Sunday, December 22, 2013

Ibu, Cinta Tanpa Akhir

Ibuku cantik. Nggak percaya? Lihat aja anaknya. Kalau anaknya cantik, pasti ibunya juga cantik. Teteeeup narsis :P. Sayangnya beliau ini nggak suka difoto. Katanya "Ibuk ini udah tua, udah jelek, nggak bagus difoto. Dulu waktu ibu masih muda, masih cantik, malah nggak ada yang moto". Dengan melengoskan wajahnya, dan mengangkat tangannya menutupi kamera. Gayanya mirip sekali dengan selebriti yang dikejar paparazi. Makanya foto-foto ibuku kebanyakan foto candid. Dan foto ini satu-satunya foto ibuku yang agak memandang kamera.

ibuku bersama 2 bidadarinya ^^
Itulah ibuku. Nggak narsis seperti anaknya. Tapi sebenarnya ibuku berperan besar dalam jiwa kenarsisanku. Sejak aku kecil beliau sering bilang kalau aku ini cantik, pintar, dan berbakat. Jadi, nggak ada alasan untuk malu-malu. Ya iyalah, semua ibu pasti bilang anak perempuannya cantik dan pintar. Aku juga bilang persis seperti itu ke anak perempuanku.. Hehehe. Tapi kata-kata yang sederhana itu cukup mampu menaikkan percaya diriku. Apalagi dengan banyak hal positif yang berhasil kuraih, aku semakin yakin, ibuku benar, bahwa aku memang punya kelebihan. Tentu kelebihan yang aku punyai tak ada artinya tanpa ikhtiar dan doa. Terlebih lagi doa orang tua. 

Ibuku selalu mendorong anak-anaknya mempunyai cita-cita setinggi langit. Tapi untuk dirinya sendiri, beliau tak punya ambisi muluk-muluk. Yang beliau inginkan hanya melihat anak cucunya hidup bahagia dan jadi orang berguna. Ibuku juga nggak pernah minta dibelikan ini itu. Nggak pernah pula minta diajak jalan-jalan plesir. Yang ibuku inginkan hanyalah berkumpul dengan anak dan cucu. Dan menghabisnya waktu bersama. Walaupun hanya sekedar jalan-jalan di taman dekat rumah saja.

ibuku bersama anak dan cucu yang narsis :D
Yah, keinginan ibuku hanya sesederhana itu. Tapi itupun belum bisa aku wujudkan. Boro-boro membuat ibuku senang, yang ada malah merepotkan. Sampai kini aku masih saja sering mengeluh, dan minta bantuan. Dari masalah anak-anak sampai masalah pembantu, dari urusan dapur sampai urusan baju. Tapi ibuku tak pernah merisaukan semua kerepotan itu. Bahkan ibuku berkata "Kalau kamu ada masalah, cerita saja sama ibu. Jangan kamu pendam sendiri. Ibu pasti bisa bantu". 

Memang sih, tidak semua masalah aku ceritakan ke ibuku. Ada beberapa masalah yang sengaja aku sembunyikan. Itu semata-mata karena aku tak ingin merepotkan dan membebani orang tuaku lagi, dengan masalah yang menurutku bisa aku tangani sendiri. Tapi feeling seorang ibu selalu kuat. Dia bisa melihat dan merasakan yang anak-anaknya rasakan, walaupun tak terucapkan. Itulah cinta. Merasa senang kalau orang yang dicintai bahagia. Merasa sedih jika orang yang dicintai terluka. Dan cinta seorang ibu pada anaknya, adalah cinta sejati tanpa akhir, dan tanpa pamrih. Walaupun terkadang anaknya melupakannya, namun doa ibu selalu ada untuknya. Seperti sebuah status yang ditulis temanku di FB:
"Jika matahari tenggelam dan redup cahayanya, cinta dan kasih sayang ibu pada anaknya tidak akan pernah hilang hingga akhir hayatnya"

Semoga Allah masih memberi kesempatan padaku untuk membahagiakan ibu dan melihat senyum cerianya :)
Selamat hari ibu.. untuk ibuku.. untukku.. dan untuk semua ibu di dunia ^^

Reactions:

33 comments:

  1. Replies
    1. Hehehe, sama... Ibuku juga gak suka di foto :)

      Dan selamat hari Ibu buat mbak juga :)

      Delete
    2. Hari Bapak kayaknya belum ada ya
      Hmmmmmm

      Delete
    3. Etika maria... Makasih yaaa.. 'n selamat anda yg pertamax.. *kalungi kembang* :D

      Mas asep.. Ayo dibikin aja hari bapak. Kmrn anakku jg nanya tuh, kok ga ada hari bapak? Hehehe

      Delete
    4. harinya bapak-bapak ada kok di kapeka

      Delete
  2. Konon katanya sih anak perempuan lebih condong dekat kepada Ibunya ya. HIhiehiee. Walaupun ini Hari Ibu, para Bapak juga boleh ikut ucapin ya.
    Met Hari Ibu semuanya. :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keknya gt sih. Anak perempuanku jg sukanya curhat ke aku, bkn ke bapaknya.. Hehehe
      Makasih yaa.. ^^

      Delete
  3. saatnya wujudkan cinta kepada Ibu di hari spesial ini.....
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah masih banyak yg inget ama ibunya ya. Smoga bkn hanya hr ini aja :D

      Delete
  4. met hari ibu mak... iya, kalo sama ibu tu bawaannya anak jadi agak manja ya... soalnya ibunya amat sangat bisa diandalin sih ya... hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi.. Bener jg ya.. Kebiasaan apa2 dibantu jd manja deh :D
      Met hari ibu jg mak ^^

      Delete
  5. Ibunya cantik..anak2nya juga cantik2.. yang komennya juga cantiikk Eehh xixixi...

    mari kita narsis di hari ibu :D
    selamat hari ibu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti donk.. Yg komen disini cantik2 'n ganteng2..
      Klo mak nchie hanie sih emang udah cantik dr sononya.. Hihihi

      Met hari ibu.. Smoga narsis selalu.. #halah :D

      Delete
    2. Mba Cova malah udah cantik sejak bayi
      beneran loh

      Delete
    3. Keknya malah lebih cantik waktu bayi.. Hihihi

      Delete
  6. saya kok belum mengucapkan hari ibu ya? eh tapi kalau saya ucapkan apa ibu saya membaca blog ini ya...
    hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibacain aja blognya hiehiehiheie

      Delete
    2. Ibuku jg blm baca blog ini kok.. Hihihi

      Delete
  7. keinginan ibu kebanyakan sederhanay, ya. Ingin anak dan cucunya bahagia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali.. Dan smoga keinginan ibu kita bs terwujud.. Amin :)

      Delete
  8. izin mau duduk di sini boleh kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahken.. Tp bawa tiker sndri.. Hehehe

      Delete
  9. Replies
    1. Sepanjang masa sampe akhir hayatnya :D

      Delete