Thursday, August 07, 2014

Pake Jilbab Masa' Gitu

Kira-kira beberapa bulan yang lalu aku sempat kaget, ada seorang teman di facebook (dia cowok) mengelike sebuah fanpage yang menurutku janggal. Judulnya Jilbab Mesum kalau nggak salah. Semoga aja salah ya, biar nggak pada penasaran mbuka fanpage ini, seperti yang kulakukan waktu itu.. hehe.. Ya iyalah aku penasaran, karena kedua kata itu sangat tidak pantas untuk digabungkan menjadi sebuah judul. Kata jilbab yang menggambarkan pakaian terhormat para muslimah, dan kata mesum yang menggambarkan perilaku amoral yang rendah. Sangat nggak matching kan? Sepertinya ini semacam fanpage yang melecehkan muslimah. Begitu aku klik, aku tambah kaget lagi. Aku mendapati puluhan, mungkin ratusan, foto perempuan berjilbab yang semuanya cantik dan masih muda. Apa salahnya? Yang jadi masalah adalah pada pakaiannya, penutup tubuhnya, bukan pada penutup kepalanya. Bagian kepala terbungkus rapi dengan jilbab yang menambah cantik pemakainya, tapi bagian dada dan bagian tubuh lainnya sangat ketat, dan sangat menonjolkan bagian-bagian yang menonjol. Bisa dibayangkan bagaimana penampakannya kan? Yup! sangat seksi tapi vulgar, hingga aku malu sendiri, dan buru-buru ngaca. Aku bercermin untuk memastikan bahwa penampilanku tidak seperti perempuan-perempuan di fanpage itu. Syukurlah, walaupun selama ini aku masih suka memakai jilbab pendek, tapi pakaianku cukup longgar, jadi masih terlihat sopan (semoga...)

Nggak berapa lama dari kejadian di atas, aku mengalami lagi kejadian serupa. Kali ini bukan di dunia maya, tapi di dunia nyata, di rumahku sendiri! Sumpah, aku nggak pernah menyangka akan mendapati pemandangan aneh bin ajaib di rumahku sendiri. Sebut saja namanya Siti (nama sebenarnya). Dia pembantuku. Waktu itu dia pamitan mau pulang kampung. Apa anehnya? Ya tentu aneh kalau pakaiannya seperti itu. Celana legging super ketat, dirangkap dengan celana hotpant super pendek membungkus bagian bawah tubuhnya yang bohai. Sedang untuk menutup bagian atasnya, dia memakai blus longgar warna putih dari bahan sifon yang tipis, hingga warna *H hitamnya kelihatan. Belum lagi sendal wedge segede batu bata yang membuat penampilannya tambah nyentrik. Cukup aneh bukan? Aku bengong memandang penampilannya dari ujung kaki hingga bagian mukanya yang sangat menor seperti pemain lenong.. daaan.. dia pakai jilbab! *shock*. Model hijaber dari mana ini? Seheboh-hebohnya para hijaber berkreasi, inilah yg paling nggak masuk akal bagiku. Hadeeh.. Pake jilbab masa gitu.. Padahal jilbab itu kan bukan topi, atau sekedar penutup kepala aja. Apalah gunanya kepala ditutup tapi bagian bawahnya dibuka. Bukankah sama aja dibuka kalau bajunya tipis transparan atau sangat ketat seperti itu?

Setelah beberapa kejadian itu, ternyata masih banyak loh para pemakai jilbab model begini. Seperti yang baru-baru ini (kembali) marak di sosial media tentang jilboobs. Walah apalagi itu? Jilboobs berasal dari kata jilbab dan boobs (payudara). Kabarnya jilboobs ini ada blognya, yang isinya foto-foto perempuan berjilbab tapi menonjolkan boobs-nya karena bajunya sangat ketat. Yah nggak beda ama jilbab mesum gitulah. Peminatnya tentu saja para laki-laki mesum juga. Dan foto-fotonya banyak yang foto candid loh. Maksudnya, perempuan-perempuan ini difoto secara diam-diam. Karena pakaiannya yang menggoda inilah yang membuatnya menjadi korban para pemburu jilboobs. Ada juga foto-foto yang dicuri pemburu jilboobs dari foto-foto yang beredar di sosial media. Ngeri ya? Nggak rela kan kalau diri kita jadi korban pemburu jilboobs dan dilecehkan para lelaki mesum? Yuk ah, kita sama-sama membenahi diri dengan memakai pakaian yang terhormat. Sudah semestinya kita mengembalikan fungsi pakaian sebagai pelindung, termasuk melindungi kita dari perbuatan maksiat, dan nggak memancing-mancing orang untuk berbuat maksiat. << mengingatkan diri sendiri.

NB: untuk postingan kali ini sengaja nggak menampilkan foto, karena takut jadi korban pemburu jilboobs #halah :P






Reactions:

20 comments:

  1. Sy jg udh lihat contoh jilboobs di berita apa gitu. Mnrt berita tsb, mereka hny ikut tren berhijab yg trendi tp msh ingin diperhatikan lawan jenis. Maka jadilah jilboobs itu tadi. Miris ya :( Mudah2an mereka segera mendapat hidayah n memperbaiki penampilannya spy tdk menonjolkan lekuk tubuhnya lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun segitunya ya pengen diperhatikan.. Malu bgt klo liat foto2nya. Pdhl ga da untungnya mrka sperti itu. Pengen diperhatikan lawan jenis, tp yg memperhatikan cowok2 ga bnr, ya malah rugi

      Delete
  2. pingin nabok mak kl liat yg gituan. semoga mereka sgera taubat. kl tidak semoga Alloh nabok mereka n pemilik mata mesum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo aku sih pengen buru2 mbungkus mereka pake karung.. Hahaa

      Delete
  3. tren jaman sekarang makin aneh-aneh aja ya *geleng2

    ReplyDelete
  4. Kalo untuk si Mbak Siti itu kayaknya belum ngerti cara berjilbab yg benar. Bisa jadi hanya ikut2an, Bu :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keknya gt. Pdhl jilbabnya bagus loh. Tp astaghfirullah..bawahnya kek pemain sirkus

      Delete
  5. apalagi untuk lebaran tahun ini, dibeberapa tempat saya tinggal.
    mungkin mereka hanya mengikuti trend (kebanyakan pemudik yang udah kerja)
    tapi apakah trend memang harus begitu *super ketat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dibilang mereka ini jilbaber karbitan #eh. Smoga ini hanya proses, hingga akhirnya mrka ini nanti berpakaian sesuai syariat

      Delete
  6. tadi juga liat di yahoo beritanya #miris

    ReplyDelete
  7. Aku baca berita-beritanya di media emang serem ya, mak, FB jilboobs ini... Btw, itu Si Siti kenapa musti pake jilbab yak, padahal baju-bajunya super hot... hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ntu die mak isti.. Apa fungsinya itu jilbab, kalo kepalanya doank yg ditutup. Aku jg bingung apa yg ada pikirannya pake baju kek bgitu

      Delete
  8. MasyaAllah.... fenomena apalagi ini ya mak.... sedih saya mak, sungguh sangat sedih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya miris bgt. Msh gagal paham, mrka ini sengaja ga sih pake pakaian kek gt?

      Delete
  9. Jilboobs ini kalau dari tata bahasa (gramatika) Bahasa Inggris memang diambil dari kata "boobs" atau slank nya dari Breast atau (maaf) dada wanita. Dari sini saja, saya melihat dari sisi tata bahasa Inggris *(Gramatika) atau Grammar nya saja sudah mengarah ke "sana". Jadi fokus dari Fenomena "JilBooobs" ini adalah menonjol keseksian lekuk tubuh wanita pada bagian (maaf) dada nya. Mohon Ampun ya Allah SWT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astaghfirullah... Smoga kita smua terhindar dr hal2 sperti ini.. Smoga jilboobs ga disusul ama jilbutt 'n jil2 aneh yg laen

      Delete
    2. Iheiheiheiehieei Waaaaaaaaaaa huahahahahaa

      Delete
  10. semoga saja ini awal yang bisa menjadikan atau untuk berhijab dengan syari yang berlaku.

    ReplyDelete