Tuesday, December 27, 2011

My First Sushi 'n Sashimi

Semua berawal dari obrolanku dengan Mbak Ambar ‘n friends. “Pada doyan sushi nggak?” tanya mbak Ambar. “Doyaaaaan...!! jawabku dengan penuh keyakinan. Padahal dari lahir hingga saat itu, aku sama sekali belum pernah mencicipi sushi. Tapi sebagai penggemar “all about Japan”, adalah suatu keharusan bagiku mengenal makhluk bernama sushi itu. Apalagi kuliner yang biasanya hanya kulihat di film dan drama Jepang tersebut, memang lucu dan imut, terlalu menggoda untuk tidak dicoba.


Singkat kata singkat cerita, akhirnya kami mendatangi sebuah resto Jepang di Cilandak Town Square. Sesuai dengan namanya, Little Takigawa, tempat itu memang tidak besar. Di sana hanya terdapat sekitar 7 buah meja, dan semuanya terisi. Walaupun tempatnya kecil, tapi menu yang disajikan sangat lengkap. Berbagai jenis sushi dan sashimi ada di sana, ramen, udon, okonomiyaki, dan masih banyak lagi menu-menu lain yang terdengar asing ditelingaku. Dasar katrok ya.. hehe..

Saatnya memilih menu nih. Aku dan Mbak Ambar mulai memilih-milih menunya. Banyak sekali menu yang tak kumengerti, tapi sok-sokan milih.. hehe. Sedangkan dua temanku yang lain, Mas Gie dan Keke hanya pasrah dengan menu pilihan kami. Atas saran Mbak Ambar, kami memilih fushion sushi yang bahan dasarnya semua matang. 


Sip.. dari minuman, makanan pembuka, utama dan penutup, sudah di pesan semua. Tiba-tiba mbak Ambar menantangku “Mau coba sashimi nggak? Yang salmon sashimi aja”. “Sashimi kan ikan mentah, ih ngeri deh.. Gimana makannya ya.. Pesen.. Nggak.. Pesen.. Nggak..  Duuh.. aku paling ga bisa ditantang gini deh, pasti aku jadi pengen nyoba” kutimbang-timbang dalam hati. Sekilas kulirik harganya di menu, wah mahal juga, kalau ternyata aku ga doyan sayang juga ya. Tapi kapan lagi aku mencoba menu aneh-aneh begini? Okelah, siapa takut.. anggap saja ‘buying experience’. Pesan 1 porsi sashimi salmon!


Tak lama kami menunggu, akhirnya menu-menu yang kami pesan keluar satu per satu. Inilah menu pilihan kami:
Minumannya berupa Ocha, ini tehnya orang Jepang, jadi semacam teh tawarnya warung sunda.. hehe..


Hidangan pembuka berupa steam putih telur. Rasanya gurih dan teksturnya lembut banget. Dihidangkan panas-panas. Enak loh.


Takigawa sushi. Saat melihatnya aku langsung jatuh cinta *lebay*. Cantik banget loh. Dan rasanya… huwaaa.. aku sampai berkaca-kaca menahan haru.. Aku beruntung bisa menikmati sushi pertamaku dengan rasa seenak ini, maknyuuus sekali..



Hot ‘n sexy sushi. Ketahuan dong ya dari namanya, pastinya sushi ini rasanya pedas. Tapi ternyata tak sepedas bayanganku. Karena cabe rawitnya dipisah. Di dalamnya ada telur ikan kering. Mmm.. tampilannya memang seksi, dan rasanya yummy, tapi tidak sedasyat sushi yang pertama.



Crunch-crunch roll sushi. Penampilannya biasa saja. Di dalamnya ada semacam kremesan, seperti yang biasa ada di ayam goreng kremes. Dan di atasnya ada potongan ikan. Kalau makan sushi ini, siap-siap saja kremesannya pada rontok.. hehe..



Sashimi salmon. Nah ini yang bikin deg-degan. Saatnya makan ikan mentah nih, sanggup nggak ya? Tampilannya sih menggoda, teksturnya kenyal seperti jelly. Dan saat digigit dagingnya terasa lembut dan segar. Tak ada aroma dan rasa amis sama sekali. Aku tak menyangka rasa ikan mentah bisa seenak ini.



Kokokuro. Ini cemilan semacam biscuit, tapi tidak sekeras dan sepadat biscuit. Ada rongga didalamnya. Cara makannya adalah dengan mencelupkannya ke dalam saus cokelat. Mmm.. nyam..nyam.. rasanya pas sekali.. tidak terlalu manis. 



Es krim Green Tea. Ini yang jadi favorit semuanya. Bagi yang lidahnya tidak cocok dengan sushi ‘n sashimi, mending pesan es krim ini saja. Dijamin pasti cocok di lidah. Es krimnya lembuuut, rasanya nagih.. hihihi..



Buat teman-teman yang berminat mencoba makan di sini, silahkan nabung dulu yah.  Karena harganya lumayan menguras kantong. Kalau aku sih cukup beruntung karena dapat gratisan, alias dibayari.. hehehe..  Terima kasih Mbak Ambar.. kau telah ‘meracuni’ kami dengan makanan seenak ini.. ^_^

Reactions:

36 comments:

  1. Waaahhhh waaaahhhh... harus nyoba nieeehhhh. Go...Go... Hunting japanese food. hehehe

    ReplyDelete
  2. wah, pengeeeeen..
    kakak penggemar jejepangan juga y? :D

    ReplyDelete
  3. hidangan pembukanya..cawan mushi dan edamame..takigawa rollnya kurang banyak..salah strategi menu..btw di margo city opening soon. maaf meracunimu dan teman-2...kuhanya ingin berbagi rasa yummy..smoga suatu saat ngumpul maning dg menu yg lebih yummy..

    ReplyDelete
  4. @Herry: ayo makan dulu.. hehehe..

    @tatang: ayo ayoooo... dicoba.. jgn lupa bagi2 ke aku yah.. hihihi..

    ReplyDelete
  5. @siAmang: iyaaah.. suka sekali jejepangan.. tambah lg nih yg kusuka dr jepang.. sushi 'n sashimi.. ^_^

    @mbkyu ayetea: oouu iya.. lupa namanya.. hehe.. Betul2.. kpn2 kita coba menu yg lain lg.. dgn strategi yg lbh matang tentunya.. makasih atas sushi pertamaku yg bgt indah.. hihihi..

    ReplyDelete
  6. hmmm baru bisa bayangin ... :)

    ReplyDelete
  7. @Mas Andhie: ayo direalisasikan :)

    @serumpunsite: maap ya jd bikin lapar.. hehe..

    ReplyDelete
  8. *brb ngences* xD gw inget pertama kali makan sasimi dan sushi , pengalaman menenggak 1 sendok makan wasabi xD

    ReplyDelete
  9. @garuru: wah ga kebayang deh gmn rasanya nenggak wasabi.. pasti nyengat bgt yak.. hihi..
    Pengalaman pertama slalu berkesan yah, jd pengen nyoba lg.. hehe..

    @Mr.Gie: rasanya seru yah.. sayang ga ada sushi endog asin.. hahaha..

    ReplyDelete
  10. Wuihh,, sushi nya,,, bikin nafsu ajah. Bagi-bagi donk.

    Salam blogger pemimpi, Resolusi Juara 2012

    ReplyDelete
  11. salah waktu kayaknya mampir kesini di dini hari dengan hujan deres dan perut kelaparan. aaaaaah ngiler jadinya liat gambar di postingan ini :d
    oh ya aku udah sembuh kok mba heheheheee.

    dan ternyata aku baru ngeh klo selama ini ba cova tinggal di jakarta toh aku fikir di yogya hehehehheee :P

    ReplyDelete
  12. wah klo kaya gini jadi pengen nyoba mbak, ayo mbak sekarang gantian sampeyan yang ngasih gratisan ke aku hihihi

    ReplyDelete
  13. sumpah i hate makanan jepang termasuk sushi,soalnya aku sering dikasih sama bos aku dikantor kalau pagi2 tapi aku kagak pernah bisa makan itu,karena pas baru sampai dimulut rasa'a aneh & seakan lidah aja nolak buat masuk keperut,maklum orang kampung kali ya,wkwkw
    lebih suka,sama makanan Gudeg,Gado2,Nasi Goreng dah

    ReplyDelete
  14. @una: sini.. sini.. nyolek dikit.. hihihi..

    @cucu: boleh2.. bagi2 gambar 'n cerita aja ya.. hehehe..
    makasih ya dah mampir kesini ^_^

    ReplyDelete
  15. @shally: klo aku kapanpun liat gambar ini jd laper.. hihihi..
    Syukurlah dah sembuh.. jgn isengin kucing lg yak.. haha..
    Aku jg berharapnya tinggal di Jogja.. :D

    @Seageate: gmn klo kita saling ngasih gratisan.. haha.. (sama aja bayar sndri2) :D

    ReplyDelete
  16. @Andy: wah.. wah.. segitu ga sukanya yah.. bilang donk ke bos km, sushinya kasihin aku ajah.. haha.. *ngarep*

    ReplyDelete
  17. aihhh enaknyaa... jadi lappperrr.... >,<
    salam kenal yaaa^^

    ReplyDelete
  18. Singkat kata singkat cerita aku dan dia jatuh cinta 'kaya lagu jadul'..

    ga tahu tapisok pilih-pilih 'ketawa'.. tapi Mba Cova orang jujur banget..
    Kalo aku bingung bukan karena gak tahu menuya ap?, tapi itung uang dikantong Mba Cov...

    ReplyDelete
  19. @choirunnangim: haha.. jadul yak.. *duh ketauan deh aku angkatan thn brp.. :))
    sbnrnya mslh kantong jg sih, mikir gmn caranya dgn data terbatas tp dptnya banyak.. hihihi <<< komen anak ekonomi :D

    ReplyDelete
  20. melihat foto kuliner japanis yang terbayang nikmatnya...terbayang-bayang dengan tanda tanya..kapan ya kuliner indonesia bisa juga jadi salah satu idola di negara lain, ataukah sudah ada negara lain yang meng-idolakan indonesian kuliner namun aku tak tahu karena ku ndeso plus katrok' :-)

    ReplyDelete
  21. @Blogs of Hariyanto: kalau dr yg pernah kubaca sih, mnrt survey CNN. makanan Indonesia yaitu rendang merupakan makanan terlezat di dunia, disusul nasi goreng. Nah baru deh si sushi ini masuk ke urutan ke-3. Berarti rendang lbh banyak diidolakan donk dibanding sushi.. hehe.. Jd rendang terkenal jg di negara lain.. ^_^

    ReplyDelete
  22. mbak menyesal membaca ini, jadi lapar sih, hh...

    ReplyDelete
  23. @Thanjawa Arif: jgn menyesal donk.. itu tandanya postinganku bisa menambah napsu makan.. hahaha..

    ReplyDelete
  24. Ya Allah...
    ngiler akuuu~~
    gimana rasanyaaaa? <3 slurrpp.. hahahaha *gubrak! jadi ngebayangin~
    beliin dong, cova..

    ReplyDelete
  25. @Nurmayanti Zain: rasanya maknyuuuuusss.. bikin ketagihan.. hihihi..
    tunggu aku dpt gratisan lg yak.. hahaha *ga modal*

    ReplyDelete
  26. sushi ma urap apa bedanya ya...??
    :P
    tp makanan jepang emang bentuknya bikin ngiler...
    :)
    namun sayang saya blm pernah makan...
    :P

    ReplyDelete
  27. @zone: jauh amat mbandinginnya ma urap.. hahaha.. klo mnrtku sih sushi itu mirip lemper... haiyaah... hihihi..
    Sekali2 cobalah.. klo ga doyan kasihin aku aja.. :D

    ReplyDelete
  28. salah masuk nii, pagi" baca kayagini langsuung lapeer >.<

    ReplyDelete
  29. @widiati: hihihi.. jd bayangin makan sushinya yach.. enak bgt loh.. *biar tambah ngiler* :D

    ReplyDelete
  30. wah enak...
    mau donk...
    :)
    tp aq doyan ga ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak loh.. tp emang ga semua org cocok ma rasanya. Coba aja sekali2, sapa tau mlh ketagihan.. hihi

      Delete
  31. kayaknya enak. jadi pengen nyoba >.<

    ReplyDelete