Tuesday, January 28, 2014

Pantai Suluban, Surga di Balik Karang

Sudah lama Runaway Diary nggak nulis tentang traveling. Padahal bahan untuk menulis masih banyak loh. Apalagi kalau menuliskan kisah di Pulau Bali, nggak pernah ada matinya. Setiap tempat pasti punya cerita. Dari daratan hingga dalam lautan, dari pantai hingga pegunungan. Nah kali ini aku akan mengajak teman-teman sekalian mengunjungi sebuah pantai indah di bagian selatan pulau bali. Pantai ini biasa disebut Pantai Suluban. Mungkin banyak di antara pembaca yang belum pernah mendengar nama ini. Aku juga baru tahu saat itu kok. Tapi aku jamin setelah kalian mengenalnya kalian akan jatuh cinta padanya, dan ingin kembali lagi mencumbunya. Berkali-kali kesanapun nggak akan pernah bosan. Aku sendiri nggak menyangka akan menemui pantai seeksotis ini, dengan begitu banyak pesona. Pada awalnya sebenarnya tujuan utama kami bukan ke pantai ini, tapi ke pantai Padang-padang. Berhubung pantai padang-padang saat itu penuh sekali pengunjungnya, maka kami urungkan dan pindah ke pantai suluban yang letaknya tidak jauh dari pantai padang-padang.

Pantai Suluban ini berada di kawasan Uluwatu, desa Pecatu, Bali. Tepatnya 3 km dari Pura Uluwatu. Kalau dari pantai padang-padang tinggal mengikuti jalan ke arah selatan sampai ketemu pertigaan, kemudian belok kanan. Nah sampailah di tempat parkir Pantai Suluban. Dari situ jangan harap bisa langsung bertemu dengan pantainya, karena kami harus menyiapkan energi untuk menuruni anak tangga yang jumlahnya nggak sedikit. Pak Ketut, driver kami, sudah mengingatkan kami, kalau menuju pantai ini harus siap sedikit pegel kakinya. Yup, baiklah kami jalani. Sebenarnya sih turun tangganya nggak jauh-jauh amat, tapi berhubung bodiku bukan abege lagi, yah lumayan ngos-ngosan. Anak-anak tangga berhasil kami turuni, tapi belum juga mempertemukan kami dengan pantainya. Kami malah dikepung rumah-rumah penduduk. Kami ikuti jalan di antara rumah-rumah penduduk tersebut. Tapi yang kami temukan malah kafe-kafe dengan pemandangan lepas pantai yang sangat menawan. Dari atas sini terlihat hamparan pantai dengan lautan berwarna gradasi biru dan toska, perpaduan ganggang dan karang. Tampak sekali kalau airnya sangat bening. Bukan hanya airnya yang bening, tapi banyak pula bule-bule bening #halah. Bahkan aku lihat ada yang berenang sambil menggendong pasangannya (gimana caranya coba?). Pokoknya romantis banget deh.


Baru asik-asiknya menikmati pantai dari ketinggian, suamiku mengajakku untuk mencari jalan turun ke pantai. Hmm..kalau dari atas sini aja udah seindah ini, pasti akan lebih asik lagi kalau turun langsung ke pantainya. Dengan mengikuti bule-bule, akhirnya kami tahu arah ke pantai. Rupanya letaknya memang tersembunyi di balik karang-karang besar. Karang-karang itu berlubang membentuk semacam sebuah terowongan. Terowongan tersebut mengantarkan kami ke sebuah pantai berpasih putih, yang airnya jernih sekaliiii... Tampak jelas ganggang dan ikan-ikan kecil berenang di balik karang, seperti di akuarium. Pasirnya juga lembut dan airnya tenang, jadi aman kalau mau berenang. Dari sini aku melihat dengan jelas bule yang menggendong pasangannya yang kulihat dari atas tadi. Wah jadi inget adegan di pelem-pelem. Dengan melihat mereka saja hatiku udah terhibur. Apalagi ditambah pemandangan para surfer yang berbodi seksi, ah indahnya.. Hihihii


Itu baru satu sisi pantainya, masih ada beberapa bagian pantai yang asyik untuk diekplore. Beberapa bagian pantai itu dipisah-pisahkan oleh karang, dan menghadirkan suasana pantai yang berbeda. Pantai bagian sebelah kanan permukaannya lebih berkarang dan ditumbuhi ganggang. Mungkin karena berkarang maka pengunjung di bagian ini lebih sedikit. Tapi pemandangannya sangat menawan, dan justru tempat inilah yang menjadi spot para fotografer untuk mengambil gambar. Seperti saat aku kesana, waktu itu bersamaan dengan momen pemotretan prewedding. Dan mereka ini jauh-jauh datang dari negara luar negeri loh. Kebayang nggak sih ribetnya bawa-bawa peralatan seheboh itu ke pantai yang aksesnya lumayan susah. Semua demi mendapatkan gambar yang sempurna.


Seru juga loh ngliatin kerempongan mereka. Jadilah aku hanya nongkrong di pinggir pantai, sambil memandangi para kru yang bekerja. Sesekali aku ikut mencuri-curi gambar juga.. Hihihii.. Ada rasa pengen berpose seperti itu, tapi mana mungkin? Lah aku kan udah nikah. Apa mesti nikah lagi? Hahaa. Hari mulai mendung dan sore menjelang. Akhirnya para kru pemotretan selesai juga tugasnya. Seperginya mereka, mulailah aku merekaulang kegiatan mereka tadi. Maksudnya, giliran aku yang berfoto ria di tempat mereka tadi.. Hehehe



Kami bertahan di bagian itu sampai waktu sunset menjelang. Tapi air lautnya makin lama makin tinggi. Kami jadi was-was kalau kelamaan di situ bisa terjebak air laut, terus nggak bisa balik. Ya sudah, cari tempat lain aja untuk menikmati sunset. Dengan berkejar-kejaran dengan air laut yang mulai tinggi, akhirnya kami sampai di pantai yang sebelah kiri. Di bagian ini pantainya lebih berpasir, dan kulihat masih ada beberapa bule yang surfing. Beberapa orang masih duduk-duduk di pinggir pantai. Mungkin seperti kami yang sedang menunggu senja.


Pantai suluban ini pas sekali untuk jadi tempat pelarian dari segala kepenatan, dan tempat persembunyian dari segala hiruk pikuk kesibukan. Letaknya yang tersembunyi dan memiliki ombak yang sempurna untuk surfing, membuat pantai ini menjadi surga bagi para surfer, dan juga bagiku. Lupakan bayangan kalian tentang pantai kuta dan pantai sanur yang landai, karena di sini kalian akan menemukan sensasi yang berbeda.

Happy traveling ^^

Reactions:

54 comments:

  1. Waww
    waww
    waww..
    #jungkir balik 10 kali

    Indah sekali mbak :)
    kapan yah, tika bisa kesana :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang mba Cova sedang menyiapkan GIveAwaynya. Hadiahnya Tiket PP dari lokasi ke tempat wisata tersebut + Akomodasi Hotel Bintang 5 dan masing masing pemenang dapat uang saku Rp.10.000.000,- Sip sip mba Cova. Woww keren sekali GA nya tuh. uiiiiiiiiii

      Delete
    2. aminnnnnn...
      mari kita sama2 bermimpi.. hahaha :P

      Delete
    3. Klo kang asep.menang hadiahnya di.kasih saya kan?

      Delete
    4. aku jg mau loh dikasih hadiahnya... hihihi

      Delete
    5. pantainya indah banget ya mbak cova, kpn2 saya mau diajak keliling pantai, hehehe :D semoga bisa masuk 10 besar srikandi blogger ya mbak, amin :) selamat bergabung dgn emak2 blogger :D

      Delete
    6. ayuk2.. keliling2 pantai bareng2 pasti seru yaa.. berjemur, berenang, mpe guling2an.. hihihi
      makasih yaa.. tp 50 besar aja ga masuk nih.. hehe.. cb lg taun dpn ^^

      Delete
  2. it's Amazing,.. saya bisa bilang kaya gtu padahal blum kesana, apalagi kalau saya udah kesanan ya..
    follback mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makin amazing lagi, krn ga cm bs melihat, tp bs menyentuh langsung.. hihihi
      udah aku follow yaa..

      Delete
  3. wowwww... aku baru pertama kali tau nama pantainya itu kak.. tadi awalnya aku kira di Jawa, ternyata di Bali toh? wahh bener2 recommended banget tuh.. kapan2 kalo ke Bali aku harus kesana.. makasih yaaa kak buat infonya *kecups*

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus kesanaaaa...! hihihi
      dijamin betah deh.. banyak spot yg bs dieksplore.. :D

      Delete
    2. okedeh kak.. harus kesana kalo ke Bali.. hahahhaaa...

      Delete
  4. Keren say... ini saking indahnya atau saking pinternya yang motret ya.. kombinasi kayaknya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ga pinter2 amat kok dlm hal poto memoto.. hasilnya keren krn obyeknya yg keren tuh.. hihihi

      Delete
  5. Uuuuuh, cakep banget pantainya.
    Jadi mau segera berlari-lari di pantainya :)
    Baru tahu ada pantai ini di Bali.
    Info yang keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. berlari2.. guling2... berenang.. menyelam.. ato berjemur... smua bisa disini.. hihihi

      Delete
  6. ketauan bgt ga mau kalahnya sama yg foto pre wed hahahaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iiishh.. kalian ini nuduh kok bnr gt sih.. hahaha

      Delete
  7. Bali pantainya indah-indah ya mbak. Kapan ya bisa ke Bali bareng anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantainya di kawasan Uluwatu
      Wuui belum pernah ke sana hiks hiks hikssssssssss

      Delete
    2. iya mbk ika.. smakin jarang terdengar smakin bagus pantainya.. hehehe. Ayo ajak anak2 kesini..pasti ketagihan.. :D

      ayo mas asep kebali lg.. ga usah nunggu menang GAku.. hahaha

      Delete
    3. Semakin terkenal pantainya biasa jd kumuh ya kang

      Delete
    4. wah kalo ditulis disini bs jd tambah terkenal donk ya.. hahahaa.. *kepedean :P

      Delete
  8. Pantai Suluban..kenangan di situ pasti sangat romantis juga kaaan? uhuuk aku kapan yo ke sana*ajak aku Mak...gak nolak aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak.. apalagi klo sambil berenang berduaan ya.. hihihi
      ayok2 aku ajak.. tp aku jg nunggu ajakan nih.. haha

      Delete
  9. Hahah keren keren. Biar pada minggi semua tuh kru foto prewednya, Tinggal pinjam buket bunganya aja baru deh gaya PRA WEDD namanya hihiehiehe. Eniwei baru dengar nih nama Pantainya uhuiiiiii. Belum pernah nyampei ke Uluwatu nih saya. Hiks hiks, Kalau sudah dengar cerita tentang BALI jadi kepengen mau ke sana lagi. Kapan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih.. pengen foto prewed, soalnya blm pernah nih poto2 bgitu.. apalg pake gaun kek gt.. hihihi..
      Kalo kebali lagi mesti kesini nih mas.. asoy bgt deh :D

      Delete
  10. wah ada acara prewed juga, dari kejauhan seperti orang jaring ikan, heheheh soalnya gaunnya kayak jaring sih upss...
    eh mbak cova digendong suaminya terjun ke laut gak?
    hehehe mau tau aja ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. huwaaa..itu gaun pengantin kok dibilang jaring.. -_____-

      eh maunya sih gt.. digendong nyemplung laut. Tapi ga jd deh, soalnya aku ga bawa bikini.. hahaha :P

      Delete
  11. pantainya benar-benar eksotis... indah banget....
    seandainya ada pantai seperti itu dekat rumahku...

    #ngebayangin yg enggak-enggak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngebayangin yang enggak nggak misalnya : Makan Bakso campur es krim

      Delete
  12. asiiik... bening yaa..

    di list donk apa aja yang belum diceritain huheuheuehueh

    ReplyDelete
    Replies
    1. uhuuuuy... ^^

      iya jg ya.. eh klo di list ntar ga pd pnasaran deh.. hihihi

      Delete
  13. Wah .. indah sekali mbak ... jadi pengen kesana ..

    ReplyDelete
  14. model yang pake jilbab malah kliatan lebih cantik(semoga mata saya ngga lagi siwer)..jika dibandingin sama foto diatasnya ya...ko' bisa seh?
    #heran plus bingung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaiih aku jd tersipu2 nih.. tp emang kok yg pake jilbab lbh cantik kalo ngliatnya pake hati.. hihihi :P

      Delete
  15. cantiiiiiiik......fotonya wooow...Uluwatu memang unik, karang-karang besar itu justru menambah keeksotikan jajaran pantai di sana,..pengen balik ke Baliiii ..viva #itchyfeet, viva traveling..

    ReplyDelete
    Replies
    1. viva traveling!! ^^

      Betul2.. karang dipantai ini emang unik bgt. Bukan cm keren, tp jg bs jd t4 berteduh.. hehehe

      Delete
  16. Bali memang ngangeni, aku pernah ke pantai ini tahun 2012 lalu......ach rasanya ingin ke bali lagi........keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thn 2012 pasti masih sepi ya pantai ini.. mestinya lbh keren lg :D
      happy blogging.. salam dr jkt ^^

      Delete
  17. Cakep bener pemandangannya. Pasti jadi obyek wisata yang menarik
    Saya ke Bali baru menjeguk Kuta saja je
    Terima kasih reportasenya yang menarik
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantai2 di Bali emang cakep2 pakdhe.. ini salah satunya. Smoga kpn2 pakdhe bisa menjenguknya :)

      Salam manis dari jakarta ^^

      Delete
  18. keep sharing dan posting yg berkualitas gan :)

    ReplyDelete
  19. cantik banget mbak pantainya
    fotonya bagusss semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. fotonya bagus krn objeknya keren tuh.. hehehe

      Delete
  20. pemandangannya bagus banget dan air laut serta pasirpun gak kalah bagusnya :D salam kunjungan perdana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya kunjungannya.. salam kenal ^^

      Delete
  21. Wonderfull.bener-bener eksotic.. rekomendasi buat wisata tuh kak..

    ReplyDelete