Wednesday, May 29, 2013

Jejamuran, Bukan Jamur Biasa

Seperti yang telah aku janjikan sebelumnya, kali ini aku akan posting tentang kuliner (lagi). Tentu saja masih dalam rangka pulang kampung, jadi kulinernya masih seputar Magelang-Jogja. Kalau sebelumnya aku bercerita tentang tahu kupat Magelang yang hemat dan nikmat, kali ini aku akan cerita tentang kuliner yang sehat, nikmat dan bermanfaat. Apa itu?

Pernah dengar dong yang namanya jamur. Kalau makan jamur? Beberapa mungkin sudah sering mencoba. Tapi ada juga yang belum pernah loh. Wah rugi amat ya. Padahal jamur itu tak hanya lezat, namun juga banyak manfaat. Antara lain meningkatkan kekebalan tubuh dan metabolisme, mencegah kanker, baik untuk jantung, aman bagi penderita diabetes, dan menurunkan berat badan. Jadi bagi yang sedang diet, jangan sungkan-sungkan mengkonsumsi menu jamur ini.

Mungkin karena itulah, maka sebuah restoran di daerah Jogja memakai bahan baku jamur untuk  semua jenis hidangan makanannya. Bukan hanya menu utamanya, tapi juga menu pelengkap. Nama restoran ini adalah Jejamuran. Resto yang berlokasi di daerah Niron, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta ini, cukup mudah dijangkau. Itu tentu karena petunjuk jalan yang sangat jelas. Ada beberapa papan nama Jejamuran di pasang di pinggir jalan sebagai penunjuk arah. Jadi orang yang belum pernah ke sinipun, tak akan mengalami kesulitan. Pokoknya kalau dari arah Jogja ke Magelang, terus saja sampai lampu merah perempatan Beran Lor, kemudian belok kanan, ikuti petunjuknya. Nah, sampai deh. Restonya ada di sebelah kiri. Seperti inilah penampakannya.


Hmmm.. Besar juga resto ini. Aku jadi khawatir, jangan-jangan makanan di sini harganya mahal. Resto ini bernuansa jawa yang didominasi oleh interior dari kayu. Masing-masing bagian ruangan mempunyai nama yang diambil dari nama jamur. Dengan penerangan lampu kekuningan menambah kesan homy pada resto ini. Untuk menghibur para pelanggan, disediakan pula live music. Wah jadi makin kuatir nih. Karena kalau di Jakarta dan sekitarnya, resto model begini, memasang harga yang cukup tinggi. *Pikiran emak-emak peritungan alias pelit* :P

 



Ya sudah, demi menjawab rasa penasaranku akan menu jejamuran yang katanya enak banget itu, kusingkirkan rasa kuatirku, dan duduk manis kami di sana. Kulirik sebuah daftar menu yang ada di meja, dan aku cukup lega, karena harganya nggak semahal dugaanku. Inilah daftar menu dan harganya. Cukup terjangkau bukan? Bahkan menu jamur krispi di sini harganya lebih murah dari yang dijual di kaki lima Bintaro Plaza.


Dengan rasa lapar yang amat sangat, kami mulai memilih beberapa macam menu. Untuk makanannya kami pilih tongseng jamur, jamur bakar, sate jamur, dan jamur krispi portabella. Untuk minumannya kami pilih es teh manis dan lemon tea saja.


Setelah rasa kuatirku akan harga hilang, kini timbul kekuatiran yang lain. Melihat daftar menu yang hanya jamur saja, anak-anakku jadi ngambek. "Ah, nggak enak banget! Masa' makanannya cuma jamur aja! Aku nggak mau ma! Aku maunya sate ayam, bukan sate jamur". Duh gimana kalau mereka nggak mau makan? Dengan susah payah aku meyakinkan mereka kalau jamur itu enak. Tapi tetap saja mereka nggak percaya, sampai akhirnya hidangan yang dinanti-nanti tersaji.



Wuiih.. nggak disangka ternyata penampilan si jamur dalam hidangan-hidangan ini, sangat menggiurkan. Lihat saja sate jamur ini. Bikin cleguk kan? Bahkan anakku, Ariq, yang tadinya underestimate, jadi penasaran ingin mencoba. Dan setelah mencoba dia langsung mengklaim "Pokoknya sate jamurnya buat aku semua! Enak banget ma!". Jiaaah.. Tadi katanya nggak mau makan. Dasar bocah.


Menu berikutnya jamur krispi portabella. Namanya kaya’ nama tokoh telenovela ya? Hehe.. Penampilannya sih nggak jauh beda dengan jamur krispi yang di Bintaro Plaza. Tapi begitu aku menggigitnya.. Wuiih beda banget! Jamur krispinya benar-benar krispi, tidak seperti yang di Bintaro Plaza yang agak lembek, kenyal dan beraroma langu. Pokoknya yang di sini enak banget. Lebih murah lagi.


Berikutnya jamur bakar. Dan harus aku bilang rasanya juara. Rasa pedas manisnya pas banget. Bikin ketagihan. Ini menu favorit anak perempuanku, Lita. Kemudian menu pilihan kami yang terakhir adalah tongseng jamur. Rasanya pas, tapi tidak sepekat tongseng kambing. Rasa bumbunya juga lebih ringan. Duuh nulis tentang makanan bikin lapar..


Itulah beberapa menu yang kami coba. Semuanya enak. Jadi penasaran dengan menu-menu yang lain. Apalagi ada menu baru jamur lada hitam favoritku. Pokoknya resto ini rekomended banget deh. Nanti kalau pulang kampung lagi aku pasti mampir kesini lagi. Kapan lagi coba menyantap makanan sehat, berkhasiat, lezat, tapi juga hemat.


Sebelum pulang aku sempatkan narsis dulu di depan pembibitan jamur, sementara suamiku membereskan urusan finansial, alias bayar tagihan.. Hehehe..

Happy traveling ^^

***

Eh iya, resto ini juga menyediakan semacam suttle car, untuk mengantar dan menjemput pengunjung dari area parkir ke area resto, dan sebaliknya. Keren yach, macam di bandara ajah.. :D.

Reactions:

72 comments:

  1. sate jamurnya emang enaaaaakkk banget kak.. berasa kayak sate ayam malahan.. hehehhe.. wahh jadi pengen ke jejamuran lagi nih setelah baca postingannya hehehhe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa.. enaaaak.. yuk yuuuk ke jejamuran lagi. Aku bikin postingan ini sambil ngiler.. hahaha

      Delete
    2. oyaa masih di magelang nggak kak? besok pagi aku mau ke magelang nih, mau ke rumah camer,, hehehe..
      yuukkk kapan mau wisata kulineran nih?

      Delete
    3. yaaaah aku dah balik jakarta. Tapi balik magelang lg kok, pas lebaran.. hehe
      ternyata calon jd org magelang jg yah.. jgn2 camernya tetanggaku nih.. hihihi
      smoga kpn2 kita bisa kulineran brg yaa..:)

      Delete
  2. Hihihi asyik nih. Soalnya saya juga fans alias penggemar menu masakan dengan olahan Jamur. Apalagi untuk menu Sate Jamurnya yang ternyata tidak kalah lezatnya dengan Sate berbahan daging seperti sate ayam dan sate sapi. Urusan sate juga seru loh misalnya Sate Daging Kelinci yang ternyata alot juga hihihiee. Namun sate Jamur juga merupakan pilihan juga bagi para penggemar masakan yang tidak menggunakan daging atau Vegetarian. Saya sih semua menu masuk perut hehe. Sejak kapan sih saya nolak sama Makanan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam hal makanan kliatannya kita sepaham nih mas. Sama2 suka makan.. hihihi. Sate jamur ini jelas enak, krn ga ada alot2nya kek sate berbahan daging. Jd pas buat smua usia. Balita maupun manula, dijamin semua suka. Buat yg lagi diet maupun vegetarian juga cocok :D

      Delete
  3. jamur makanan favoritku tatkala masih SMP, enak dan gurih. harganya sangat terjangkau ya ? bersih lagi tempatnya. hemmm..jadi ngiler nih !

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Djangkaru Bumi : Memang asyik sekali tempatnya. Very comfortable, cozzy dan gaul sekali. Sajian Jamur yang aneka varian yang menggugah cita rasanya, serasa seperti mengalami langsung di sini. Hmmm. Jadi penasaran nih dengan harga satu porsi sate Jamurnya nih mba Cova. Apa bisa diuraikan harganya hiehiehiee. Ini liputan kuliner keren bangeds, penyajian ceritanya runut membawa saya seperti ikut hadir di rumah makan ini. Awesome mba Cova. Well done

      Delete
    2. mas asep.. Kan udah aku posting tuh foto daftar menunya beserta harganya. Yg menu sate jamur per porsinya Rp 9000an. Jadi, mau pesen brp porsi nih..? hehehe *malah kek jualan*

      Djangkaru Bumi.. jamur tuh favoritku juga sejak dulu hingga kini.. hehe. Dan seneng bgt nemu jejamuran ini, citarasanya pas ama lidahku.

      Delete
    3. eh iya, makasih pujiannya ya mas Asep :)

      Delete
  4. aku gak suka jamuurrrrr ihiks ihiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah kenapa ga suka say? pdhl euuunaak loh.. suer deh.. cobain dikit dulu.. ya yaa..? :D

      Delete
  5. jamur ternyata bisa disajikan berbagai jenis masakan, soal rasa biar diwakilkan mbak cova wis maklum tahunya jamur tumis dan bakso jamur tok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya jamur merang saja ya mbak yang di atas

      Delete
    2. rasanya enaaaak.. :D
      jamurnya macem2 kok ga cm merang. Ada jamur kuping, jamur shitake, jamur portabella, jamur tiram, jamur mozaa...apa gt.. banyak deh pokoknya..

      Delete
  6. Nikmat sekali Mbak,.. Makan jamur, apalagi ini diJejamuran bukan jamur biasa, tmptnya bersih Lɑ̤̥̈̊ƍΐ ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tempatnya enak 'n bersih.. cocok buat makan brg keluarga

      Delete
  7. Kayaknya saya baru pertama kali dolan sini, dan kayaknya juga mepunya blog baiiik banget, karena suguhin saya aneka makanan dari jamur hehe

    salam kenal ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah ada teman baru mampir kemari.. makasih yaa.. silahkan diicip2 jamurnya.. sepuasnya.. jgn sungkan2 mampir lg yaa :D

      Delete
  8. Wah, saya suka jamur, tapi ga bisa mengolahnya. Baru tau ada resto khusus jamur. Makasih infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. drpd ribet, mending beli yg siap santap ajah.. hehehe

      Delete
  9. Menurut saya tempatnya yg unik, enak & bersih. Kalau pilihan menu terbatas & rasanya enak tapi idak istimewa. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mak lusi dah pernah kesini juga yaa..
      t4nya emang enak ya.. makanya pengunjungnya rame, kbanyakan rombongan keluarga

      Delete
  10. suasana restorannya dilihat adem banget ya.., mgkn cz mayoritas bahan bangunanx dr kayu, cocoklah dgn jamur yg suka nempel dikayu ibarat prangko yg selalu nempel dikertas *gk nyambung mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyambung kok.. kan kertas terbuat dari kayu.. #nyambung maksa :))

      keknya punya rumah kek gt enak juga ya.. adeeem.. *ngayal

      Delete
  11. mewah banget tempatnya ya.. pasti enak banget tuh makananya, jadi pingin aja nih..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ayoo kesini.. jgn ke bali mulu.. hehehe...

      Delete
  12. Wah harganya terjangkau enggak melihat tempatnya yang terkesan mewah ya Mba...

    Aku jarang makan jamur, jadi kalau ditanya, mau jamur? aku masih harus lola, hehee...

    Salam
    astin

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo ga mau, buat aku ajah jamurnya.. hihihi

      Delete
  13. jd pngen ksana..
    ditunggu review kuliner selanjutnya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pantengin terus blog ini yach, utk edisi makan2 berikutnya :D

      Delete
  14. Bener bener masakan Jamur semua yah wah aku jadi ngiler pengen ngerasain Jamur kripsinya hehehhee
    Niche Blog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm.. enak jamur krispinya.. aku jg pengen lg :D

      Delete
  15. Hiii..yakin enak beneran tuh jamurnya mbak? aku lihat bentuknya aja geli, makanya gak berani makan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiaaah.. masa' sih ga doyan,., pdhl kan enaaak. Makanya klo liat bentuknya jgn mbayangin yg nggak2.. hahaha

      Delete
  16. saya kirain apaan ternyata restoooo


    Kunjungan Rutin Sobat, Jangan Lupa Saya Tunggu Kunjungan Baliknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya restoooo... :D

      makasih ya kunjungannya.. ^^

      Delete
  17. slurrppppsssss.............
    bagus buat candle light dinner nih,,,
    hehehehe...

    mbak Cova, apa kabar???
    kangeennn....

    ReplyDelete
    Replies
    1. aiiih.. mau candle light dinner ma yayangnya yach.. romantisnya.. :D
      eh.. eh.. ajak2 aku jg gpp kok.. hihihi

      kangeeen jugaa..
      kmn aja sih? kok dah lama ga jln2 kesini..

      Delete
    2. Biasalah mas AY Indrayana itu sibuk sibuk gitu deh. Biasalah hiheihiehiee. Ajak aku juga nda apa kok Candle Lightnya ya. Nanti saya duduknya agak jauhan deh biar nda gangguin. Oh ya saya pesen jus apel, dan seporsi spaghetti ya.

      Delete
    3. haha.. kasian amat sih duduknya jauhan gitu. Sinilah dkt2 gpp kok.. asal mbayari.. hihihi

      Delete
  18. Postingan ini sukses membuat saya kepingin ...

    arah Jogja ke Magelang ...

    Ok saya catat ...

    Terima kasih infonya ya Bu

    Salam saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak, t4nya gampang dicari kok..
      klo mampir kesini ajak2 sy ya.. hehe

      Delete
  19. sy suka sama jamur, kayaknya kalo ke Jogja harus nyobain ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. sbg penyuka jamur, harus nyoba yg ini deh.. dijamin ga kecewa :)

      Delete
  20. tempatnya cukup representatif juga ya mb...

    ReplyDelete
  21. Minumannya ada gak yang pake jamur?
    Aku suka Jejamuran, tapi dua kali ke sana, jarak waktunya berjauhan sih, harganya naik dikit. *itungan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada sih minuman yg namanya jejamuran. Tp katanya rasanya agak pahit, mgkn ada unsur jamurnya. Mo pesen takut kepahitan, ga jd deh

      Smoga pas kesana lg harganya ga naik lg deh *itungan jg* :D

      Delete
  22. tempat kuliner yang cocok buat keluarga. Kalau minuman favorit keluarga Mint tea, seger...

    ReplyDelete
  23. Tampilannya sederhana ya :) rasanya? hueee, ngileerrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jg ngiler nih,,.. pengen kesana lg :D

      Delete
  24. waduh2, jamur itu kesukaan aku bgt sob, istriku jg sering bikin masakan yg serba jamur, jd kpengen kesitu nyobain...
    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah pas nih klo mampir kesini.. dijamin suka deh.. Sapa tau bs jd inspirasi buat masak sndri di rmh.. :D

      Delete
  25. wah tampilan blognya ganti yaa...

    aku jg ganti ahh..
    *tar dikritik mbak cova lagi suka ganti" template blog :p*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih.. bosen.. jd pengen ganti. Tapi kok keknya tampilan baru blog ini kurang sip ya.. Masih pengen ganti lg nih. Dasar jiwa labil bgt ya :D

      *pdhl kmrn abis ngritik Indra gara2 sering ganti template.. hihihi

      Delete
  26. Ini restoran khusus dengan menu andalan jamur ya jeng.Layak dicoba jika ke Yogyakarta.
    Di Sleman saya pernah makan di resto Bambu Kuning.

    Terima kasih sajian artikelnya yang menarik dan bermanfaat.

    Saya sedang menggelar kontes unggulan. Jika bermiat silahkan mengikuti di
    http://abdulcholik.com/2013/05/29/kontes-unggulan-blog-review-saling-berhadapan/

    Jangan lupa mengikuti kontes saya yang lain di http://jatuhcinta.me/fiksi/flash-fiction-writing-contest-senandung-cinta

    Hadiahnya bukan barang mewah tetapi sensasinya luar biasa.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini di Sleman jg loh pakdhe. Saya malah blm pernah mampir Bambu kuning. Klo disini emang khusus menu jamur. Tapi rasanya ga kalah loh ama makanan yg lain.

      Wah iya ya, diingetin lg kontesnya nih.. Sampe skrg blm dpt pasangan. Kurang agresif kali yaa.. huhuu.. Mbok sy dicariin pasangan gt loh.. :D

      Delete
  27. kok harga'a pada ganjil ya mba ? yang tertera di menu #bingung
    foto terakhir adalah foto penutup yang tidak akan terlewatkan, meski petir menggelagar #ups hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. keknya harganya harga ajaib. Pd ganjil smua, tp klo dijumlahin hasilnya jd genap bulet. Macam harga2 di resto Solaria.. hehehe

      hahaha.. jelas donk.. ga boleh lupa bernarsis ria :D

      Delete
  28. WOOOOW! Aku fans jamur garis keras, baca ini pengen langsung ke magelang! hihihi...Apalagi harga dan tempatnya ok banget yak!

    *ngiler*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayuk say! buat mayya aku traktir deh pokoknya klo ke magelang :D

      Delete
  29. Mba Cova, salam kenal... ªĸƲ pengunjung baru, liputan jejamurannya keyens, ªĸƲ sukaaaa. Ditunggu info kuliner selanjutnya ♥(ʃƪ˘˘ﻬ) (Asih)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal Asih.. makasih ya udah berkunjung...
      Siaaaap.. ada liputan nasi jamblang tuh.. ^^

      Delete
  30. Enak nih keliatannya, harganya jg standar lah, olahan jamurnya jg banyak (y)
    Maaf sebelumnya numpang ngasih info nih, buat yang gamau repot masak waktu mau ngadain pesta/syukuran/resepsi pernikahan tapi tetep pengen nyicip makanan enak?
    kami dari Bu Mentik Catering and Wedding Organizer bisa loh menyediakan jasa catering dan paket pesta pernikahan.. makan dari kami dijamin fresh.. lezat.. halal.. dan tentunya tanpa vetsin.. langsung cek situs kami yuk.. http://www.bumentik.blogspot.com

    Terimakasih.. :)

    ReplyDelete