Thursday, May 23, 2013

Candi Prambanan Dalam Teriknya Siang

Pulang kampung ke Magelang, rasanya tak lengkap kalau nggak mampir ke Jogja. Jogja memang selalu ngangenin buat dikunjungi. Apapun ada disana. Mau wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, wisata belanja, bahkan wisata pendidikan. Tapi berhubung aku nggak punya banyak waktu, maka kami mampir ke tempat yang praktis saja, yang pasti tak pernah dilewatkan oleh para pelancong kalau ke Jogja. Yaitu Candi Prambanan!
Kalau ke Candi Borobudur sudah sering, tapi ke Candi Prambanan aku belum pernah loh *malu*. Kebangetan ya tinggal di dekat Jogja tapi belum pernah ke Prambanan. Nah, biar nggak dikira traveler kuper, maka aku mampir kesana :D.

***

Tak terlalu lama jarak dari Magelang ke Prambanan. Hanya sekitar 1 jam-an saja. Sekitar pukul 11 kami sampai di Prambanan. Dan.. Wooow.. Panas bangeeet.. Gilaa.. Bisa-bisa kulitku belang-belang nih. Untungnya di sana banyak penjaja payung, maksudnya menyewakan payung. Jadi lumayanlah bisa mengurangi sengatan matahari. Satu payung disewakan dengan harga Rp 5.000, boleh dipakai sepuasnya. Warnanya juga cerah-cerah loh, cantik buat jadi teman berpose. Lihat nih poseku bersama si payung merah. Cantik kan..?


Eh aku kok malah promosiin payungnya sih. Mana dong candinya? Nah itu dia. Megah sekali kan candi Prambanan ini? Menurut cerita legenda dikisahkan bahwa candi Prambanan dibuat oleh seorang pangeran bernama Bandung Bondowoso yang dibantu oleh para jin pengikutnya, sebagai syarat untuk meminang putri Loro Jonggrang. Tentu saja itu itu hanya cerita rakyat saja. Kenyataannya, candi Prambanan ini merupakan candi hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi oleh raja-raja dinasti Sanjaya. Jadi yang membangun bukan pasukan jin loh.. Hehe :P.


Candi Prambanan ini memang mengagumkan. Aku masih saja terpesona, bagaimana batu-batu bisa dibangun menjadi candi yang sarat dengan nilai seni. Detil reliefnya, konstruksi bangunan, dan arsitekturnya. Semua tak hanya indah, tapi punya nilai sejarah dan makna yang dalam. Padahal itu dibangun di jaman yang belum secanggih sekarang ini. Luar biasa bukan? Jadi sungguh keterlaluan kalau ada tangan-tangan jahil yang tega merusaknya.

Melihat bangunan yang sangat menawan itu, tentu tak puas kalau hanya dari jauh saja. Namun teriknya matahari, mengendurkan semangatku untuk menjelajah lebih jauh. Dan terpaksa aku hanya berfoto-foto di pinggir candi saja, dan mengagumi bangunan indah itu dari jauh. Sementara turis-turis lokal banyak yang kepanasan, justru turis-turis bule asyik menjemur diri di pelataran candi.


Panasnya hari itu memang sungguh mengganggu. Sampai-sampai anak-anakku tidak betah berlama-lama di area candi. Ya sudahlah. Kuputuskan mengakhiri acaraku mengeksplore candi. Sebenarnya sayang juga sih, sudah membayar tiket masuknya mahal (Rp 30.000/orang), tapi berada di sana cuma sebentar. Yah mau bagaimana lagi, daripada anak-anak rewel.

Namun, keputusanku keluar dari area candi ternyata nggak rugi-rugi amat kok. Di sekeliling area candi, banyak obyek lain yang menarik, terutama buat anak-anak. Seperti kereta mini, area taman bermain, dan penangkaran rusa. Dan buat emak-emaknya jangan kuatir. Ada area belanja oleh-oleh juga loh. Aneka kerajinan dan pernak-pernik dijual dengan harga murah meriah di sana. Seperti yang aku beli saat itu. Kalung yang keren banget, harganya cuma Rp 10.000 saja! Kemudian ikat pinggang bernuansa etnik, yang biasanya di Jakarta dijual dengan harga Rp 50.000, di sana hanya dijual dengan harga Rp 20.000 saja! Duuh bisa kulakan nih. Lumayan buat dijual lagi.. Hihihi..



Eh masih ada lagi yang bikin takjub. Bayangkan, bros dari kerang yang unyu-unyu, dijual dengan harga Rp 1.000 saja per buah. Bikinnya njlimet, tapi cuma dihargai segitu. Kalau aku sih ogah.. Hehe..
Masih ada lagi yang aku beli. Yaitu alat musik gamelan buat anakku Ariq, seharga Rp 30.000, dan jenang krasikan ukuran jumbo seharga Rp 15.000.




Niatnya mau melihat candi, eh malah jadinya belanja-belanja. Ah, dasar emak-emak. Daripada kebanyakan yang pengen dibeli, lebih baik diakhiri saja trip ke Prambanan kali ini. Dan siap-siap untuk wisata kuliner.

Happy traveling ^^

Reactions:

50 comments:

  1. Ini wisata ke candi ujung2nya shopping juga ya buk hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya begitulah say.. insting emak2.. hahaha

      Delete
  2. Candi prambanan memang panas cuacanya. Masuknya mahal, didalam tidak ada suguhan yang menarik . Cuma keliling-keliling candi yang bikin jenuh. Apalagi sekarang sudah tidak bebas masuk ke tiap candi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ouu gt ya.. aku malah ga sempet tuh keliling2, abis puanas buanget. Iya tuh, knp tiket masuknya mahal bgt yah?

      Delete
    2. rumahku dekat Prambanan, jadi sudah terasa bosan kesana.

      Delete
    3. ouu.. orang prambanan juga toh :D

      Delete
    4. Bisa jadi mas Djangkaru Bumi ini sesepuhnya Prambanan, atau masih ada keluarga dengan para sesepuhnya Prambanan. Atau bisa jadi sodara jauhnya tokoh Prambanan. Atau mungkin bosnya Prambanan. Mari kita konfirmasikan langsung kepada yang bersangkutan

      Delete
    5. tapi bukan keturunannya si Bandung BOndowoso kan? hihii

      Delete
  3. Pilihan belanjaannya unik2. Oke juga nih seleranya. Tuh kan malah ngomeni belanjaan. Ketularan salah fokus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. wah sama nih.. jiwa emak2.. fokusnya ke belanjaan :P

      Delete
  4. Eh aku juga belum pernah ke sana mbak, kalo ke Borobudur sih pernah, tapi sepertinya kalo obyek wisata candi ya rata-rata sama, sama panasnya, tapi liat foto yang pake payung merah kok rasanya adem banget ya, banyak pohon dibelakang soalnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama panasnya. Keknya klo mau ga panas, kesana pas malam hari ato pagi2 ya :D

      adem krn ngliat orgnya yg bawa payung yach... hihihi :P

      Delete
  5. Bunda malah belum pernah tuh ke Candi Prambanan, pdhal ada keponakan yang tinggal di Mageng. Mudah2an kalo bunda ke Magelang, mau minta diajak jalan-jalan ke Candi Prambanan. Kalungnya keren lho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo ke magelang mampir ke borobudur, terus ke prambanan bunda.. hehe
      Keren 'n murah.. cocok bgt deh.. hahaa

      Delete
  6. udah bosen aku kesana, krn rumah deket

    ReplyDelete
    Replies
    1. ouu mbk Iis wong prambanan toh.. tau gt aku mampir :D

      Delete
  7. Waaah biar judulnya kepanasan teuteuuup narsis ala blogger hahahahaaa.... Aku udah lama banget nggak ke Prambanan siang hari. Terakhir kesana ya spt itu, kepanasan, terus di puter2in di pasar souvenir yg kayak labirin itu gak keluar2. Kami lebih senang kesana malam, nonton Ramayana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya tuh, aku masih pnasaran ama prambanan pas malam. Pasti lebih eksotis, ga kepanasan pula. Pengen bgt nonton Ramayana..

      Delete
  8. Mba Foto yang berpayung kereeeen *tapi sayang aku enggak diajak belanja...kan aku pingin jenangnya, jumbo pulaaaa.

    Aku pernah ke Prambanan, tapi desanya...heheee...

    Astin Astanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi... eh jenangnya eunaak banget loh. Jenang krasikan tuh kesukaanku banget.. *pamer*

      Delete
  9. uwaaaa....seru bangett nih jalan2nya,eh gelangnya cantik ituuuu..mauuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh itu kalung loh.. pengennya sih beli gelangnya juga.. mumpung murah meriah.. hihihi..

      Delete
  10. Numpang baca artikelnya pak admin. Dan selamat pagi untuk pengunjung semuanya. Salam kenal dari saya, Brehow. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cantik2 gini kok dibilang pak.. -____-

      salam kenal juga

      Delete
  11. Hi hi mba Cova. Ini aku wah sudah berapa abad nih nda mampir mampir ke mba ku yang cantik ini, siapa lagi kalau bukan Mba COva. Saya menghilang dari peredaran dunia blogwalking karena banyak "kejar tayang" dan Insya Allah lain hari saya akan aktif seperti biasa lagi.

    Foto yang paling bahwa itu namanya gending khan ya. Alat tabuh Gamelan itu juga sempat saya beli buat oleh oleh dari kunjungan ke Jogjakarta tahun 2005 yang lalu. Sayang sekali kondisinya sudah memprihatinkan. Kapan kapan kalau ke Jogjakarta mau cari yang ini lagi ahh hieiheiee

    Mangceppss fotonya yang pake payung.
    Umbrella girl donk. Ellaaa ....elaaaaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. huwaaaaa.. ada mas aseeeep..! kemana aja komandan KPK nih? Tiba2 hilang dr peredaran tanpa pesan. Mbok klo menghilang tuh nulis2 pesan 'n nitip warisan gt.. #eh.. hihihi

      aku ga tau namanya. Pokoknya buat gamelan deh.. hehe..
      2005 dah lama banget ya. Klo beli lg skalian 1 set komplit mas.. :D

      hahaha.. tiba2 jd pengen bergaya kek mbk Rihanna.. :))

      Delete
  12. Sementara turis-turis lokal banyak yang kepanasan, justru turis-turis bule asyik menjemur diri di pelataran candi.
    Hahaha... Bule mah emang demenannya Bejemur.. Biar kulitnya bisa sawo matang kaya orang Indo kali yaa...

    Pokonya ana suka the first and the last Pic.. Hemmm... it's so beautiful.. hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. klo turis lokal pada takut tambah item. Klo bule malah ngrasa keren, klo kulitnya bs item :D
      waaah aku jd tersipu2 nih dipuji beautiful.. hihihi

      Delete
  13. hahahasikkk cantik tuhh yang pake payunggg

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaiiih.. makasih yaaa.. *blushing*

      Delete
    2. Nda percaya. Mba Cova itu tetap cakep dipandang dari segala sudut. Dari jauh pun sudah keliatan

      Delete
    3. wuuaaaah.. ndak percaya ah.. hihihi :P

      Delete
  14. Kebalikan sama aku dong mbak. Ane malah seringnya ke candi prambanan. Soalnya dulu kerjanya di jogja. Kalau borobudur malah nggak pernah sama sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan2 mampirlah ke borobudur.. dijamin ga kalah panasnya.. hehehe..
      eh tp klo malam hari pas waisak gini, dijamin kereeeeen :D

      Delete
  15. jalan-jalan, belanja + narsis = potret emak-emak jaman sekarang #ups hehehe
    belum pernah ke Prambanan, padahal lumayan deket sama rumah nenek di kampung tuh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. kan jd emak2 harus ttp gaul donk.. :D
      pas ke rumah nenek mampir aja, tp aku saranin jgn pas siang bolong.. coz puanaas bgt!

      Delete
  16. Jalan jalan ke prambanan to mbak
    yang bawa payung dah kayak foto model tuh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih.. edisi pulang kampung
      begitulah klo foto model wannabe.. narsisnya nglebihin foto model bnran.. hahaa

      Delete
  17. good post. I may be one of the lucky ones able to read and see your post.
    Come on Look And Registere Now

    ReplyDelete
  18. wah kok nggak mampir ke rumahku sih kak? padahal rumahku deket banget sama candi prambanan lhoo.. desa di seberang candi itu desaku..hehehhe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah iyaaaa... pdhl kita kan mo kopdaran yaa..
      abis anakku udah ribet mulu, jd lupa deh
      moga2 kpn2 bs mampir :)

      Delete
  19. waktu berkunjung ke candi prambanan bulan februari lalu, saya malah tidak sempat beli souvenir yang banyak dijajakan di sekitar candi, apa karena aku bukan emak2 ya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. masa karena bukan emak2 trus nggak belanja gitu sih? ahh nggak juga lah,, kaum pria pun banyak yg suka blanja blanji kan? hehehe

      Delete
    2. mgkn mas hariyanto ini tipe pria yg ga suka belanja, tp suka ngasih uang belanja.. hihihi

      Delete
  20. prambanan itu yang ada rorojonggrangnya ya mbak, rorojonggrangnya apa penampakan yang berpayung di atas ya hehe..................

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa.. itu titisannya loro jonggrang.. hahaha

      Delete
  21. Saya sudah lama sekali tidak ke Prambanan ...
    Terakhir kali kapan yaaa ?
    Sudah lama banget ... seperti apa ya bentuknya sekarang ...
    saya dengar sudah semakin rapi

    Salam saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skrg prambanan puanass bgt. Eh emang dari dulu bgitu ya?
      Bentuknya masih sama kok.. kek digambar2 jaman sy SD dulu.. hehe.. Mestinya skrg hrs lbh rapi dan terawat, krn harga tiketnya mahal :P

      Salam balik dr saya ^^

      Delete
  22. Saya udah lima kali ke candi Prambanan. Kalau candi Borobudur, baru dua kali. Soalnya saya tinggal di Jogja. :)

    ReplyDelete