Sunday, August 24, 2014

Ceker Bumbu Kecap Ala Cova

Adakah yang suka ceker sepertiku? Kalau aku bukan hanya suka, tapi sukaaaaaa bingits. Sebut saja aku Cova si ceker lover.. hihii.. Bukan hanya karena rasanya yang yummy, tapi karena manfaatnya yang banyak sekali. Ceker mengandung zat kolagen yang tinggi, itu sangat bermanfaat untuk pertumbuhan, dan mempertahankan elastisitas kulit. Jadi kalau makan ceker bisa jadi awet muda :D. Ceker juga mengandung zat kapur yang bisa mencegah osteoporosis, dan membantu pemulihan para penderita rematik. 

Nggak salah kan kalau aku sangat menggemari si ceker ini? Apalagi kalau cekernya dimasak menjadi sajian masakan yang maknyus. Dulu aku sering beli ceker di tukang mie ayam. Biasanya pesen mie ayam ceker dengan ekstra ceker. Jadi dapet cekernya buanyak.. hihii.. Tapi sayang, sekarang tukang mie ayam ceker langgananku udah hilang entah kemana. Sepertinya nggak kuat mbayar sewa tempatnya, jadi dia pindah. Ah sedih. 

Daripada galau nggak bisa makan ceker kesukaan, mending bikin sendiri aja. Kalau bikin sendiri jelas lebih maknyus, karena bisa disesuaikan dengan selera sendiri. Nah, kali ini aku mau sharing resep ceker ayam buatanku. Mudah dan lezat. Yuks yang mau nyoba silahkan..  Ceker ayam bumbu kecap ala Cova 



Bahan:

20 buah ceker ayam
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1 sdt garam
1/2 sdt lada
3 sdm kecap manis
1 sdm gula jawa 
1 sdm air asam jawa
air secukupnya

Cara membuatnya:
1. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam, dan lada.
2. Tumis hingga kecoklatan 
3. Masukkan ceker, tumis sebentar, kemudian beri air secukupnya
4. Masukkan air asam jawa, kecap manis, dan gula jawa.
5. Masak hingga ceker empuk dan bumbu meresap
6. Siap dihidangkan

Nah selesai. Mudah bukan? Selamat mencoba!



Reactions:

28 comments:

  1. Mantap nih resepnya... Aku penggemar ceker... Perlu dicoba nih di dapurku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama donk kita.. Ceker lover.. Hihii.. Silahkan dicoba, gampang kok :D

      Delete
  2. aku makan ceker cuma saat masih kecil aja mak..memang ceker enak mak, asal jangan kebanyakan aja makannya hihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jg inget waktu kecil dl cekernya di campurin di sayur sop. Gurih seger..

      Delete
  3. saya penggemar ceker. Ngeces lihat ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss! Sama2 suka ceker.. Hehe
      Pokoknya nyam2 deh :D

      Delete
  4. emak kalau ceker plus kepala bisa kagak???/cobaiinnn ah....makasih ya mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok.. Bagian ayam yg lain jg bs.. Selamat mencobaaa..

      Delete
  5. Waaahhh Mantaaap... Mesti coba dimasak nih nih resep dari Mba Cova. Let's cooking... Tapi jujur ana gak suka ceker, hemmm tinggal diganti sama yang lain bisa kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betuul.. Divariasiin ama bahan yg lain aja sesuai selera.. Smoga sukses nyoba resepnya ya..

      Delete
  6. Saya bangeeett penggila ceker, meski banyak org jijik hehe
    Nyum keliatannya enak Mak
    Kapan2 dicoba
    TFS yaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak org yg geli kalo liat ceker. Pdhl rasanya enak yaa.. Hihii
      Sama2.. :)

      Delete
  7. wah cekernya kalau cokelat gini saya ga takut
    kelihatan menggoda banget hehe
    suka ceker ternyata mb Cova

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo yg warnanya msh bening geli ya ngliatnya.. Hihii..
      Yg ini nyam2 bingit loh :D

      Delete
  8. boleh dicoba nih, karena saya masak ceker biasanya cuma di sop :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesekali dibikin menu lain mak..biar ga bosen :D

      Delete
  9. saya juga suka ceker ayam, tapi paling enak kalo makannya pake tangan bukan sendok, beuh lebih nikmat rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup bener bgt.. Kalo pake sendok ribet makannya.. Bisa2 malah lompat cekernya.. Hihii

      Delete
  10. Huwaaa aku pernah coba loh Mbak, tapi pakai saus tiram. Eh coba juga ceker ayam bumbu ngohiang, bumbunya bisa di beli di supermarket gitu (^.^)9

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah boleh dicoba nih idenya.. Pake ngohiang jd kek masakan oriental gt ya.. Keknya enak..

      Delete
  11. lho kirain cuma aku doang penggemar ceker ayam.
    aku lah ceker lover sesungguhnya, di rumah suka dimasakin ceker kecap gini, kadang ceker bumbu rujak, kari ayam ceker, soto ceker dan sebagainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah ternyata penggemar ceker jg ya.. Sesama ceker lover kita.. Haha.. Menu cekernya jg macem2 gt. Jd pengen nyoba masak pake bumbu2 yg lain..

      Delete
  12. Wah kayaknya enak banget ya makannya. Aku belum pernah masak ceker. Boleh juga nih buat selingan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa enak bingits.. Hihii
      Sekali coba bisa ketagihan #halah :P

      Delete
  13. ga suka ceker, liatnya aku geli :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pdhl enak loh say... *colekin jeng mila pake ceker :))

      Delete
  14. selamat beraktivitas. . .mari kita awali aktivitas hari ini dengan menyimak informasi yang aktual di halaman yang sangat luar biasa ini !!!

    ReplyDelete
  15. bagus sekali informasi yg agan berikan sangat menarik dan bermanfaat thanks gan, ijin share berbagi info :)

    ReplyDelete