Monday, April 28, 2014

Molen Cocopandan Teman Jalan-jalan

Setiap mau jalan-jalan pasti mikirin bekalnya apa. Bukan hanya bekal pakaian, obat-obatan, dan peralatan mandi, tapi juga bekal makanan. Apalagi kalau traveling bersama anak-anak, membawa cemilan itu wajib hukumnya. Kalau tidak, bisa-bisa bakalan bete sepanjang jalan, dan aku mesti menghadapi rengekan mereka yang tak berkesudahan. Selain itu, membawa bekal makanan sangat praktis untuk menghemat pengeluaran, karena biasanya di tempat wisata harga makanan suka semena-mena. Dan kalau kebetulan kita traveling ke tempat yang jauh dari peradaban dimana penjual makanan sangat langka, membawa bekal makanan adalah penyelamat di saat kelaparan. #berasa kek iklan apa gitu :D

Kalau jalan-jalannya cuma dekat, biasanya cemilan makanan ringan udah cukup. Tapi kalau menempuh perjalanan sampai berjam-jam, aku selalu membawa cemilan yang agak berat. Cemilan kok berat, gimana sih? Maksudnya cemilan yang cukup bikin anteng perut. Jadi kalaupun mesti telat makan utama, perut tetap aman karena ada yang ngganjel. Nah kali ini aku akan sharing salah satu makanan bekal kami saat traveling ke Tanjung Lesung minggu lalu, Cocopandan Molen.

Biasanya yang namanya molen itu isinya pisang, tapi molen bikinanku ini lain dari yang lain, karena isinya bukan pisang. Isinya adalah coconut alias parutan kelapa yang dimasak, ditambahkan dengan sedikit pasta pandan. Jadilah cocopandan molen.

Ada beberapa alasan kenapa aku memberi isian cocopandan. Pertama karena aku ingin memberi nuansa pantai pada cemilanku. Ceritanya biar senada gitu ama tujuan traveling kami. Pantai, identik dengan pohon kelapa. Dan pas banget kalau cemilannya juga beraroma kelapa. Apalagi kalau minumannya kelapa muda. Jadi serba kelapa deh.. hihihi

Kedua, alasan nostalgia. Beberapa tahun yang lalu, saat aku ke Bali, aku bertemu dengan seorang ibu yang baik hati. Beliau ini ibu dari temanku yang tinggal di Bali. Aku disuruh tinggal di rumahnya yang sederhana tapi penuh cinta. Setiap kami mau jalan-jalan, beliau selalu membawakan cemilan. Yaitu semacam molen yang isinya kelapa. Rasanya enak banget. Aku nggak tahu nama kuenya. Kusebut aja molen kelapa. Mirip dengan yang aku buat kali ini. Bedanya cuma bentuknya dan warna isiannya. Buatanku isiannya berwarna hijau karena kuberi tambahan pasta pandan, biar beraroma harum dan warnanya seger :D. Penasaran seperti apa wujud cemilanku? Ini dia penampakannya..


Ada yang penasaran juga gimana cara bikinnya? Baiklah, aku tulisin resepnya, siapa tahu ada yang mau coba. Nanti aku sharing di postingan berikutnya, karena sekarang aku mau makan siang dulu.. hehehe.. Met istirahat teman ^^




Reactions:

19 comments:

  1. Ya ampun, Mba, dirimu ini keren sekali, suka bikin cemilan-cemilan beginian!!! Molen cocopandannya bikin ngiler. Walo aku udah maksi, jadi laper lagi demi ngeliat penampakannya >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. aiih dirimu suka memuji dirikuh yg biasa aja ini.. hihii
      gampang kok say bikinnya.. yuk diintip resepnya :D

      Delete
  2. Replies
    1. ayuuk mampir lg.. udah aku tulis tuh resepnya ^^

      Delete
  3. Wah unik banget, bolen cocopandan. Saya juga jatuh cinta ama pastry yang ini setelah nyoba bikin bareng temen2 Dapur Aisyah Lampung ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikinanmu pasti keren bgt mak. Klo bikinanku ini sederhana aja, ga pk berlapis2 kulitnya :D

      Delete
  4. keliatannya enak banget kak covaa. aku mauuu :3

    ReplyDelete
  5. keliatannya enak banget kak covaa. aku mauuu :3

    ReplyDelete
  6. saya baru tahu ada molen isi cocopandan. Kayaknya enak dan pastinya wangi ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, rasanya lebih bervariasi.. Ini mah hasil rekayasaku sndri.. keknya dmn2 jg blm ada.. hihii

      Delete
  7. BAru tau ada molen cocopandan biasanya kan molen pisang, tetapi... saya tidak suka cocopandan. hahahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang cyiin.. isinya bisa diganti ama yg lain kok.. bisa pisang, tape, keju, durian, isi daging jg bisa.. hehehe

      Delete
  8. ibu dengan segudang prestasi, selain bakat jadi model dadakan dari sang suwami juga cocok untuk membuat logistik saat jalan jalan..wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. model dadakannya lg sepi order, jdnya kembali ke dapur deh.. hahaha

      Delete
  9. ha? ini bikin sendiri? kan susah bikin molen kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya say.. suer deh.. bikin sendiri loh akyu.. ga nyangka yak.. hihihi

      Delete
  10. Ngiler... Belum pernah tahu rasanya... Kreatif mbak ditunggu resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata anakku rasanya nyam..nyam.. hihii
      udah kutulis tuh resepnya

      Delete