Wednesday, May 15, 2013

Tahu Kupat Pelopor, Hemat dan Nikmat


Apa kabar temans? Lama sekali kita tak bersua di sini. Maklum ya, akhir-akhir ini memang banyak masalah yang aku pikirkan, dan banyak hal yang harus aku lakukan. Salah satunya traveling ke kampung halaman. Nah postingan kali ini adalah edisi khusus oleh-oleh dari kampungku, Magelang.

Kali ini aku akan cerita sedikit tentang kuliner dari kampungku. Namanya kupat tahu atau tahu kupat. Setiap pulang kampung kami selalu menyempatkan diri menikmati kuliner ini. Tak terkecuali weekend kemarin. Banyak penjual kupat tahu yang enak di kampungku. Dari penjaja keliling, warung kecil ala kadarnya, sampai di restoran mewah. Dan salah satu warung yang sering kami datangi adalah warung tahu kupat Pelopor. Warung ini berada di jalan raya Blabak,  Kalau dari arah Magelang menuju Jogja, pasti melewati warung tahu kupat ini.

Seperti warung pada umumnya, warung tahu kupat Pelopor ini tidak besar. Namun walaupun kecil, warung ini cukup populer loh. Pelanggannya bukan hanya dari Magelang saja, tapi dari daerah lain pula. Bahkan jika libur lebaran tiba, warung ini penuh sesak. Dan antrianpun sangat panjang. Sayangnya tempat parkirnya sangat sempit. Paling hanya muat 2 mobil, dan beberapa motor saja. 

bagian depan
 
Penampilan luar warung ini juga tidak mencolok. Hampir sama dengan warung-warung di sekitarnya. Makanya, kami sering keblabasan, jika tidak benar-benar pasang mata. Beginilah penampilan luarnya. Background biru, dengan tulisan Pelopor warna kuning. Bagian dalam warung ini juga didominasi warna biru, sederhana dan rapi. Eh walaupun sederhana, tapi warung ini cukup gaul juga loh. Terbukti dengan tersedianya hot spot di sini. 


bagian dalam
  
Selain menu tahu kupat, warung ini menjual cemilan pelengkap tahu kupat, seperti kerupuk, rambak dan gorengan. Soal rasanya tentu saja maknyuuss banget.. hehe
Sebenarnya seperti apa sih makanan tahu kupat itu? Bagi yang belum tahu, aku jelasin sedikit ya. Tahu kupat adalah makanan yang terdiri dari tahu dipotong dadu, kupat, kol dan kecambah, ditambah bumbu berupa ulekan kacang, bawang, dan cabai. Kemudian disiram kuah manis pedas yang segar. Dan seperti ini penampakannya. Hmmm..*cleguk.

This is it.. Tahu kupat!

Bagaimana dengan harganya? Dijamin murah meriah. Waktu kami kesana weekend kemarin, kami menghabiskan Rp 47.000, untuk 5 porsi tahu kupat, 5 buah gorengan, 2 kerupuk, 2 es jeruk dan 1 es teh. Murah dan mengenyangkan. Pas buat kantong backpacker.. Hehe..

Nah, bagi teman-teman yang jalan-jalan ke Magelang, bisa coba kuliner hemat namun nikmat ini.

Happy traveling ^^

Reactions:

43 comments:

  1. mantab kayak'e..... perlu di coba neh,, tapi kapan yach bisa main ke magelang.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak loh.. ayuk lah jalan2 ke magelang :D

      Delete
  2. we murmer banget tuh Mbak, Rp 47.000, untuk 5 porsi tahu kupat, 5 buah gorengan, 2 kerupuk, 2 es jeruk dan 1 es teh. cobak klo di bawa ke fast food...cuma bs satu orang duang kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa.. makanan enak ga perlu mahal kan.. hehehe

      Delete
  3. 4 tahun di Magelang saya belum pernah makan tahu ketipat jeng. Mungkin tahun 1971-1974 belum ada ya.
    Kalau getuk trio dan wajik sering he he he
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ouu pakdhe pernah di magelang toh. Tp udah lama bgt ya..
      kapan2 klo ke jogja, mampir ke magelang pakdhe, kulinernya enak2 loh :D

      salam manis dr magelang.. eh Jakarta ^^

      Delete
  4. makanan favorit kalau pas lagi keluar desa, simpel cepet tersaji pastinya murah dan juga merakyat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betuuul.. rasanya ngangenin pula.. cocok buat smua kalangan :D

      Delete
  5. Ini suka saya Mbak:) yummy, heheheh...

    ReplyDelete
  6. Ini suka saya Mbak:) yummy, heheheh...

    ReplyDelete
  7. Wow teh manis masih 1.500 ya. Di kafe2 sudah 10.000 harganya :)
    Saya belum pernah nyobain tahu kupat mbak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo monggo dicoba.. dijamin ketagihan.. *promosi bgt*
      harga murah meriah lg :D

      Delete
  8. Yummmm...Kupat Tahu ini merupakan makanan yang mempunyai sejarah tersendiri untuk ku. Pokoknya Hhidup Kupat Tahu!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuiiih... sedalam itu kenangannya ma kupat tahu.. hihihi
      eh.. eh.. sejarah apa nih? *kepo*
      :D

      Delete
  9. kalo menurut saya, kupat tahu itu enaknya buat sarapan. jadi gak bikin ngantuk pas kerja :)

    salam blogger,
    oldsunday.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh juga tuh idenya.. slama ini blm pernah sarapan kupat tahu :D

      Delete
  10. nikmat nulisnya cz yg nulis sdh prnh nyoba tp kasihan yg bacanya jd berliur heehhe..

    kupat gk ada hubungannya dgn ketupat ya mbak? *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuh maap yah bikin ngiler.. biar ga ngiler hrs coba deh.. hehehe

      iyaa.. kupat itu ketupat dlm bahasa jawa :D

      Delete
  11. Bentuknya seperti kupat tahu yang ada di jogjakarta. Ane sering ditraktir kupat tahu seperti itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya emang mirip.. secara magelang jogja kan deketan :D

      Delete
  12. di deket tempat eyangku juga ada mbak, di mertoyudan magelang. enak banget mb memang yg namanya kupat tahu itu, tiap ke sana pasti mbungkus buat ke joga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh.. eh.. kampungku kan di kecamatan mertoyudan juga.. deketan donk :D

      Delete
  13. di Bdg juga ada. Dan sy suka makanan ini, enak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mgkn klo di Bdg agak beda kali ya.. eh ga tau jg deng, kan blm nyoba yg di Bdg :D

      Delete
  14. Oalah abis pulang kampung toh mbak, kok murah banget yo berlima cuman 47.000, emang seporsi piro toh mbak harganya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jg ga ngerti seporsine piro.. pokoke abis segitu deh.. hehehe
      ayo ajak kang bejo nyobain :D

      Delete
  15. nggak perlu nunggu lebaran ya mbak

    ReplyDelete
  16. Tahu kupaaat, aku akhirnya mau juga tuh makan itu...aku sering melewati Magelang ketika tinggal di Semarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan enak, segeeer.. hehehe
      di mgl emang banyak yg jual

      Delete
  17. Bisa menjadi inspirasi saya jika kelah ingin membuka usaha. wifi gratis harus menjadi bonus gratis untuk pelanggan. Paketin dong tahu ketupatnya ! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh paketinnya pake apa ya? blm sampe kuahnya dah keburu abis.. hihihi

      Delete
  18. benar-benar gaul ada hot spotnya . enak dong bisa numpang internet gratis seharian :)
    kirim tahu ketupatnya dong..lapar nih !

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa seharian.. makan tahu kupatnya jg bs seharian.. hihihi

      Delete
  19. Kalau di Tasikmalaya mah banyak tuh yang jualan tahu kupat dan namanya juga terbalik kalau ini tahu kupat kalau disini kupat tahu ..

    ReplyDelete
  20. Di Jakarta sini juga ada Tahu Kupat yang terkenal ... Cuma kalau disini nyebutnya Kupat Tahu ...
    letaknya di Selatan Jakarta ... sekitar Lebak Bulus ...
    Namanya Kupat Tahu "AA"
    Awalnya saya tertarik dengan salah satu bahasan acara kuliner di TV
    setelah saya mencoba sendiri kesana ... Saya Ketagihaaaannn ...
    Apalagi kalau pake telor dadar ...
    makin mantap rasanya

    Enak ternyata ...

    Salam saya

    ReplyDelete
  21. Tahu Kupat tuh salah satu makanan favoritku kalo ke Magelang kak :D kalo aku ke Magelang pasti selalu nyicipi tahu kupat, kalo menurutku yang paling enak tuh Tahu Kupatnya Pak Pangat deket SMA 4 Magelang.. hehhehe.. beberapa hari yang lalu aku habis dari sana sama pacar n camer.. hehehhe..

    ReplyDelete
  22. Tiap abis makan tahu kupat pelopor mesti perut mules n terkena buku harian..

    ReplyDelete
  23. Tiap abis makan tahu kupat pelopor mesti perut mules n terkena buku harian..

    ReplyDelete
  24. Tiap abis makan tahu kupat pelopor mesti perut mules n terkena buku harian..

    ReplyDelete
  25. Tiap abis makan tahu kupat pelopor mesti perut mules n terkena buku harian..

    ReplyDelete
  26. Kupat Tahu Mbak Tatik Asli Magelang
    Kami berada persis dibawah ringin Sambilegi Maguwoharjo
    Hanya 7 menit dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta
    http://kupatmbaktatik.blogspot.com/

    ReplyDelete