Tuesday, April 03, 2012

Kue Dorayaki ala Cova

Bagi teman-teman yang suka atau pernah nonton film Doraemon, pasti tahu dong kue dorayaki. Kue kesukaan Doraemon ini memang tampaknya lezat sekali. Gara-gara Doraemon pula, aku sejak kecil sudah penasaran sekali dengan kue dorayaki ini. Dan setelah belasan tahun berselang, barulah rasa penasaranku terjawab. Karena sekarang aku tak hanya bisa membayangkan, melihat, menyentuh dan merasakan, tapi aku juga bisa membuatnya sendiri. Ternyata membuat kue ini caranya sederhana, mudah dan murah loh. Jadi siapapun dijamin bisa membuatnya. Tapi kalau teman-teman tidak mau ribet, tentu lebih praktis membeli yang sudah jadi saja. Dan dijamin harganya mahal. Seperti kue dorayaki yang aku beli di acara Animaku no Hibi yang lalu, harganya Rp 7000 per buah! Padahal kue dorayakinya kecil loh, cuma sebesar kue lumpur biasa. Jadi lebih murah meriah membuat sendiri kan? Rasanya dijamin yummy!



Oke, tanpa panjang lebar lagi, berikut ini aku share resepnya untuk ibu-ibu, mbak-mbak, adik-adik remaja putri sekalian yang ingin mencoba membuatnya. Eh buat bapak-bapak dan mas-mas juga boleh kok.. hehe.. Yuk disimak!


Bahan:
- 4 butir kuning telur
- 3 butir putih telur
- 200 gr gula pasir
- 300 cc susu cair
- 275 gr terigu
- 1/2 bungkus fermipan
- 35 gr mentega (dicairkan)
- garam, vanili, meses, selai (sesuai selera)


Cara membuatnya:
- Telur dan gula dikocok sampai mengental, lalu masukkan susu cair dan terigu bergantian. 
- Masukkan juga fermipan, garam, vanili, dan terakhir mentega cair. Aduk-aduk hingga rata
- Diamkan adonan ini 1 jam, baru kemudian dipanggang
- Tuang adonan ini kedalam cetakan. Aku memakai cetakan Snack Maker, seperti gambar di bawah ini
   Jadi dorayakinya bentuknya bermacam-macam, tak hanya bundar.



- Beri meses atau selai sesuai selera. Panggang hingga matang (tak perlu dibolak balik)
- Tutup dengan kue dorayaki yang lain.
- Kue dorayaki siap disajikan


Selamat menikmati ^_^
Reactions:

57 comments:

  1. hhmm...benar-benar menggoda ne... tapi kalau beli dengan harga 7.000 dapet kecil gitu mahal banget ya...

    oh iya aku kemaren habis baca tulisan sebelum ini tuh langsung ngrasain mie ramen di Jogja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hu uh ya mahal.. mknya mending bikin dorayaki sndri.. :D
      wah langsung nyobain ramen nih.. yummy yak .. hehe..

      Delete
  2. ooohhh, itu namanya kue dorayaki ya..#taunya cuma makan sih..

    Gak jauh kayak bikin apem ya Mbak, hanya beda di bahan bakunya...#sok teu

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. iya.. dorayaki tuh apemnya org jepang.. hihi..

      Delete
  3. sepertinya aku tertarik mencobanya^^

    tengkiu mbak cova udah share bahan2nya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo say.. dicoba.. enak loh.. hehe
      sama2 ^^

      Delete
  4. wow..., bentuknya memang menggoda ya...., kalo membuatnya ngumpulin anak-anak dulu, terus rame-rame buat adonan dst, tentu asyik ini...., mksh atas resep dorayakinya ya, Mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. dijamin anak2 pasti suka deh.. asyik 'n seru pastinya.. hehe..

      Delete
  5. dorayakii :9 kalo yang umumnya itu isinya kacang merah kan, kak?

    menggoda sekali bentuknyaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, aslinya isinya kacang merah. Tp aku maunya yg praktis aja, jd pake meses or selai aja.. hehe.. rasanya ttp yummy kok.. :D

      Delete
  6. Waaahh terlihat sungguh ni'mat.. Ana harus coba membuatnya niihh. Syukron atas resepnya.

    <'@II< maH-Taj ^_^ !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo dicoba.. gampang kok bikinnya.. anti gagal.. hehe..

      Delete
  7. klu lihat diflm doraemon sepertinya lebih coklat ya?
    jd penasaran pgn rasain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu edisi kartunnya, jd lbh coklat.. haha..
      ayo silahkan dicb :D

      Delete
  8. Pake oven ya cova?
    Klo pake oven, terpaksa aku bookmark dulu sampe punya oven ^^
    Hihihi...

    Mmmm, klo dikasih kacang merah seperti dorayaki pasti lezat banget kan yak?
    Sluuuurp!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga pk oven kok say.. itu cetakannya kek wajan gt, jd lgsg ditaruh diatas kompor aja.. ga ribet kok..

      hu uh.. hrsnya pake kacang merah, tp ga ada. Jd biar praktis aja kacang merahnya diganti meses ato selai.. hehe.. *ga mo repot* :D

      Delete
  9. wiken bikin lg ya mam.... yummy

    ReplyDelete
  10. waw. mauu, tapi males bikinnya hhehehe :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. ntar klo aku bikin.. boleh kok mampir ke rmh.. hihihi..

      Delete
  11. kue dorayaki tu nama lainnya kan kue apem....
    :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya deh.. kue apem jg boleh.. -__-

      Delete
    2. kalo ga boleh kue apa mbak...??
      :P

      Delete
  12. Replies
    1. boleh2.. silahkan bikin sndri.. hahaha.. :P

      Delete
  13. kalau aku senengnya beli mba,soalnya kalau bikin rasanya pasti kagak karuan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli emang ga ribet 'n dijamin rasanya oke.. hehe..

      Delete
  14. Beli kemahalan buat pun kaga bisa mening minta aja deh mbak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke2.. minta jg gpp kok.. ntar klo aku bikin lg ya.. :D

      Delete
  15. Mahal amat sob, masa 1 kue dorayaki di hargai 7000. Kalau bisa buat sendiri, enakan bikin sendiri sob. Bisa di makan rame-rame pula. Kan asyik sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. mending bikin sndri, modalnya murah, hasilnya banyak, puas makannya.. hehe

      Delete
  16. Aku pernah makan, rasanya kayak pancake. Maniiiss banget. Itu yang aku makan dulu sih, coba bikin sendiri ah... makasih resepnya, teman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hu uh, emang mirip pancake..
      iya.. sama2.. :)

      Delete
    2. Siiip...
      Kunjungan siang, teman :)

      Delete
  17. wah ,, kayaknya enak nih ^_^

    ReplyDelete
  18. wah sepertinya enak :D , praktekin ah~

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo dipraktekin.. klo dah jd bagi2 yak... hihihi..

      Delete
  19. wah boleh nih jadi chef...

    ReplyDelete
  20. dari namanya kaya nama makanan jepang, tapi kaya mirip2 martabak loh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini emang makanan jepang..
      adonannya emang mirip martabak :D

      Delete
  21. haha mane la nak cari acuan tu ye.
    penat cari tapi tak jumpe jumpe hmmmmm :(

    ReplyDelete
  22. mbaaaaaa cova :D hehehheheeee
    beri aku kue dorayaki doooooooong
    hehehheheeee.saya mulai di jejakshally kembali mba hehehee :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saliiiiii... welcome back.. miss uuuu.. muach.. muach.. *kalungi kembang*

      buat sali boleh ambil dorayakinya sepuasnya.. hihihi..

      Delete
  23. onde mandeee... mampir disini bikin ngiler euyy..

    mupeng...mupeng...

    bookmark ahh. besok coba bikin deh. hohhoh

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba ya.. jgn lupa bagi2 klo udah jd.. hihi..

      Delete
  24. ini y mbak resepny...*wohoo!
    pengen coba, tapi cetakanny it nyari dmana y mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kbetulan aku dptnya pas ada demo panci di arisan ibu2 komplek. Mgkn di toko alat2 dapur ada kali ya..

      Delete
  25. Cetakannya lucu deh mbak. Tapi kayaknya kalau mau coba, pakai wajan teflon mungil aja, nggak punya cetakannya hihihi. Btw, dorayaki aslinya pakai semacam kacang merah yang dihaluskan gitu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya tuh.. bisa juga pake teflon.. hehe
      iya betul say, pake kacang merah.. tp aku agak males bikinnya.. hehehe

      Delete