Tuesday, February 26, 2013

Jenang Gulo.. Jangan Lupakan Aku

Kisah cinta memang tak terlupakan. Ada saja yang membuat kita terkenang. Seperti saat ini, tiba-tiba saja sayup-sayup terdengar lagu masa-masa pdkt dengan kekasihku dulu. Lagu itu yang membuatnya klepek-klepek saat mendengar aku menyanyikannya. Pasti banyak yang menyangka aku menyanyikan lagu cinta romantis dari penyanyi internasional, macam Adele, Katy Perry, atau Lady Antebellum. Atau lagu-lagu romantisnya Kahitna dan Geisha. Padahal bukan. Yang aku nyanyikan bukan sebuah lagu biasa, dan tak banyak yang tahu. Aku menyanyikan sebuah lagu campur sari berjudul "Jenang Gulo".

Dia terpana mendengar suaraku mengalun syahdu. Antara heran dan kagum. Heran, karena aku yang bertampang oriental ini, bisa menyanyikan lagu campur sari sefasih itu. Mungkin itu yang ada di pikirannya. Dan aku puas karena strategiku berhasil. Dari awal aku sudah tahu bahwa laki-laki incaranku ini orangnya njawani banget. Jadi aku mengambil hatinya dengan menampilkan sisi jawaku, lewat lagu. Ehemm..
Ada yang penasaran seperti apa lagunya? Ini aku tuliskan liriknya

Jenang gulo,
kowe ojo lali marang aku iki yo kangmas
Nalikane nandang susah sopo sing ngancani,
Dhek semono aku tetep setyo serta tetep tresno yo kangmas.
Durung nate gawe gelo lan gawe kuciwo
Ning saiki bareng mukti kowe kok njur malah lali marang  aku
Sithik-sithik mesti nesu terus ngajak padu
Jo ngono… ojo ngono…
Opo kowe pancen ra kelingan jamane dek biyan yo kangmas
Kowe janji bungah susah padha dilakoni


Lagu ini berirama lembut dan syahdu membuat orang terlena. Tapi daya tarik lagu ini tak hanya itu. Liriknyapun sarat makna. Bukan sekedar tema cinta biasa. Lagu ini mengajarkan kesetiaan, dan mengingatkan kita untuk tidak terlena pada kemakmuran hingga melupakan orang yang selama ini mendampingi kita dalam suka dan duka.
Dan ini terjemahan liriknya secara lengkap

Jenang gulo (gulali : lali, artinya lupa)..
Kamu jangan lupa pada diriku ini
Ketika hidup susah siapa yang menemani?
Dulu aku selalu setia dan cinta
Belum pernah membuat kecewa
Tapi sekarang setelah hidup makmur kamu jadi lupa padaku
Sedikit sedikit kamu marah, terus ngajak berantem
Jangan begitu.. Jangan begitu..
Apa kamu tidak ingat jaman dahulu kangmas
Kamu janji bahagia dan susah sama-sama kita jalani..


Bagus kan liriknya? Dan terbukti lagu dengan bahasa daerah jawa ini mampu menaklukan hati sang gebetan. Nggak kalah dong sama lagu-lagu luar negeri. Jadi siapa nih yang mau ngikuti jejakku, nggebet cowok pakai lagu daerah.. Hihihi
Eh iya cowok gebetanku itu sekarang jadi suamiku loh. Dan kini aku makin suka dengan lagu-lagu berbahasa Jawa, alias lagu-lagu campur sari ;)

 ****

"Postingan ini diikutsertakan di Aku Cinta Bahasa Daerah Giveaway


Reactions:

41 comments:

  1. aku kagak paham liriknya termasuk lagu'a, biasa denger lagu jazz, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuiiih gaya nih... padahal biasanya ndengerin lagu ndangdut tuh.. hihihi :P

      Delete
  2. Wow... ternyata itu toh rahasianya... mantabs....
    btw, sukses untuk ngontesnya yaaaa mba Cova!

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu salah satu caranya mbak.. msh ada jurus yg laen.. hihihi..
      makasih ya mbak.. sukses jg buat mbk Al.. ^^

      Delete
  3. mabk, saya jugak suka lagu campur sar, tap belum kenal dgn lagu Jennag gulo. Klo kue jenang gulo sh kenal..manis kayak saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo belum kenal ntar tak kenalin deh.. hhihihi..
      wah jd pengen makan jenang gulo yg legit kek diriku.. *ga mo kalah* :D

      Delete
  4. mbak cova emang oke banget deh, lagu jenang gulo ne tokcer,tak cari lagunya :D

    Makasih yaa mbak udah ikutan, dicatet PESERTA :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo jeng niar nyanyi lagu ini biar yayangnya klepek2.. hihihi
      makasih ya cyiin ^^
      smoga menang :D

      Delete
  5. bisa nyanyi campur sari juga mbak cova
    semoga menang GA nya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya pasti donk.. haha..
      amin.. makasih yaa ^^

      Delete
  6. wah, nyanyine pas lagi nang ngendi kwi mbak hayo.... Selamat saja deh, dapet pasangannya pas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada deech.. mo tau aja apa mo tau bgt? hihihi
      makasih yaa ^^

      Delete
  7. aku kan cowok mbak, trus gimana dong?

    ReplyDelete
  8. weits... campur sari yg suka itu yg lagu stasiun solo balapan hihihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. aku jg apal bgt lagu itu.. :D

      Delete
  9. lho km orang jawa to?
    kok kmrn ngobrol ama aku bahasa indonesia an?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halah.. aku wes ngomong nggo boso jowo, malah dibales boso korea kok.. annenyong haseyo.. haha.. :P

      Delete
  10. seneng mbak dengan gula jawa karena kadar glukosenya rendah, aman untuk yang DM, heheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ouu gt ya.. aku baru tau.. dulu cemilanku tuh gula jawa, soalnya nenekku pembuat gula jawa :D

      Delete
  11. iya mbak bagus banget deh liriknya :D

    oldsunday.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. Iyo jane ya mbak, masa tampang oriental nyanyine boso jowo hahaha syairnya bagus tuh mbak, cocok bagi yang udah suami istri, susah senang ya kudu bareng-bareng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kudune nyanyine boso korea yak.. hihihi :P
      abis baca ini, suamiku minta dinyanyyin lg loh.. ihiirrr.. ^^

      Delete
  13. kapan2 bolehkah kita duet mbak? nembang lagunya cak dikin - cinta tak terpisahkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. siap deeek.. kupelajari dulu lagune :D

      Delete
  14. pakai translate dongs mbak. hehe :D

    ReplyDelete
  15. nek saya nulis blog, mbuh kepiye carane mesthi ana bahasa jawane sik katut mbak haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus itu.. biar boso jowo mendunia..

      Delete
  16. itu lagu tahun kapan sob? Perasaan sejak kecil sampai sekarang nggak pernah denger lagu itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu lagu sepanjang masa loh.. mpe skrg jg msh ada kok.. hehe

      Delete
  17. klu kahitna di sandingin sama geisha.. saiia lebih milih kla project.. lahh gtu :p
    iia namanya juga manusia mbak.. uda makmur.. lupa.. masalahnya adalah..
    itukan dia.. kitanya gtu gag..?!?! :p

    introspeksi ke dalam diri saiia sndiri nii.. makasii artikelnya iia ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. smoga ga gitu ya.. hehe
      makasih kunjungannya ^^

      Delete
  18. Aku pikir tadinya, arti jenang gulo itu adalah dodol manis..Jenang kan sama dengan dodol, sementara gulo kan manis hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. iyaa... tp maksudnya dilagu ini gulali :D

      Delete
  19. haha jenang gulu marai kang mase trisno
    kalo aku jateng, waktu kuliah nek malang, ngomong “coba tiliki (bahasa jateng; lihat bentar) dosene ono ora? bocah2 do guyu ternyata ’tiliki” artine orang malang “jilati” hehe #sesama GA mbak niar

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk.. baru tau aku.. pdhl aku sering ngomong "tiliki". Untung ra ketemu wong malang..hhihi

      gudlaknya GAnya ^^

      Delete
  20. akhirnya nemu juga anak muda yang suka lagu ini,, tapi saya dengernya yang versi didi kemput,, beuhh musiknya damai banget,, meskipun saya bukan orang sunda

    ReplyDelete
  21. best love song lah pokona mah

    ReplyDelete