Friday, September 27, 2013

They're My Inspiration


Beberapa hari yang lalu, tanpa sengaja aku mampir ke blog seorang teman. Aku biasa menyebutnya Mak Winda. Membaca tulisan-tulisannya memang menyenangkan. Gaya penulisannya yang renyah dan ceria, pas sekali dengan judul blognya, Blog Emak Gaoel. Nah postingannya kali ini menarik rasa penasaranku. Dalam tulisannya yang berjudul "Menang Lomba Blog 10 Days For ASEAN? Ciyus?", beliau ini mengungkapkan trik-triknya dalam memenangkan sebuah event lomba ngeblog. Hmm.. Sangat menarik. Siapa tahu aku bisa mencontek ilmunya, pikirku. Maklumlah, walaupun aku sudah berkali-kali ikut lomba ngeblog, tapi belum pernah memenangkan ajang lomba yang bergengsi (baca:hadiahnya mahal). Hadiah lomba ngeblog paling mahal yang pernah aku dapatkan, hanya berupa voucher belanja sebesar Rp 200.000. Tentu itu sudah sangat lumayan bagiku. Tapi masih jauh dari teman-teman bloggerku yang sering mendapat hadiah hingga jutaan rupiah. Ah sudahlah, aku kok jadi curhat masalah hadiah lomba, kesannya aku matre gitu. Padahal aku sama sekali nggak matre loh...suer.. Bagiku ikut lomba ngeblog, bukan semata-mata karena hadiahnya, tapi sebagai ajang pembuktian diri sejauh mana sih kemampuanku di bidang ini.. Uhuk!

Oke, kembali ke topik awal. Karena aku merasa sering kurang hoki dalam urusan lomba-lomba ini, aku merasa tulisannya Mak Winda itu benar-benar memberi pencerahan. Apa sih isi tulisannya? Beliau ini mengatakan bahwa ikut lomba itu yang penting adalah just be yourself, menjadi diri sendiri. Hah? Itu saja triknya? Yup! itu intinya. Karena jika kita meniru-niru orang lain, yang keluar jadi tidak alami dan hasilnya jadi maksa, karena itu bukan gaya kita sendiri. Nah, ada lagi nih. Katanya kita juga perlu mencari titik di mana kita bisa menonjol. Menonjol di sini aku artikan sebagai berani tampil beda, agar mudah diingat sama pembaca dan dewan juri. Hmm.. Memang benar sih, masing-masing individu itu kan unik. Punya ciri khas sendiri, dan punya kelebihan masing-masing yang tentu bisa ditonjolkan. Dan pastinya nggak perlu repot-repot meniru-niru orang lain. Just be yourself and be original ajah. Seperti poseku berikut ini, sangat original dan aku banget ya.. hihihi..



Tulisan Mak Winda tersebut, memang simple dan ringan, tapi mampu menginspirasi orang lain. Adalah diriku yang menjadi terbangun kembali rasa percaya dirinya untuk menjadi diri sendiri, gara-gara tulisan teman bloggerku itu. Inilah yang aku sukai dari ngeblog, kita bisa mendapatkan banyak inspirasi dari tulisan-tulisan teman blogger yang lain. Tentunya aku juga berharap tulisanku di blog juga bisa berdampak sama, yaitu menginspirasi orang lain. Makanya aku selalu berusaha menulis hal-hal yang positif di blogku ini. Seperti ketika aku menulis tentang traveling. Sebisa mungkin yang kutulis bukan hanya sekedar pamer bikin mupeng, tapi bagaimana orang tergerak untuk melakukan traveling, walaupun dengan banyak kendala. Misalnya keluhan klasik seperti keterbatasan dana. Itulah kenapa objek traveling yang aku suguhkan kebanyakan yang tidak jauh dari domisiliku. Aku berharap para pembaca terbuka pikirannya bahwa traveling di dalam negeri itu tak kalah serunya dengan di jalan-jalan ke luar negeri. Indonesia itu indah, kaya, dan semuanya ada. Dan aku bangga menyuguhkannya kepada dunia, lewat blogku yang sederhana ini. Lalu, kalaupun aku 'terpaksa' menulis tentang curhatan, aku usahakan bukan sekedar curhatan galau, tapi sebuah curhatan yang mampu memberi pelajaran bagi orang lain.

Nah, masih ngomong-ngomong soal inspirasi, bagiku inspirasi bisa datang dari mana saja. Salah satunya dari tulisan, bisa itu dari blog, seperti yang aku ceritakan di atas, bisa juga dari status teman di FB, dari twitter, dan dari media cetak, seperti buku dan majalah. Kadang kala inspirasi itu juga bisa datang dari obrolan ringan dengan teman. Itulah mengapa kaum hawa membutuhkan yang namanya "sharing" dengan sesamanya. Selain dari tulisan dan obrolan, inspirasi juga bisa datang dari sebuah produk. Dari produk? Bagaimana bisa? Bisa donk. Makanya baca terus tulisan ini *maksa* :P.

Terinspirasi dari sebuah produk, ini aku alami sendiri ketika aku mengenal sebuah produk yang bermerek Gotosovie. Adakah yang belum tahu apa itu Gotosovie? Gotosovie adalah sebuah brand produk tas khusus kaum hawa, dengan tagline-nya Bag for Smart Activities. Aku mengenalnya secara online, ketika temanku men-share link websitenya di facebook. Namanya yang unik dan terkesan cantik, serta taglinenya yang menarik, menggugah rasa penasaranku untuk membuka link-nya. Dan... Wow! Websitenya keren sodara-sodara! Jujur loh, ini website jualan yang paling keren yang pernah aku kunjungi. Tampilannya rapi dan elegan, serta efisien. Efisien, dalam arti tak ada ruang yang sia-sia, dan tak ada pernak pernik yang tak berguna. Semua bagian yang ada punya arti tersendiri. Design websitenya jelas dibuat oleh seorang yang ahli di bidangnya. Nggak seperti website jualanku, website amatiran *nunduk malu*.

Aku terpesona dengan tampilan websitenya. Design websitenya yang berkelas itu memang mencerminkan produknya yang bermutu dan elegan. Design tas yang simple namun cantik dan modis, ditunjang sang fotomodel yang tampil apik dengan kostum dan gaya yang sejiwa dengan produk tasnya, membuatku makin betah berlama-lama melototi websitenya Gotosovie ini. Dari sini saja aku sudah banyak terinspirasi. Apa saja inspirasi yang aku ambil? Pertama kalau mau bikin toko online, kita harus bisa membuat betah para pengunjung. Salah satunya dengan memanjakan mata pengunjung dengan tampilan website yang menawan, seperti websitenya Gotosovie ini. Kedua, fitur-fitur websitenya harus sederhana, efisien, dan nggak ribet, untuk memudahkan pengunjung yang paling gaptek sekalipun. Ketiga, tampilan produk dan fotomodelnya Gotosovie ini, membuka pikiranku bahwa untuk tampil menarik itu nggak perlu pakai yang mahal dan ribet. Lihat deh model-modelnya Gotosovie, nggak perlu memakai banyak pernak pernik atau kostum yang wah, tapi enak dilihat, chic dan simple. I like it.

salah satu model favoritku :D - gambar dari sini

Nah itu tadi sekilas tentang websitenya Gotosovie. Bagaimana dengan produknya? Perlu diketahui bahwa semua tas Gotosovie diproduksi di dalam negeri, dengan bahan dari negeri sendiri, dan dikerjakan oleh pengrajin lokal. Wah, jelas banget ya kalau Gotosovie ini mampu menjadi penggerak ekonomi rakyat, seperti cita-citaku yang pernah aku tuangkan di tulisanku yang berjudul "Penggerak Ekonomi Rakyat". Semoga aku juga bisa. Amin.

Bagaimana dengan kualitasnya? Tentang kualitasnya bisa aku cari tahu dari testimonial para pelanggannya. Selain itu bisa juga aku lihat dari spesifikasi produk yang ada di websitenya. Di sana ditulis secara rinci informasi dari setiap tas. Dari bahannya, ukurannya, diperuntukkan untuk siapa, untuk apa, dan bisa diisi apa saja, hingga dijelaskan pula ada berapa ruang yang ada di dalamnya, serta berapa berat maksimal yang bisa ditanggung tas itu. Semua informasi itu dilengkapi foto-foto setiap bagiannya dengan jelas. Pokoknya komplit-plit. Jadi walaupun secara online, pengunjung tak perlu takut merasa tertipu karena informasi produk yang nggak jelas. Ini nih yang harus kita tiru dari Gotosovie. Terutama buat para penulis berita baik media cetak, media elektronik maupun media online. Bahwa memberi informasi itu harus jelas dan transparan, jangan sampai informasi cuma sepotong-sepotong saja, tapi mengarahkan pembaca pada opini yang belum tentu benar. Atau sengaja memberi informasi cuma sepenggal saja, biar menimbulkan penafsiran ganda. Eh, kok aku jadi ngomongin media. Ketahuan deh sering nonton infotainment #eh :P.

contoh detil tasnya - gambar dari sini

contoh detil tasnya - gambar dari sini
Nah, itulah segelintir dari banyak hal yang telah menginspirasiku. Lalu bagaimana dengan diriku sendiri? Sudahkah aku menginspirasi orang lain? Jawabannya aku serahkan pada pembaca dan pemirsa sekalian. Membuat pengunjung blog-ku membaca tulisanku sampai akhir saja itu sudah jadi prestasi besar bagiku, apalagi kalau mereka sampai terinspirasi. Sungguh membuatku merasa jadi orang yang berguna. Dan melalui tulisanku ini aku berterima kasih kepada teman-teman semua, karena kalian inspirasiku. Juga pada Gotosovie, teruslah menginspirasi, berkreasi dan berproduksi, memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

Reactions:

73 comments:

  1. Lah dapat hadiah segitu mah udah lumayan banget sist.... aku barunya dapat buku aja (emang juga jarang ikutan lomba, paling GA kecil2an, itu juga baru 5 kali, hoho). Hmm, jadi terpacu mau ikutan ^^ ,.

    Sukses ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. orang pontianak bilang Gaya mba Cova "Tak Mampu" hiehiheiehiehiehiee>
      "tak mampu" adalah ungkapan bahasa Pontianak artinya "mengagumkan", "mengesankan" atau terpukau Hiehiheihiehieieee

      Delete
    2. saya terkejut melihat gaya mbak cova, kaku tapi lentur, hehehehehe

      Delete
    3. @Ave Ry: iyah emang lumayan bgt. Lagi hoki waktu ituh.. hehehe. Aku jg jarang menang kok. Yg besar2an maupun yg kecil2an.. Tp ttp aja ga kapok ikutan lomba.. hahaa

      @mas asep: baru tau nih 'tak mampu' = 'mengagumkan'. Ah yg bener? *curiga* :D

      @agus setya: mana ada kaku tp lentur...? sik..sik.. aku cr dulu bagian yg kaku mana, bagian yg lentur mn.. hehehe

      Delete
    4. Bener donk. 20 tahun lebih di rantau Pontianak hiehiehee. Tau donk bahasa lokal Pontianak

      Delete
    5. Iye.. Iye.. Percayaaaaa kok.. :D
      Btw makasih ya pujiannya ;)

      Delete
    6. izin nyimak yang "Tak Mampuuu"

      Delete
    7. hiihihi.. monggo-mongoo..

      Delete
  2. bener mbak,kalo aku lagi jenuh dan males buat ngeblog,aku usahain untuk BW. nah..dari BW aku semangat dan terinspirasi lagi buat nulis :)
    btw udah sembuh mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul2.. Klo abis bewe biasanya jd pengen nulis lg.
      Alhamdulillah, mumpung bodi udah agak enakan nih mknya disempetin nulis sblm DL :D

      Delete
  3. Haduuuh. cakep banget ini tasnya. Ngomong2, tulisan ini buat lomba ya? Infonya di mana? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tasnya emang bikin mupeng abis yak :D
      Iyaa, ini GTSBlogCompetition. Infonya ada diwebsitenya :)

      Delete
  4. gayanya mb Cova emang tiada duanya hehehhe
    yg tas merah cakep banget mb, ini ikutan GA lagi ya
    wah kalau hadiahnya jutaan mau dooong ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gaya narsis tiada tara nih namanya.. Hahaha
      Aku jg mupeng bgt ama tas ituuu :D
      Hadiahnya voucher belanja nih, mpe jutaan loh

      Delete
  5. Replies
    1. Kameranya cocok bgt ya ma aku.. Hihihi..

      Delete
  6. hihihi..tasnya kerennnn....
    sukses kontesnya mbk ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa.. Kereeeeen bgt! ^^
      Makasih yaaaa..

      Delete
  7. Inspirasi juga bisa datang dari kolom komentar. Siapa tahu ada yang bertanya kepada kita. Contohnya saja, ceritakan dong kisah cinta kamu dengan suami kamu.

    *glodak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuuh... ^^
      Eh.. Tapi emang ada ya yg pengen tau kisah cintaku..? Uhuk! Hihihi

      Delete
  8. penasaran blognya mbak winda itu dimana ya?

    sukses ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klik aja tulisan "mak winda" dipostinganku ini. Udah di-link-in kok..
      Makasih yaaa.. ^^

      Delete
  9. saya sempetin mampir ke web Gotosovie, keren dan profesional banget emang ge'....
    liat gambar modelnya yang emang keren dan cantik, tas yang dibawanyapun okeh banget..tapi saya demen dengan tas yang digambar bawahnya tuh....beli ah untuk orang yang bersedia nerima hadiah dari saya....siapa coba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku! Aku! Aku! Mauuuuu bgt nerima hadiah dr muuu.. Apalg hadiahnya tas unyu ituuuuh *mupeng plus ge er* :D

      Delete
    2. saya juga mau kang kalau dikasih tasnya :D

      Delete
    3. iih ini kan tas buat cewek2 kece kek aku.. hahaa..

      Delete
  10. udah sembuh ya? katanya gi sakit?

    jd itu toh inspirasinya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, kondisi bodi udah lbh baik.. :)
      Iya, bbrp diantaranya :D

      Delete
  11. Tasnya cantik..:)),,eh mbak cova juga cantik denk :)))
    inspirasi bisa datang darimana saja..
    ini ikutan kontes apa c mbak,,klo ada kontes2 yg terkait dunia blog aku di bagiin ilmunya, diajari,,maklum masih kurang jar,hehe :p
    salam EPICENTRUM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiiih.. Makasih loh aku dibilang cantik.. Hihihi *blushing*
      Ini Gotosovie Blog Competition. Oke deh, ntar klo ada kontes2 lg aku kabari. Tp klo ilmunya aku jg amatiran gini.. :D

      Delete
  12. uaaaa, terharu jadi inspirasi cewek kece ini...:')
    btw, itu tas yang merah kok cakep amat yak.. *los pokus*
    hahahaa, makasih yaa, udah mampir main2 ke blog-ku dan mau2nya nyomot aku jadi inspirasyiong...huks huks...:'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uaaa, aku jg terharu loh mak Winda mampir kesini. Tdnya ga pede ikutan lomba2 lg, eh abis baca postinganmu ituh aku jd smangat lg. Yg penting enjoy aja :D
      Makasih ya maaaak.. *peluk erat*

      Delete
  13. posex bunda diatas sebanrx sdh bnyk yg pake.., pose itu bs dimodif trgantung suasana hati.., misalx gaya ngantuk.., lg galau, yg skrg bunda pake itu lg narsis hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah udah banyak yg pake ya. Hrs cari pose lain nih. Boleh deh ntar dimodif ajah.. Hehehe.. Saran yg bagus :D

      Delete
  14. udah lama ga bewe, kak cova makin cakep aja
    menginspirasi bgt kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah aku jd tersipu2 dibilang cakep.. *lgsg ngaca*
      Eh iya, dirimu kemana ajah? :D

      Delete
  15. Qu ska shape Giosovie d'tengah jd gk bebas d'copy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ouu watermarknya ya? Iya, bikin nambah keren juga :D

      Delete
  16. tasnya baguuss... tapi paling suka foto mb cova..cool..hehehe :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiih.. Aku jd malu.. Hihihi..
      Eh klo aku poto ama tas ituh pasti tambah cool ya,, brasa jd modelnya gotosovie..#halah :D

      Delete
  17. Betul sekali itu...
    Biar menarik memang harus menonjol. Karena sudah dari sononya manusia suka sesuatu yang bertonjolan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti aku hrs nambah tonjolan nih, biar tambah mnarik.. Hihihi :P

      Delete
    2. tonjolan apakah yg dimaksudkan ini...?
      saya menjadi kurang paham setelah membaca komen ini...
      Mohon penjelasan...
      :P

      Delete
    3. memang tonjolan harus dilihatkan... supaya banyak orang mengenal karakter orang itu sendiri... betul tidak?

      Delete
    4. nah tuh.. pertanyaannya dihas udah dijawab ama mas yono.. hehehe
      betuuuuul..

      Delete
  18. Wahhh Makasii Yahh Mbakk Atas Infonya :)
    Saya Juga Jadi Ikut Ke Inspirasi tuhh hehe
    Skali lagi terima kasihh Banyak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 yaa... Syukurlah, inspirasinya jd nular ya.. Hehehe :D

      Delete
  19. websitenya Gotosovie la iya menarik karena website, bukan miniweb atau blog. Tapi memang ku akui , penampilannya webnya sangat enak untuk dikunjungi. Aku pun betah berkunjung kesana.
    Ngomong-ngomong untuk event lomba, aku belum pernah menang. untuk membuat postingan saja susahnya kayak ampun dalam menyusun kalimat. Makanya saya lebih suka menyajikan gambar atau foto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aku punya website sekeren itu ya.. hehehe #ngayal
      harus banyak ikutan lomba tuh, biar peluang menang makin besar. Eh, gmn klo ikut lomba foto aja.. :D

      Delete
  20. aku juga jarang nih menang blog... jadi belajar banyak dari tulisan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. toos dulu ah.. sama deh kita.. yg penting ttp smangat 'n happy yaa ^^

      Delete
  21. Aku malah belum pernah dapet hadiah dari lomba mak... hehehe...
    Aku baru denger lho, merk tas tersebut :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp mak.. cb aja lagi. Kek aku jg jarang bgt menang.. hehehe. Tp aku ikut lombanya yg simple2 aja. :D
      Wah baru denger ya.. pdhl tasnya keren2 bgt loh

      Delete
  22. Wah, ada ya, merk itu...keliatannya cantik tuh tasnya... Langsung menuju TKP :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa.. tasnya cakep2 deh.. silahken diintip2 :D

      Delete
  23. dan inilah gaya tulisan mbak cova.. yo opo ora mbak..
    jelasin tas nya jlimet bangeets, apal jobo jerone ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. tulisanku njlimet yak..
      maklum, bginilah klo cewek ngomongin fashion.. #eeaaaaa.. :P

      Delete
  24. Keren sekali mbak cova. mantab sangat dah

    ReplyDelete
  25. berhubung saya masih baru mengenal blog..
    jadi harus banyak berkunjung ke blog tetangga...
    hebat nih mbak pernah dapet lomba belog ....
    kalau urusan lomba belog saya nyerah deh, bahasa saya ndak menarik banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaah.. siapa bilang ga menarik? masing2 kan punya gaya bahasa 'n tulisan sndri2..hehee
      tdnya aku jg ga mo ikut lomba2 gt. Tp kok lama2 tergoda jg.. hahaa

      Delete
  26. smoga berhasil lagi kali ini yaa..gut laaak =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnnn..
      makasih bgt atas doa'nya.. ^^

      Delete
  27. solusi untuk mengobati penyakit yang anda keluhkan
    obat herbal tumor otak

    ReplyDelete