Wednesday, April 18, 2012

Berwisata ke Monas Yuk!

Siapa sih yang tak kenal Monas? Seluruh penjuru nusantara pasti tahu ikon kota Jakarta ini. Dan kebanyakan orang-orang di luar Jakarta berpendapat, belum berasa ke Jakarta kalau belum ke Monas. Jadi wajarlah kalau Monas ini di hari libur banyak dikunjungi pelancong, bukan hanya dari ibukota saja, tapi kebanyakan malah dari luar kota. Sedangkan aku yang lama tinggal dan bekerja di sekitar Jakarta malah kurang tertarik mengunjungi monumen setinggi 132 meter ini. Sebenarnya hanya satu alasan kenapa aku malas kesana, karena panas.. takut meleleh.. halah.. hehe..



kami dari kampung nih.. :D

Pertama kali ke Monas saat aku masih ABG, masih jaman pacaran.. ciee.. :D. Yang kuingat waktu itu, Monas itu panas sekali. Maklumlah, Jakarta memang panas, dan Monas ini terletak di pusatnya Jakarta, dengan area terbuka yang sangat luas di sekitar monumen tersebut. Dari jalan raya menuju monumen tersebut jauh sekali. Sebenarnya disekitarnya ada taman dan pepohonan rimbun, tapi letaknya agak jauh dari Monasnya. Jadi kalau mau masuk ke Monas,  ya harus rela berpanas-panas ria. Dan sejak kunjunganku ke Monas untuk pertama kalinya itu, aku tak berminat untuk kembali lagi kesana.. hingga hari itu. 


***


“Mama, Ariq pengen ke Monas..” rengek anakku. Entah kenapa Ariq penasaran sekali dengan Monas, padahal aku malas sekali ke sana. Tapi demi memuaskan rasa penasaran anak-anakku, kamipun memutuskan mengunjungi Monas di saat long weekend kemarin. Jadi, saat orang-orang berbondong-bondong pergi ke luar kota, kami sekeluarga berlibur di ibukota saja. Dan inilah liburan kami di Monas! 


Ada apa sih di Monas? Tentu saja ada monumen yang menjulang tinggi, dan di bagian bawahnya ada ruangan museum yang berisi tentang sejarah perjuangan bangsa. Kita juga bisa naik sampai puncaknya untuk melihat pemandangan kota Jakarta dari ketinggian. Tapi berhubung kami tak ingin berpanas-panasan, dan tak ingin susah payah antri, maka kami tak masuk ke bagian dalam Monas. Kami hanya berwisata di sekitar Monas saja, yaitu di bagian tamannya saja, sambil melihat Monas dari kejauhan. 


Monas dilihat dari taman



Ternyata Monas sekarang sudah banyak berubah dari sejak kunjunganku yang pertama kali dulu. Sekarang kondisinya lebih tertata dan terawat, dengan kehadiran taman kota yang asri dan rindang. Tak hanya itu kelebihan taman kota ini. Di taman Monas ini ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan dengan beragam fasilitas yang ada. Di antaranya ada air mancur menari, area terapi refleksi kaki, ada lapangan untuk olahraga, dan yang tak kalah menarik adalah kehadiran rusa-rusa manis yang konon didatangkan dari Istana Bogor.


rimbunnya taman Monas
berasa di hutan ya.. hehe..
rusa yang manis ^_^


Alhamdulillah, walaupun hanya melihat Monas dari jauh, tapi anak-anak tetap merasa senang dan tidak bosan. Itu karena banyak objek yang menarik buat anak-anak. Diantaranya anak-anak bisa naik delman mengelilingi Monas dan bermain-main dengan kawanan rusa yang ada di taman tersebut. Sungguh menarik saat melihat gerombolan rusa itu, bagaikan ada di tempat yang jauh di luar kota, dan membuatku lupa kalau sedang berada di ibukota. Ternyata di tengah-tengah kota Jakarta, masih ada tempat yang rindang seperti ini. Sementara anak-anak asyik bermain-main dan memberi makan rusa, aku dan suami leyeh-leyeh saja di bawah pohon rindang sambil mengambil beberapa foto. Nah, buat warga Jakarta yang ingin berwisata murah meriah, ayo ke Monas saja.. hehe..

♫♫ naik delman istimewa.. ku duduk di muka..♫♫

bergaya dulu :D

Oh iya, saat pulang kami naik kereta commuterline dari stasiun Gambir. Tak disangka, ternyata keretanya lega oh, tak berdesak-desakan seperti hari-hari biasa. Dan kami bisa memilih tempat duduk. Bangkunya empuk seperti bangku sofa, dan ACnya dingin.. hehe. Aah.. nyamannya.. :)  


suasana kereta yang lega
Reactions:

61 comments:

  1. jadi pengen ke monas...

    kapan ya aku bisa kesana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayolah kapan2 liburan ke jakarta.. hehe.. :D

      Delete
  2. sy sdh berkarat di indonesia tp blom pernah ke monas.., apa kata dunia..??! hehe..

    btw itu anak dan suami ya..?? *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. berkarat.. tp blm berlumut kan?.. hihihi..

      hehe.. iyaaa.. *blushing

      Delete
  3. whahhahaa..sampai setua ini saya juga belum pernah ke MOnas lho? #parahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuuh.. jeng ririe gmn toh? yuuuk kuanterin ke Monas.. haha.. *nggandeng lengan jeng ririe.. :D

      Delete
  4. asyik ni ke Monas...
    aq jg baru sekali ke Monas...
    itu aja hanya karena mampir...
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh aku jg baru 2 kali kesana.. biasanya cm lewat doank.. hehe..

      Delete
  5. http://zonesa.blogspot.com/2012/03/asik-ke-jakarta-red-kemenkeu.html

    :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku udah bacaaa.. hihi..

      eh km tuh wong mgl toh?

      Delete
  6. waaah klo dr sini berat di ongkos mau ke monas sobat hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ouuu.. jauh dr ibukota ya.. gpp.. sapa tau kpn2 ke jkt :D

      Delete
  7. Eh, kok aku nggak diajakin sih? Kan aku pengen naik delman, Mamaaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya nak.. delmannya ga muat.. kebanyakan penumpang.. hihihi..

      Delete
  8. Pengen bget ke Monas tapi sayangnya rumahQ jauh baget

    ReplyDelete
    Replies
    1. ouu iya.. di luar jawa ya..
      eh sapa tau suatu saat nanti ke Jkt, bisa mampir deh.. hehe..

      Delete
  9. Klo orang Jakarta ke Pekanbaru pake logat lu gwe, pasti aku bilang: Monas jangan dibawa kesini dong! Hahaha.... *jadi teringat*

    Pasti seneng nih udah having fun sekeluarga! ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. ternyata Monas tuh terkenal bgt ya di pekanbaru.. hihi.. *bangga.. halah :D

      Iya say, having fun di t4 yg dkt2 aja lah.. yg penting seru :)

      Delete
  10. aduh mbak cova.. Kalau si monah cik awi pernah lihat tapi kalau tugu monas belum pernah singgah cuma nglihat selewatan dari jalan huh..nyesel

    ReplyDelete
    Replies
    1. si monah tetangga depan rumah cik awi ya.. haha..

      ayolah sekali2 singgah.. tak kenal maka tak sayang.. hihihi..

      Delete
  11. Hihi padahal asik tuh kalau di atas.
    Kena angin seruuu :D
    Aku juga sudah lama gak monas nih hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. iyaaa.. tp males ngantrinya.. hehe.. :D

      Aku jg br 2 kali say.. klo lewat sih sering :D

      Delete
  12. MONAS oh MONAS... Menyimpan kenangan Yang cukup indah.
    Ingin rasanya main lagi kesana bersama teman2 ana, sambil bernostalgia..
    Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuiiiih.. yg lg terkenang2.. hihi..
      pasti seru ya, rame2 kesana.. Met bernostalgia yach
      ^_^

      Delete
  13. sya sendiri lahir dan besar di Jkt...belum pernah naek keatasnya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah gmn sih? moso' org jakarta blm pernah naek Monas.. hihihi..

      aku jg baru sekali.. hehe..

      Delete
  14. Monas bosen mba,hampir setiap weekend kesitu naik sepeda,kalau mau ke Jakarta tuh yang paling asyik Pasar Baru di Harmoni,pasar dengan nuansa eropa peninggalan nenek moyang jaman belanda tapi masih tetap terjaga,hampir kaya di Braga Bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jd pengen ke pasar baru lg nih.. udah lama bgt ga kesana. Dulu waktu msh gadis sering kesana.. hehe..

      Delete
  15. aku pernah ke Monas lhooo.. tapi waktu itu udah mau jam 5 sore, dan pintu mau ditutup, alhasil cuma sempet naek ke atas dan ngeliatin pemandangan sekitar lewat atas.. keren kok. hehehhehee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah dpt pemandangan pas sore malah lebih keren tuh.. hehe
      jd pengen naek lg deh :D

      Delete
  16. waktu baca diawal-awal sempat hilang niat mau ke monas, pas baca pertengahan sampai akhir niat mau kemonas kembali muncul...apalagi liat delman ya..kapan ya gue ke jakarta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayolah ke ibukota.. liat2 monas.. hihi..
      delmannya seru yaaa.. ^_^

      Delete
  17. terakhir ke Monas bulan februari lalu,
    sangat tidak nyaman :(
    ketika kami memilih rindangnya pepohonan untuk duduk2 sekedar melepas lelah
    ehhh segerombolan semut merah yang besar itu ikut ngariung
    pindah ke tempat lain pun sama halnya
    ya udah deh, terpaksa pulang aja.
    padahal anak2 sedang senang2nya bermain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jg males ke monasnya, jd cm leyeh2 aja di tamannya. Klo anak2 sih suka bgt main2 di situ.. hehe

      Delete
  18. dulu ketika liburan kuliah saya pernah ke Jakarta, tapi sayang sekali saya tidak ke Monas. Akhirnya, hingga sekarang saya belum pernah ke monas. Semoga ga lama lagi deh.... bisa ke Monas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo sekali2 mampir ke monas.. buat nambah pengalaman.. hihihi..

      Delete
  19. aku takut ke monas, karena masih ke Ingetan sama insiden di tugu tani -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah insiden itu emang bikin trauma ya.. -__-

      Delete
  20. wah...saya malah belum pernah ke Monas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mas.. kpn2 moto2 monas.. hehe..

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. cakepan di satnight -fotonya pasti tambah keren plus lebih rame ga panas pula he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. ouu.. gt ya.. boleh jg dicb kapan2.. hehe..

      Delete
  23. tapi kalo minggu pagi beuuh.. lebih rame lagi. dan yang bikin males tuh jadi banyak sampah di mana-mana. saya biasa lari pagi dari kosan ke monas kalo hari minggu, seru tapi bikin males juga. Kok orang kita gak sayang tempatnya sendiri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo rame bgt malah bikin males ya. Mending pas sepi, kek pas aku kesana kmrn.. Tp pas di monasnya ttp aja penuh, tp ga sepenuh hr minggu keknya

      Delete
  24. i thik that is in indonesia right?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes! absolutely right.. It's indonesia.. :)

      Delete
  25. seumur hidup ga pernah ke monas hiiikzzzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mi.. kapan2 jln2 ke monas.. hihi.. :D

      Delete
  26. kangen jakartaaaa .___.
    lovely blog ;)
    <3

    http://andaemond.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ke jakarta lg.. :D

      thanks ya.. ^_^

      Delete
  27. Mending ke monas itu malam aja mbak..adem soalnya hehe monasnya juga kelihatan bagus karena ada lampu yang menyorotnya dari bawah..kalo siang puanas banget emang, jadi makin gosong deh hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya jg ya.. jd pengen kesana malem2.. blm pernah.. hehe..
      keknya romantis jg ya.. hihihi..

      Delete
  28. saya ke monas 20 tahun lalu, ketika masihumur 8 bulanan. sekarang hanya bisa tersenyum jika melihat foto keluarga yang berpose didepan monas sambil menggendong anak kecil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. huaaa.. dah luamaaa bgt ya.. hehe.. Emang pas bgt deh buat wisata keluarga.. 'n buat foto keluarga.. :D

      Delete
  29. dari sekian banyak kawasan hijau yang tersisa di jakarta, monas adalah salah satu-nya...senangnya bisa sekeluarga jalan-jalan ke monas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener.. smoga kawasannya hijaunya ttp ada selalu ya.. kalau bisa ditambah.. :D

      Delete
  30. AKu kagak pernah ke sana. hiks hiks hiks?

    ReplyDelete
  31. wah.. kenapa ga sekalian asuk ke dalam mba... hihihi...

    eh enaknya yah.. ternyata sekarang jakarta dah ada commuterline.asikk... ^_^

    ReplyDelete