantai ini. Pantai ini termasuk pantai "baru", karena baru beberapa tahun yang lalu mulai dikembangkan. Seperti pantai-pantai di Bali lainnya, soal keindahannya nggak perlu diragukan lagi. Namun, setiap pantai selalu menawarkan keunikan masing-masing yang membuat setiap pengunjungnya terkesan, termasuk Pantai Pandawa ini. Itulah kenapa aku selalu menyukai pantai.

tebing yang dipangkas terlihat dari area parkir
Terus apa keunikan pantai ini? Keunikan Pantai Pandawa akan kita rasakan sejak dari 1,5 km menuju lokasi pantai, yaitu jalan yang kita lalui diapit oleh tebing-tebing kapur yang tinggi. Semakin mendekati pantai kita akan melalui sebuah jalan yang berada ditengah-tengah tebing. Jadi tebing yang megah dan tinggi itu dibelah, dan tengah-tengahnya dibuat jalan. Wow! keren deh.. Konon katanya dahulu sebelum dikembangkan, tebing-tebing tinggi itu ditumbuhi semak belukar, dan akses menuju ke pantai sangat susah karena berada di balik perbukitan tebing itu. Makanya Pantai Pandawa ini sering disebut sebagai Secret Beach, karena posisinya yang tersembunyi. Nah, beruntung sekarang kita bisa menikmati keindahannya dengan akses yang mudah. Hmm.. dunia pariwisata Bali memang jeli melihat peluang ya?

Ah iya, ada lagi ciri khas yang mencolok dari pantai ini, yaitu adanya patung pandawa lima berukuran raksasa yang di tempatkan di dinding tebing. Makanya pantai ini kini disebut Pantai Pandawa. Tadinya aku pikir patungnya nggak segede itu, tapi setelah melihat langsung rupanya patungnya guuedee banget! Lihat nih fotoku dengan salah satu patung, aku nyaris tak terlihat ya?


patung raksasa
Bagaimana dengan pantainya? Seperti aku bilang diawal tadi, pantai ini memiliki keindahan yang tak diragukan lagi. Pantainya landai dan berpasir putih, berpadu sangat menawan dengan birunya laut. Di beberapa bagian bisa kita lihat permukaan berkarang yang ditumbuhi ganggang. Perpaduan warnanya jadi tambah apik. Seger banget di mata. Dan airnya bening dan bersih. Bikin pengen nyemplung :D.



Di sepanjang pantai banyak sekali dijumpai kano-kano yang berjejer. Tentu saja kanonya disewakan, bukan dipinjamkan. Sayangnya aku nggak nanyain berapa harga sewanya. Klo aku sih cuma pinjam sebentar buat narsis.. hihi. Selain kano, bangku berpayung juga banyak berjejer. Pas banget buat yang pengen berjemur tapi takut item. Kalau turis bule biasanya jarang yang nyewa payung. Mereka lebih suka terpapar matahari langsung, soalnya biar kulitnya jadi eksotis, alias gosong.. hehe


Waktu aku kesana, pengunjungnya cukup ramai. Menurut penerawanganku pantai ini makin hari akan makin ramai. Semoga saja kebersihan dan ketertibannya juga tetap terjaga. Tapi jujur saja, kalau menurutku, pengunjung yang banyak justru akan mengurangi keindahan sebuah pantai. Iya kan? Bagaimana bisa menikmati keindahannya kalau setiap mata ini memandang yang terlihat hanya kerumunan orang-orang, seperti nasib Pantai Padang-padang dan Pantai Dreamland sekarang.

punya lala
Yuk ah kita ke pantai sebelum pantai jadi ramai.. :D
Happy traveling ^^



21 comments:

  1. Mbak cova traveling melulu hehehe

    ReplyDelete
  2. airnya memang bening banget ya... jadi pengen nyemplung juga :)

    ReplyDelete
  3. cantiiik...tapi ngg berenang yah :D...aku seneng pantai-pantai di Bali..bisa seharian berenang aku :)..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa sayang bgt ya ga berenang.. abis ga bekal bikini sih.. #halah :P
      hihii..

      Delete
  4. oleh-olehnya mana? ngomong2 udah pernah traveling ke jogja belum??di sana nggak kalah pemandangannya lho..
    salam kenal, kunbalnya ditunggu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo jogja udah sering bgt, soalnya kan dkt kampungku tuh.. hehe.. Dan jogja slalu ngangenin..
      Salam kenal jg.. :)

      Delete
  5. pantainya sepi, enak keliatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah mulai ramai sih mak.. tp ga seramai pantai dreamland

      Delete
  6. Dan tebing pun bisa dibelah...Padahal kalau aku idenya, coba dulu jangan dibelah, tapi dibiarkan aja semak belukar itu menutupi pantai. Nanti dibuat deh, wisata 'misteri' kalau kesana harus ada guidenya gitu. Kalau perlu dibuat rintangan2 untuk bisa menuju pantai... waha, aku bener2 menghayati ide beach-nya malahan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh ini idenya keknya gara2 sering nonton uka2 ya?.. hahaha
      tp idenya boleh jg tuh. Ato ga dibelah, tp dilubangi. jd kek semacam terowongan, tp di dlmnya dipasang rintangan2.. hihii

      Delete
  7. Waduuuh keren banget mba pantainya. Jadi pingin ke pantai, udah lamaaa bgt ga ke pantai (kecuali ke ancol) hehehe

    ReplyDelete
  8. Terimakasih banyak iyah atas infonya iyah

    http://goo.gl/sC0o5J

    ReplyDelete
  9. bali memang top markotop dech....rasanya tak cukup kalau hanya sekali ke bali...karena pantai-pantainya semua menarik untuk dikunjungi...itu baru pantainya..belum lagi destinasi wisata lainnya....patung raksasanya mengingatkan saya patung raksasa di afghanistan yg sudah dihancurkan oleh taliban....
    keep happy blogging always,,salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  10. aaaach baca ini jadi pengen ke pantai, udah lama ga liburan :(

    ReplyDelete
  11. Baru ngeh klo ada postingan pandawa beach.
    Dhe aja yang di Bali belum pernah kesini lho. kwkwkkw

    ReplyDelete
  12. terima kasih infonya, sangat bagus dan bermanfaat

    http://goo.gl/WDPPQl
    http://goo.gl/S2YRQu
    http://goo.gl/ujow30

    ReplyDelete