Tuesday, July 15, 2014

Dari Pantai Indrayati ke Pantai Kukup

Pantai Indrayati

Kira-kira 2 tahun yang lalu aku mendengar nama pantai ini. Namanya cantik, Indrayati. Jarang banget nama pantai di Gunung Kidul sebagus ini, biasanya namanya aneh-aneh. Seperti Ngrenehan, Nguyahan, Ngobaran, Krakal, Sundak, atau Siung. Nama yang cantik membuatku penasaran, apakah pantainya sebagus namanya? Dan mulailah aku mencari info tentang pantai ini. Dari hasil gugling aku dapat pencerahan bahwa pantai ini nama sebenarnya bukan Indrayati, tapi Pantai Pulang Syawal. Pulang Syawal maksudnya pulang lebaran ya? Mungkin karena banyak yang mengunjungi pantai ini pas mudik lebaran.. hehe *sok tahu. Lalu kenapa sekarang namanya jadi Indrayati? Katanya, Indrayati itu diambil dari nama seorang pengelola swasta yang mengelola pantai ini. Jadi dulu Pantai Pulang Syawal belum dikelola dengan profesional. Nah setelah dikelola oleh pihak swasta namanya jadi Pantai Indrayati, dan konon pesonanya melebihi pantai-pantai di Gunung Kidul lainnya. Benarkah demikian? Yuks kita lihat langsung.

Kami sampai di pantai ini saat hari sudah siang, karena sebelumnya kami mengunjungi Pantai Pok Tunggal dulu. Ceritanya ada di postinganku sebelumnya. Jaraknya nggak jauh dari Pantai Pok Tunggal, dan petunjuk jalannya jelas. Intinya kami nggak menemukan kesulitan yang berarti untuk mencapai Pantai Indrayati, apalagi jalannya lebih manusiawi daripada jalan ke Pantai Pok Tunggal. Ya iyalah, namanya juga udah dikelola. 


Sampai di area parkir kami disambut oleh padatnya kendaraan yang parkir di sana. Wuih ramai loh. Padahal kami kesana pas hari kerja loh, dan bukan musim liburan. Bayangkan kalau pas lebaran nanti. Siap-siap aja ngeliat  lautan manusia #serius. Rupanya ketenaran pantai ini udah sedemikian hebatnya, hingga orang berbondong-bondong ingin menikmati keindahannya. Pantai ini sebenarnya memang indah, namun sayang, kerumunan manusia membuat pantai ini berkurang pesonanya di mataku. Aku yang abis menikmati Pantai Pok Tunggal yang eksotis dan lengang, jadi kaget melihat pemandangan pantai Indrayati yang sangat bertolak belakang. Ramee!


Bukan hanya ramai pengunjungnya loh, tapi beberapa unsur bangunan juga menambah semarak suasana pantai ini. Banyak kafe dan rumah makan yang didirikan di pinggir pantai, yang membuat pantai ini terasa penuh. Payung-payung pantai warna warni yang ditata dengan rapat satu sama lain, membuat pantai ini semakin padat. 

Mungkin inilah yang membuat orang-orang senang ke sini, bukan hanya karena pemandangannya yang indah, tapi karena fasilitasnya cukup lengkap. Namun bagiku, aku lebih suka tampilan pantai yang alami, sepi, dan lengang. 

Pantai Kukup

Hanya sebentar kami singgah di Indrayati. Yah sekedar memuaskan rasa ingin tahu aja. Ouu.. Ternyata kaya' gini pantainya. Di Indrayati kami nggak sempat foto-foto, karena suamiku udah hilang selera, jadi mau buru-buru ke pantai lain aja. Dan pilihan kami jatuh ke Pantai Kukup. Pantai ini udah lebih lama dibuka untuk umum dibanding Pantai Indrayati. Tapi sepertinya pamornya kini menurun, dikalahkan oleh Pantai Indrayati, sang primadona. Tapi jujur, aku justru merasa lebih nyaman di pantai ini. Suasananya tenang, nggak terlalu ramai, pantainya juga lumayan luas, cocok banget untuk leyeh-leyeh saat sore hari begini. Duduk-duduk di pinggir pantai, bercengkrama bersama keluarga, sambil menunggu senja. Indah bukan? Apalagi kalau diselingi dengan acara ngemil bersama. Untuk urusan cemilan, nggak perlu repot-repot bawa bekal, soalnya di area pantai ini banyak penjual cemilan ikan-ikanan. Seperti ikan goreng, udang goreng krispi, peyek, dan kripik rumput laut. Cocok juga buat oleh-oleh. Dan harganya cukup bersahabat.

Seperti inilah suasana sore di Pantai Kukup.. tenang dan teduh.. :)

 


Happy traveling ^^



Reactions:

33 comments:

  1. wahhhh cantik bangetttt pantainya mbak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. pantai di sini emang cantik2.. cocok deh buat turiscantik.. hihii

      Delete
  2. Waa pantai kukupnya asik banget yaa.. bener-bener teduh dan berasa privat buat liburan keluarga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. enak bgt deh leyeh2 di sini.. sambil main2 ama anak2 jg seru loh :D

      Delete
  3. Wah cantik ya pantainya... aku belum kesitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Huda apa kabar? ayo liburan kesini, biar seger.. hihii

      Delete
  4. bagus pantainya.. jadi ingin kesana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayukk silahken.. biar tambah rame.. :D

      Delete
  5. Kayak nama orang... Perempuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha baru saja saya mau komentar (ini) eh sudah ada yang mewakili. Sepakat Nama Pantainya mempunyai kemiripan yang amat tinggi dengan nama seseorang Nama Orang

      Delete
    2. ciee.. kalian kok pikirannya sama.. sehati nih.. hihiii

      emang nama org kok.. katanya sih nama pengelolanya

      Delete
  6. indah banget, paling demen kalo kunjung kepantai

    ReplyDelete
    Replies
    1. pantai emang ga pernah ngebosenin :D

      Delete
  7. waaahh saia udah prnah ke pantai kukup,kereen bgt.pngen bgt menyusuri smua pantai yg berjajar di gunung kidul,belom kesampaian ni hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jg suka ke pantai kukup.. tempatnya teduh, banyak makanan pula.. hihiii

      Delete
  8. Dipantai kukup kayak nya seger banget dehhh :)
    jadi pengen deh kesana... tapi kejauhan ah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enak buat berendam.. Hihii
      Emang tinggalnya dmn?

      Delete
  9. uwaaaaaa...keren banget pantainya,coba mbk kapan2 ke batam,pantainya banyak yang sepi hehehe.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah pengeen.. Kapan ya bs liburan ke batam? Smoga kesampean :D

      Delete
  10. Pantainya masih tampak asri ya....keren..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak pepohonan, jdnya asri :D

      Delete
  11. Aku belum pernah ke Indrayanti...[adahal muk sak nyuk soko Jogja ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo kesini.. Moso' kalah ama org luar jogja.. Hehe

      Delete
  12. aku pernah kesana dan sukaaa sekali kalo bete kesana.... tp sayang skrg aku gk di jogja lg, jd kalau bete susah cari pantai indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuu.. Pantai yg keren bs jadi obat bete.. Hihii

      Delete
  13. memang indah ya, pantainya...
    Mak cova jalan2 aja nih.... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini sekali jln aja kok.. Seperti kata pepatah.. sekali jln 2-3 pantai tersinggahi.. Hihihii

      Delete
  14. sama. Saya juga suka males kalau main ke pantai yang rame. Kurang asik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hu uh.. Berasa sumpek gt kalo kepenuhan org

      Delete
  15. cantik ya, sayang belum ke indrayanti hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liburan nanti bisa dicoba kesini :D

      Delete