Thursday, December 13, 2012

Goa Buniayu, Kecantikan yang Tersembunyi

Kecantikan itu nyata, walaupun ada di kegelapan - Cova-


kecantikan yang tersembunyi ^^

Traveling bersama keluarga dan teman-teman dekat itu sudah biasa. Tapi kalau traveling bersama dengan orang-orang yang belum dikenal sebelumnya itu merupakan pengalaman baru bagiku. Bersama orang-orang baru tersebut aku dituntut bisa bekerja sama mengatasi medan yang sangat sulit. Dan Tukang Jalanlah yang mengenalkan sensasi petualangan tak terlupakan ini padaku, dengan tripnya yang diberi judul Caving ke Goa Buniayu.

Caving atau menjelajah goa memang sebuah trip yang tidak biasa. Aku sempat ragu saat Dwi, si empunya Tukang Jalan, menawarkan trip ini padaku. Terbayang suasana goa yang gelap gulita, dengan makhluk-makhluk yang ada di dalamnya. Bagaimana nanti kalau ada lipan, kelabang, lintah dan kalajengking.. Hii.. Serem ah. Ditambah lagi ada yang bilang "Ini kan musim hujan, apa nggak seram tuh masuk goa? Ntar klo kena longsor gimana?". Haduuh.. Bikin nyali makin ciut saja. Tapi Dwi, pemuda yang arif dan bijaksana ini, (uhuk! Smoga trip selanjutnya aku digratisin.. Hahaha.. Ngarep :P), berhasil meyakinkanku bahwa trip ini aman. Dan tentunya aku tak meragukannya, mengingat nama Tukang Jalan yang sudah cukup berpengalaman malang melintang di dunia traveling. Okeh mari kita berangkat!

kostum naruto
Buniayu adalah nama sebuah goa yang ada di daerah Sukabumi. Untuk mencapai tempat tersebut diperlukan waktu selama 4-5 jam jika ditempuh dari Jakarta. Goa Buniayu disebut juga Goa Siluman. Namanya seram ya. Entah kenapa disebut demikian. Dan mungkin untuk menghilangkan kesan seram itu, maka nama Buniayu lebih dipopulerkan. Buniayu yang artinya kecantikan yang tersembunyi, memang lebih pas untuk goa ini. Melihat foto-fotonya yang banyak tersebar di internet yang begitu memukau, membuatku tak sabar untuk menyaksikan keindahannya langsung.

Jum'at malam aku bersama 26 peserta trip lainnya berangkat dari Jakarta. Sampai di buniayu sekitar pukul 01.30 dinihari. Dan penjelajahan goa baru dimulai pada jam 7 pagi. Alhamdulillah, pagi yang sangat cerah hari itu. Dan kecemasanku akan cuaca yang buruk langsung sirna, berganti dengan rasa percaya diri bahwa aku akan bersenang-senang hari ini.

Kami dibagi menjadi 3 tim. Dan masing-masing tim, didampingi oleh 1 orang kru dari Tukang Jalan, dan 2 orang pemandu. Sebelumnya kami diwajibkan mengenakan seragam yang keren.. Hihi.. Lihat saja warnanya yang mencolok, warna orange, warna kesukaanku. Modelnya juga tak kalah keren. Coba lihat fotoku ini. Ada yang bilang mirip pekerja tambang, ada yang bilang mirip petugas kebersihan. Tapi kalau aku bilang ini mirip kostumnya Naruto.. Hahaha.

tetap meringis walo deg-degan

Setelah berfoto-foto, kami siap-siap diterjunkan ke goa. Tapi harus jalan kaki dulu menuju mulut goa. Makin mendekati goa, aku makin deg-degan. Bayangkan, kami harus diturunkan dengan cara digantung dengan tali, menuju dasar goa, yang jaraknya sekitar 32 meter dari permukaan bumi. Adrenalin langsung terpacu, ngeri tapi excited, bercampur jadi satu. Begitu sampai di dasar goa, suasana gelap langsung mengintimidasi. Dan itu belum seberapa dengan kegelapan yang harus kami lalui selanjutnya. Konon, tingkat kegelapan paling tinggi di goa tersebut mencapai 4x kegelapan di luar goa. Yang disebut dengan kegelapan abadi.

pengembaraan dimulai
Selain gelap, menjelah goa tersebut juga tak mudah. Ada beberapa tingkat kesulitan yang harus kami taklukkan. Seperempat perjalanan, masih bisa kami lalui dengan berjalan biasa, walaupun harus ekstra hati-hati. Berpegangan pada batu-batu di goa wajib dilakukan, dan tak perlu ragu. Seperempat perjalanan selanjutnya mulailah kesulitan terjadi. Mulai dari memanjat, merunduk, hingga harus merangkak. Semua anggota tubuh harus digunakan. Beruntung aku rajin ikut yoga, jadi lebih fleksibel ketika harus melakukan pergerakan yang ekstrim :D. Tapi tetap saja tubuh pegal-pegal sesudahnya.

di manapun tempatnya narsis harus dijaga :P

Perjalanan yang sulit itu dijamin tak sia-sia, karena kami disuguhi pemandangan yang sangat menawan. Dinding-dinding goa yang biasa disebut dengan stalaktit dan stalakmit, mempunyai bentuk-bentuk yang indah, dan beraneka ragam. Ada yang seperti payung, ada yg seperti keris, ada yang bergerigi, ada yang berombak, bahkan ada yang bentuknya mirip alat kelamin manusia. Ada pula yang jika kita ketuk akan menimbulkan suara merdu, layaknya alat musik. Semua terpahat sempurna oleh alam. Sebuah pemandangan yang membuat decak kagum. Ingin rasanya berfoto-foto di setiap tempat, tapi waktu tak memungkinkan. Jadi kami harus puas dengan berfoto-foto di beberapa spot saja. Sungguh kecantikan itu nyata walaupun ada di kegelapan *ting!

istirahat sejenak

Setengah perjalanan sudah kami tempuh. Masih setengah jalan lagi. Lagi-lagi medannya makin parah. Karena kami harus bertarung dengan lumpur. Jangan tanya bagaimana rupa kami saat itu. Nyaris tak dikenali, karena sekujur tubuh penuh lumpur (asli bukan lebay :P). Beberapa kali aku harus berteriak minta tolong karena kakiku tersangkut di lumpur, dan aku tak kuat menariknya. Teman seperjalananku harus membantuku melepaskan kakiku dari jeratan lumpur. Haduuh.. Sungguh berat beban langkahku saat itu. Tapi itu belum seberapa dengan beratnya ujian kehidupan.. Haiyah.. :D

Tantangan yang bagiku paling sulit adalah ketika harus memanjat menggunakan tangga dari tali. Dengan tubuh licin dan sepatu boot yang penuh lumpur, aku harus mengerahkan seluruh tenagaku. Sungguh saat itu aku merasa seperti kelebihan berat badan. Ya Allah berat sekali tubuhku. Apakah seberat ini dosa-dosaku?

para bidadari lagi mandi

Setelah 4 jam menempuh perjalanan tak terlupakan. Akhirnya keluarlah kami dari goa, bagaikan bangkit dari kubur, dengan tubuh penuh lumpur, berjalan terseok-seok mirip zombie.. hihihi.. Dan zombie-zombie ini sangat haus dan kegerahan, tak sabar menuju air terjun yang dijanjikan. Curug Bibijilan. Setelah melepas semua kostum Naruto, aku segera menyeburkan diri di air terjun. Byuur.. Bbrrr.. Dingiiiiin.. Segeeer.. Saatnya zombie berubah menjadi bidadari.. Halah..

Special thanks to:
-    Teman 1 timku: Dwi, Ica, Elvi, Prima, Wanda, Rahne Putri, Ipi, Rani, Winda.. Makasih udah jadi teman-teman seperjalananku yang kocak dan seru abis.. ^^
-    Tukang Jalan, atas tripnya yang luas biasa ini *ini bukan iklan berbayar.. hanya ngarep gratisan aja.:))*
Bagi teman-teman yang ingin tahu tentang trip ini lebih lanjut, atau penasaran dengan trip-trip yang lain, bisa kunjungi websitenya Tukang Jalan.

Happy traveling ^^

Reactions:

55 comments:

  1. Happy traveling juga Mbak..

    TUh foto-2nya yg di gua bisa jelas ya? saya pernah ngambil foto pas di gua [WBL] hasilnya kayak bayangan duang dengan bola mata yg menyala kayak mata kucing di malam hari deh.

    Btw, Curug Bibijilan keren euy. Mirip deh dengan imaji tempat mandinya para bidadari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu motonya pake flash.. trus pas moto jgn sampe goyang, biar ga berbayang, 'n ga kabur :D

      bidadarinya jg cantik2 loh.. hihihii

      Delete
  2. wah, bener2 sukse iklannya.
    jadi penasaran pengen ikut trip yang panuh petualangan
    hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo2 monggo diikuti.. dijamin berkesan :D

      Delete
  3. Traveling bersama orang yang tidak dikenal juga sering diasosiasikan dengan kegiatan bersama dengan tujuan yang kebetulan saja sama. Sebagai contoh mudahnya adalah saat naik KM Lawit pulang kampung dari Pontianak ke Jakarta misalnya.

    Semua penumpang di kapal yang arahnya sama dengan kita dianggap senasib, dan saudara. Bagaimana tidak. Terombang ambing ditengah lautan, maka semua penumpang di kapal adalah saudara kita, senasib, dan dari contoh inilah terbangun rasa kebersamaan walaupun tidak saling kenal.

    Masuk gua? Sepanjang ingatan saya belum pernah. Belum ada kesempatan untuk mampir ke gua manapun di Indonesia. Rasanya ingin sekali masuk GUA dalam rangka wisata. Masuk ke GUA hanya dalam film film saja. Dari film saja saya liat kayak apa dalam GUA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mmm.. betul jg ya. Apalagi klo perjalanannya lama ya.. Rasa senasib makin kuat.. hehe

      Ayo coba mas, kpn2 merasakan sensasi petualangan tak terlupakan. Gelap, medannya susah, tp pemandangannya wow.. keren deh :D

      Delete
  4. Air terjunnya seger banget
    update terus travelingnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. segeeer... duingiiiiin.. hhihihi..
      pengennya update terus.. smoga bs traveling lg dlm waktu dkt :D

      Delete
  5. Jalan keluar ama jalan keluar goanya beda ya??

    Seru banget ngebayanginnya.. merasakan kegelapan abadi, bau eek kelelawar (eh.. ada yaa??), dan pas keluar ngelihat cahaya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya beda.. perjalanan 4 jam di dlm goa

      yak bener bgt.. eek kelelawarnya bau bgt.. haha.. tp di bbrp tempat aja sih.. pas keluar brasa kek keluar dr kubur :D

      Delete
  6. wah...luarbiasa ya mbak petualangan masuk goa buniayu...kalo kata orang batam, ini yang di bilang sedap sedap ngeri...perjalanan yang tak mudah pastinya terbayar saat melihat kecantikan goa ya...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul.. sedap sedap ngeri.. *dpt istilah baru :D

      Delete
  7. kyknya jalan masuk ke gua menurun tajam gitu ya mb..
    btw stalaktit dan stalakmitnya cantiikkk... eh yg punya blog jg cantiik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini nih komen yg bikin ge er.. hihihi..

      itu bkn menurun, tp emang nyemplung gt, jd mesti dikerek pake tali.. seru deh :D

      Delete
  8. Aku juga mau donk, mbaaa.... Website nya tukang jalan apa? Hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ayooo.. silahkan mampir.. ini websitenya www.tukangjalan.com ^^

      Delete
  9. petualangannya asyik banget deh kalo pemandangannya eksotis begitu,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. jd capeknya ga berasa,, hehe

      Delete
  10. Naruto cari wangsit di goa *smile
    bnyk laki2 yg kalah dr mbk klo sy mgkn gk berani, kebtulan sy agak parno dgn kegelapan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. naruto lg mengembara.. hihi

      ouu gt ya.. tp kbetulan yg ikut kmrn kebanyakan emang perempuan :D

      Delete
  11. pasukan naruto ya mbak.. petualangannya seru tp menegangkan juga ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seru, krn ada sensasi deg2an.. hihihi

      Delete
  12. Congrats to you, I think that what you did was amazing!

    www.101FashionStreet.com

    ReplyDelete
  13. kayaknya seru juga petualangannya ya,,

    :)

    ReplyDelete
  14. masuk goa buniayu ya, brani juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. berani donk... kan tmnnya banyak :D

      Delete
  15. ada hantu nya gak mbak ? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. hantunya ga kliatan saking gelapnya :P

      Delete
  16. ihh..keren bgd cyin. pengen aku uhukkzzz

    #tapi yakin ga dibolehin suami :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya miii.. keren loh.. suaminya diajak skalian ajah.. hihi

      Delete
  17. hmm menarik nih izin baca ya:)
    emm dan kunjungi juga ya blog ku:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo silahkan.. makasih dah mampir..
      tunggu kunjunganku ya.. ~_^

      Delete
  18. bener itu bagus banget, meski dari luarnya terlihat serem dan mengerikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya disebut kecantikan yg tersembunyi :)

      Delete
  19. Wehehe seru banget ya mbak...
    Nek aku sih geli liat karst stalaktit stalagmit itu x_X
    mbuh napa x_X

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok geli sih say.. pdhl kan lucu.. hihihi

      Delete
  20. wuuuaaaa air terjunnya bagus bangeeeeettt
    Dija mau ikut ke air terjunnyaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayukkk dija maen air ama tante.. pasti seru.. hihi

      Delete
  21. keren juga ya kostum narutonya
    hehhehe...
    aku belom pernah tuh bertualang ke gua seperti itu
    jadi pingin

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. keren kan kostumnya :D
      coba aja say.. dijamin pengalamannya beda 'n seru!

      Delete
  22. kostum narutonya itu lhooo...
    ckckckck.....

    itu kolamnya asyik tuh..
    jd pengen maen air...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kostumnya keren yaaa.. hihihi

      airnya segeeerr.. tp duingiiiin.. :D

      Delete
  23. Wah sepertinya bakal jadi pengalaman seru ya, liat gunung dan pantai sepertinya udah biasa, kalo Caving saya belum pernah mbak..sepertinya boleh dicoba ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo coba ikutan.. seru abiiiis.. ga nyesel deh.. paling pegel2 donk :D

      Delete
  24. Ya ampun, air terjunnya kayaknya nyes banget deh, pasti adeeeeem banget main air di situ :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuiih.. ga cm adem.. tp duingiiiiin.. nyeeeees bgt :D

      Delete
  25. mau tanya dong mba Covalimawati, transportasi kesana naik apa?? makasih yah.

    ReplyDelete
  26. Wih saya malah senang sama curug bibijilannya. Enak sekali tuh mbak =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa.. tp aku ga brani lama2 di sana.. duiingiiin.. hihi

      Delete
  27. makasih gan infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete