Tuesday, August 05, 2014

My Sewing Books

Selamat siang pembaca Runaway Diary sekalian. Sebelumnya aku mau ngucapin mohon maaf lahir batin ya. Maafkan keterlambatan pengucapan ini, dikarenakan berhari-hari nggak sempet buka blog, sibuk liburan.. hehe. Dan kini saatnya kembali ke dunia normalku, di mana aku bisa menorehkan sepenggal cerita dalam rangkaian kata di blogku tercinta.. #eaaa..

Kali ini postinganku bercerita tentang hobiku, jahit menjahit. Sebenarnya ini terinspirasi dari obrolan emak-emak di grup FB Kumpulan Emak-emak Blogger, yang membahas tentang mesin jahit dan ketertarikan beberapa emak dalam bidang ini. Ada pertanyaan menarik dari mak Jihan Davincka, apakah menjahit itu butuh bakat atau seperti menulis yang makin dilatih makin terlatih. Kalau pendapatku, aku sepakat dengan pernyataan yang kedua. Menjahit itu semakin dilatih akan semakin ahli. Yang penting ada kemauan, nggak mudah bosen, dan nggak mudah menyerah. Ada bakat tapi nggak ada kemauan, sama juga bohong kan? Nggak bakal menghasilkan apa-apa. Tapi kalau ada kemauan keras, belajar secara otodidakpun bisa berhasil loh, tanpa harus ngambil les atau kursus menjahit. 

Contohnya aku sendiri, yang memutuskan belajar menjahit secara otodidak. Kenapa otodidak? Karena aku nggak punya waktu untuk ikut kursus. Kegiatanku sehari-hari udah cukup menyita waktu *sok sibuk*, jadi aku nggak mungkin lagi meluangkan waktu dan tenaga untuk kursus menjahit di luar rumah. Kedua tentu saja karena alasan biaya. Kursus menjahit itu biayanya cukup mahal bagiku. Daripada buat bayar kursus, mending duitnya buat beli kain atau peralatan jahit. Terus belajarnya dari mana kalau nggak kursus? Belajarnya dari internet, lewat website atau blog, dan belajar dari buku-buku menjahit. Nah di bawah ini aku sharing buku jahit menjahit yang aku punya. Siapa tahu ada yang tertarik belajar menjahit juga, atau pengen cari buku menjahit yang rekomended. Yuk kita lihat..


Buku Panduan Membuat Pola Busana


Buat yang sama sekali belum mengenal dunia jahit menjahit, dijamin langsung puyeng melihat penampakan buku ini. Apalagi bagian dalamnya, nggak ada menariknya sama sekali. Hanya kertas putih dengan cetakan tulisan dan garis pola busana yang cetakannya mirip banget ama fotokopian. Yup! Buku ini nggak ada menariknya sama sekali. Tapi mau bagaimana lagi, mau nggak mau aku harus mempelajari buku ini, karena nggak ada lagi buku menjahit yang aku temukan saat itu. Memang cukup mengherankan, di Indonesia penjahit banyak, tapi buku tentang menjahit jumlahnya sangat sedikit. Itupun pelit banget ilmunya. 

Oke, kembali ke buku orange ini. Dengan susah payah aku mempelajari bagaimana membuat pola busana dengan teori dan hitungan yang lumayan njlimet untuk otak tuaku ini. Benar kata orang, no pain no gain. Akhirnya aku berhasil membuat pola, dan menjahitnya jadi beberapa blouse dan baju anak-anak. Hasilnya memuaskan, potongan pas di badan, karena emang ukurannya dihitung secara detil. Tapi buku ini cuma mengajarkan membuat pola saja, sedangkan step-step dan cara menjahit tidak dibahas di buku ini.

Beautiful Blouse - Tatiana Vidi



Aku sebut buku ini buku menjahit kontemporer. Lupakan acara ngitung ukuran yang njlimet. Buku ini sudah menghitungkannya untuk anda. #Halah kaya' iklan aja :D. Yang diperlukan cuma ukuran dada, pinggang, dan pinggul. Dari ukuran itu, kita tentukan masuk size apa, bisa XS, S, M, L, atau XL. Ada tabelnya untuk masing-masing ukuran. Selanjutnya tinggal membuat polanya sesuai ukuran yang tersedia. Praktis, nggak pakai puyeng ngitung sendiri. Kelebihan buku ini adalah pada step by stepnya. Jadi bagi pemula, buku ini sangat mudah dipahami. Kekurangannya, model bajunya itu-itu aja, paling-paling variasinya ada di panjang lengan atau blusnya aja. Satu lagi, polanya kurang pas untuk yang berbadan kurang ideal. Jadi bagi yang badannya kurang ideal, perlu ada modifikasi, seperti memperbesar atau memperkecil bagian tertentu, biar lebih pas.

Baju Kasual untuk Remaja


Males ngitung pola, males nggambar pola, tapi pengen bikin baju sendiri? Buku ini jawabannya. Bahkan orang yang belum pernah pegang mesin jahitpun bisa bikin baju dengan buku ini.. hihii. Tinggal ambil pola besar sisipannya buku ini, jiplak, potong kainnya, terus jahit. Model bajunya sangat-sangat sederhana. Jadi nggak perlu ahli untuk bisa menjahitnya. Kebanyakan modelnya tanpa lengan atau berlengan sangat pendek, jadi lebih cocok untuk baju santai.

Home Couture by Machiko Kayaki


Ini buku favoritku, sekaligus buku menjahit termahal yang aku punya. Benar kata orang jawa, ono rego ono rupo, alias kualitasnya sesuai dengan harga yang dibayar. Maklum aja, buku ini buku impor dari negeri sakura sana, dan dibuat oleh perancang busana ternama di negerinya. Model busananya sangat elegan, simple, klasik, tapi kelihatan mahal. Pokoknya bangga banget bisa membuat baju dari buku ini. Hasilnya terlihat seperti buatan penjahit profesional dari sebuah butik mahal.. hihii. Walaupun tulisannya dalam huruf jepang, tapi buku ini mudah dipahami. Yang aku suka dari buku ini, ada pola besarnya yang sangat presisi. Jelas petunjuknya titik-titik mana yang harus digabungkan. Jadi hasilnya lebih rapi. Bahkan untuk menjahit lengan yang biasanya sulit, dengan pola dari buku ini jadi lebih mudah. Buku ini menggunakan ukuran ideal standar Jepang, yaitu ukuran 9, 11 dan 13. Maaf untuk yang big size nggak tersedia polanya :D.

Majalah Dressmaking jadul dari dalam dan luar negeri


Buku-buku ini aku dapat dari hasil berburu buku bekas. Satu buku isinya ratusan model busana. Banyak banget ya? Walaupun tanpa pola berukuran besar, tapi buku ini mencantumkan cara membuat pola dasar dan pecah polanya untuk masing-masing model busana. Modelnya macam-macam. Dari yang pemula sampai yang ahli bisa memakai buku ini. Tinggal disesuaikan aja memilih model busana yang tingkat kesulitannya sesuai dengan kemampuan kita. Dengan ratusan model busana, kita nggak akan kehabisan ide untuk bereksperimen.

Sampai sekarang aku masih sering berburu buku-buku menjahit, karena aku masih perlu banyak referensi untuk belajar. Sayangnya buku menjahit buatan dalam negeri masih sangat kurang. Kalau mau beli keluaran luar negeri mahal bingits.. Hiks. Mungkin nanti aku bikin buku menjahit sendiri aja, dengan rancanganku sendiri, kedengarannya keren ya? hehe
Reactions:

25 comments:

  1. Wahh bukunya ada yang beberapa sudah kubaca juga :)
    Kalo nyari buku2 pola yang 2nd itu dmn sih mak? Aku jg lagi cari :)
    Iyaa bener bingits kalo buku2 pola lokal susah and langka bgt.. jarang ada yg bikin ya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, yg lokal terbatas bgt bukunya.. Jd keknya buku yg lokal ya itu2 aja.. Hehe
      Kalo aku cari yg 2nd jadul, di bursa buku bekas blok m. Tp blm pernah nemu yg ada pola besarnya. Itupun penjualnya suka jual mahal, soalnya buku pola emang jarang ada.
      Kalo buku yg ada pola besarnya aku beli online di bukujepang.com. Bukunya bagus2, tp harganya ya lumayan.

      Delete
    2. q lagi buat buku pattern of colour...artinya dengan melihat simbol warna dari angka bisa jadi hal yg simple n mudah untuk dpelajari add fb ku ittaernawati@yahoo.com
      hasil lab anything full pattern basic ...

      Delete
  2. Kalau urusan menjahit wah saya jadi teringat dengan salah satu mesin Jahit Jadul milik keluarga. Mesin Jahit jadulnya sama persis dengan yang ada dalam iklan salah satu toko online terkenal di Indonesia. Pokoknya dalam iklan tersebut ada seorang bapak berkaca mata yang sibuk menjahit dengan mesin jahit modern. Tiba tiba ada suara gedebuk di gudang, dan ternyata tersibaklah sebuah mesin Jahit lama dan usang. Lalu bapak tadi menjepretnya dan mengupload di toko Online. Datanglah sang calon pembila, seorang Ibu Muda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kebalikan gt ya mas.. Bpk2 tua pake mesin yg baru n modern. Eh yg ibu muda malah make mesin jahit lama.. Hehe. Aku jg sering kangen pengen make mesin jahit yg jadul :D

      Delete
  3. dulu pernah pengen belajar jahit sama calon mertua, sampe saya jadi menantunya beneran, belum terlaksana juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah enak tuh bs belajar njahit privat ama mertua, jd ga perlu ikut kursus.. Hihii

      Delete
  4. Mbaaak hahaha aku punya buku oren yang atas, masih diplastik. Belinya tujuh tahun lalu kali gara-gara pengen belajar jahit, eh nggak jadi wkwkwk... Buku Jepang memang menarik ya, apalagi yang jahit, craft, gitu-gitu... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa.. Aku jg tdnya males bgt mbuka buku itu, abis ga mnarik gt. Tp akhirnya terpaksa dibelajarin jg, abis ga punya buku jahit lain.
      Betuul.. Aku lg jatuh cinta ama buku jahit 'n craft jepang. Tp nyari yg harganya murah.. Hihii

      Delete
  5. aku juga punya buku oren itu... ^^
    penyelamat kalo aku lupa cara bikin pola..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah banyak jg yg punya buku itu ya.. Smacam buku wajib buat yg mo blajar njahit baju.. Hihii..

      Delete
  6. Thread yang dibuka Mak Lusi jadi rame ya, Mba. :D

    Sekarang otodidak terbantu dengan tutorial2 dalam bentuk video di inet atau buku2 seperti di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, ternyata yg suka njahit n yg pengen blajar njahit banyak jg ya.. :D

      Delete
  7. teirma kasih banyak karena sudah berbagi berita yang sangat menarik. terima kasih banyak atas beritanya.

    ReplyDelete
  8. Kalau mau beli buku jahit jepang dimana ya...saya mau banget....:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tau,kemarin saya jg beliin untuk mamah saya di blog ini.Coba aja kunjungi di http://lilianshop.blogspot.co.id
      siapa tau masih ready.

      Delete
    2. Saya tau,kemarin saya jg beliin untuk mamah saya di blog ini.Coba aja kunjungi di http://lilianshop.blogspot.co.id
      siapa tau masih ready.

      Delete
  9. Saya ada majalah fashion import DRESSMAKING Special No. 87 The Now Fashion from Japan terbitan th. 1978.

    Bisa dilihat di blog saya http://goedangretro.blogspot.com/2015/05/majalah-fashion-import-dressmaking.html

    ReplyDelete
  10. Kak. Aku juga suja banget berburu buku jait. Krena les jahit mahal abis. Hehe.
    Salam kenal kak.
    Btw mau nanya2 kak. Ak punya juga buku orange karangam soekarno. Menurut kakak paling bagus tu buat baju dengan pola dasar metode apa ya? Krn di buku itu ad banyak n pusying. Hehe.

    Makasi

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Aq pengen yg diterbitkan tahun 80an.. itu lebih lenglap.. tp gak nemu udah 3 tahun mencari... hiks...

    ReplyDelete
  14. Aq pengen yg diterbitkan tahun 80an.. itu lebih lenglap.. tp gak nemu udah 3 tahun mencari... hiks...

    ReplyDelete
  15. Mb, klo mau beli buku Home Couture by Machiko Kayaki itu gmn ya? Mksh

    ReplyDelete
  16. Selamat pagi...Anda membutuhkan pola baju baik dengan ukuran sendiri maupun ukuran standar. Anda bisa memesannya di fitinline.com Fitinline.com adalah portal khusus untuk kreasi baju dan produk fashion lainnya.

    ReplyDelete