Thursday, August 16, 2012

Happy Mudik

Tak terasa bulan Ramadhan akan segera berakhir. Dan lebaran tinggal beberapa hari lagi. Saat ini tentu banyak yang sudah pulang kampung, bagi para perantauan. Seperti teman-teman di kantorku, banyak yang sudah mengambil cuti. Dan sejak hari senin kemarin suasana kantor mulai sepi. Sebenarnya aku pun sudah tak sabar ingin segera pulang kampung tapi apa daya jatah cutiku tinggal 3 hari, dan itu aku pakai untuk sehabis lebaran nanti. Mau tak mau aku baru bisa mudik besok Jum'at. Menurut perkiraan besok adalah puncaknya arus mudik. Sudah terbayang bagaimana kemacetan yang akan terjadi, seperti tahun-tahun sebelumnya. Tapi aku berharap dan berdo'a semoga macetnya tidak parah, dan semoga Allah memberikan kelancaran dan keselamatan di perjalanan hingga sampai di tempat tujuan.

Mudik memerlukan banyak pengorbanan. Seringkali aku takjub dengan perjuangan para mudikers ini. Kalau melihat mereka ini, seolah perjalanan kami yang harus kena macet hampir sehari semalam terasa tak ada apa-apanya dibandingkan perjuangan mereka. Betapa tidak. Mereka begitu berani (baca:nekat) menempuh perjalanan dari Jakarta ke Jawa Tengah bahkan Jawa Timur hanya dengan sepeda motor. Itupun tidak sendirian, tapi bersama dengan istri dan anaknya, ditambah pula dengan barang-barang yang terlalu besar untuk ukuran sepeda motor. Dan hebatnya mereka sanggup bertahan walaupun di tengah perjalanan yang macet dan panas yang sangat  menyengat. Sungguh pertolongan Allah sangat jelas terlihat.

Adapula yang nekat memodifikasi kendaraan yang ala kadarnya agar bisa muat barang dan orang sebanyak-banyaknya. Tak heran jika kita bisa melihat pemandangan unik di sepanjang jalan. Seperti truk yang dipasang terpal, dan berisi puluhan orang yang berdesak-desakan. Atau yang lebih parah lagi beberapa orang nekat nongkrong di atas barang-barang yang dimuat di truk, seperti gambar di bawah ini. Hmm..benar-benar uji nyali bukan? Bayangkan harus berada di posisi seperti itu seharian, bahkan kalau macetnya parah, bisa sehari semalam. Sungguh Allah memberikan kekuatan.




Semua itu membuatku bersyukur. Setidaknya aku tak mengalami nasib seperti mereka. Nasibku jauh lebih baik, walaupun mengalami kemacetan yang sama. Alhamdulillah aku terlindungi dari hujan dan sengatan matahari langsung. Kendaraan pribadi yang kami tumpangi kondisinya jauh lebih baik dibanding jika harus memakai sepeda motor atau truk. Sungguh Allah memberikan banyak pelajaran dalam setiap perjalanan. Dari situlah kita bisa belajar bersyukur dan memaknai arti perjuangan. Karena di balik kesulitan pada saat mudik, akan kita temukan indahnya kebersamaan dan silaturahmi.

Ya Allah lindungilah kami yang melakukan perjalanan ini. Perjalanan untuk memuliakan orang tua dan mempererat persaudaraan antar teman dan kerabat. Selamat mudik temans.. Semoga selamat sampai tujuan. Mohon maaf lahir batin.. Sampai jumpa sehabis lebaran ya.. Aku mau mudik dulu.. See you.. ^^





Reactions:

51 comments:

  1. Selamat mudiikk, semoga kita bisa meraih fitrah diri yg lebih baik. Semoga juga msh diberikan kesempatan utk bertemu dengan Ramadhan-ramadhan lagi di masa mendatang dengan Iman yg lbh baik..amiiin:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnn.. smoga hr2 kedepan lbh baik dr skrg.. selamat mudik jg ya.. ati2 di jln. Jeng ririe udah sampai kampung blm nih?

      Delete
  2. Ada nilai relijius di tradisi mudik ini. Berdesakan di dalam bis umum, macet di jalan, antrian tiket yang luar biasa mengular dan juga harga yang mahal, adalah harga yang setimpal dengan keceriaan dan kesenangan berhari raya bersama sanak keluarga di kampung Halaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal cuti? Wah saya agak sulit untuk mengambil CUTI Taunan yang cuma 12 hari itu dan banyak kendalanya misalnya CUTI tidak boleh diambil sekaligus 12 hari, tapi harus dicicil 6 bulan dahulu. Selain itu saat ini saya nda punya staff atau asisten yang bisa gantikan posisi saya selama saya Cuti Lebaran. Yah harus pandai pandai ngaturlah :))))))))

      Delete
    2. betul. Pengorbanan tidak terasa saat bertemu dgn sanak keluarga dan teman2. Kehangatan yg tak ternilai harganya :)

      ouu.. berarti lebaran ini ga cuti ya. Bgitulah klo dpt posisi penting.. jd susah cuti..hihihi.. :P. Alhamdulillah aku msh bs cuti. Cm jatahnya yg tinggal dikit. Klo cutinya ga diambil kasihin aku aja mas.. haha..

      Delete
  3. SELAMT HARI RAYA IDUL FITRI
    MOHON MA'AF LAHIR DAN BATIN

    Ya Allah lindungilah mereka yang melakukan perjalanan ini. Perjalanan untuk memuliakan orang tua dan mempererat persaudaraan antar teman dan kerabat. Selamat mudik temans.. Semoga selamat sampai tujuan. Mohon maaf lahir batin.. Sampai jumpa sehabis lebaran ya.. . ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2.. Maaf lahir batin juga.. ^^

      walah kok dicopas toh.. ga kreatip ah.. :P

      Delete
  4. saya gak punya kampung yang di mudikkin :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu itu memang org planet Mals....
      hehe ....
      makanya gak punya kampung

      Delete
    2. yg ga punya kampung, boleh kok pulang ke kampungku.. hehe

      Delete
  5. selamat berlebaran mbak, maaf lahir bathin juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama.. maaf ya klo ada kata2 'n komen yg krg berkenan.. :)

      Delete
  6. wah.. yang akan pergi mudik..!

    saya jadi kangen masa2 dimana saya harus berjuang melawan jarak dan waktu untuk tiba dirumah.. :)

    selamat berlebaran.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah enaknya yg ga mudik.. ga hrs bermacet2 ria berjuang demi berjumpa sanak saudara.. hehe..
      Maap lahir batin ya.. ^^

      Delete
  7. maaf lahir batin semuanya :D

    ReplyDelete
  8. mat happy mudik ya...hati-hati dijalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya.. alhamdulillah dah sampe Jkt lg :D

      Delete
  9. akhirnya mudik juga ya...
    Ramadhan sudah hampir berakhir, maka izinkanlah saya mengucapkan salam...
    Taqobalallahu minna wa minkum wa ja'alanallahu minal aidin wal faizin
    Semoga Allah menerima amalan-amalan yang telah aku dan kalian lakukan dan semoga ALLAH menjadikan kita termasuk orang-orang yang kembali kepada fitrah dan mendapat kemenangan,
    Selamat Menyambut Dan Merayakan Hari Raya Idul Fitri,
    Mohon maaf lahir batin bila ada salah dan khilaf selama ini,
    Salam hangat dan hormat dari Makassar- Indonesia
    Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah berhasil mudik jg, dan kembali ke Jkt lg, dgn perjuangan extra.. hihihi..
      Makasih doanya.. Mohon maaf lahir batin jg ya.. ^^

      Delete
  10. dulu wktu msh b'dua akupun mudik pake motor,, tp stelh punya ank g brani lg,, sayang anak, he..
    met mudik mba,, smga prjanannya menyenangkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalo ga ada anak sih asik2 aja perjalanan kek gt. Tp klo bawa anak ya kasian anaknya..
      Makasih jg.. alhamdulillah walopun perjalanan lama, tp menyenangkan :D

      Delete
  11. selamat berlebaran, maaf lahir bathin

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf lahir batin jg yaaa.. :)

      Delete
  12. ENaknya mudik :D selamat idul fitri mba :-) mohon maaf lahir batin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudik..capek tp seru :D
      maaf lahir batin yaaa.. ^^

      Delete
  13. selamat hari raya idul fitri mbak,, mudah2n amal ibadah qt diterima disisiNya,, aamiin,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnn.. makasih ya.. maaf lahir batin ya.. ^^

      Delete
  14. selamat mudik mbak! happy ied fitr juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makasih.. Maaf lahir batin yaaa.. :)

      Delete
  15. Ayoo mudik.. btw Selamat hari raya idul fitri yoo maafin yo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo baliK.. hihi..
      maaf lahir batin yaaa.. ^^

      Delete
  16. Minal Aidzin wal faidzin...
    mohon maaf lahir bathin...
    lebaran kalin ini tidak mudik..
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 ya.. maaf lahir batin jg..
      wah jd lebaran di rantau nih.. :D

      Delete
  17. Udah balik mudik pa belum nih?

    ReplyDelete
  18. mau ngucapin, mohon maaf lahir batin ya mba maaf2 kalau banyak salah kata dalam hal ngeblog & comment
    kalau aku biasa mudik,cuma jalan kaki mba :D
    soalnya kampungnya cuma di Cibubur aja,ibarat naik angkot cuma bayar 2000rb aja & kagak kena macet pula :D
    Tp semoga mba pergi & pulang dengan selamat ya,amien

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 ya.. maaf lahir batin jg.. mgkn ada kata2 yg krg berkenan slama ini :)
      wah enaknya kampungnya deket, irit ongkos, irit waktu, irit tenaga.. hehehe
      Alhamdulillah aku dah kembali.. :D

      Delete
  19. minal aidin wal faidzin
    mohon maaf lahir dan batin
    :D
    semoga mudiknya lancar ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf lahir batin jg ya..
      Alhamdulillah lancar walopun kena macet :D

      Delete
  20. assalamu a'laikum... minalaidin wl faizin.. meski telat takmengapa..
    Belajar bersyukur dari tulisan di atas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam.. maaf lahir batin jg ya.. wah lama tak jumpa ya kita.. hehe.. Makasih ya msh inget mampir di sini.. :D

      Delete
    2. Iya Mba Cov, mana bisa saya melupakan orang-oran baik seperti Mba Cova satu ini.. Periang, Baik hati etc
      ,.

      Delete
  21. Setelah balik ke Jakarta kemarin, akhirnya jadi berangkat mudik lagi kapan mbak? abis sholat ied?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, alhamdulillah bs brgk mudik lg, 'n bisa balik lg ke Jkt, meski perjalanan memakan banyak waktu.. hehe

      Delete
  22. saya kemarin juga mudik ke jombang, hmmm.... betapa bahagia ketemu ibu dan keluarga...

    -- mohon maaf atas segala salah dan khilaf saya selama ini ya mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ya.. masih punya kesempatan bertemu org tua dan sodara2.. :)
      mohon maaf lahir batin jg ya.. ^^

      Delete
  23. sekarag udah balik dr mudik blm mbak? mohon maaf lahir & batin ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya udah balik ke jkt lg
      maaf lahir batin jg yaaa.. :)

      Delete
  24. Mudik lebaran tahun ini saya menggunakan sarana transportasi darat. Fiuhhh, lumayan harga ticketnya samadengan biaya listrik sebulan :D

    ReplyDelete