Friday, January 04, 2013

Terjebak Ramalan


Di akhir tahun maupun di awal tahun, sudah sangat lazim kita temui berbagai media masa menampilkan rubrik dan acara ramalan. Majalah, koran, dan tabloid yang terbit di minggu ini, hampir semua menyisipkan bonus berjudul ramalan 2013. Dari ramalan zodiak hingga ramalan trend fashion. Bahkan kalau kita lihat di televisi, makin sering bermunculan paranormal yang meramalkan nasib artis-artis yang lagi naik daun. Dan yang paling fenomenal, Mama Loreng semasa hidupnya pernah meramalkan bencana yang akan menimpa negeri kita. Wuiih..sehebat itukah manusia? Aku sendiri sebenarnya tak percaya hal-hal seperti itu. Apalagi aku pernah 'trauma' oleh sebuah ramalan. Bukan ramalan zodiak dari sebuah majalah, atau ramalan fashion yang salah. Tapi dari orang tak dikenal yang mengaku punya keahlian meramal, dan memaksa meramalku.

Ceritanya begini. Kira-kira 2 tahun yang lalu di suatu pagi yang cerah di kantorku. Saat itu aku bertugas di front office (semacam costumer service). Tidak terlalu ramai hari itu, setidaknya aku tak perlu menangani antrian yang panjang. Datanglah seorang laki-laki sekitar usia 40an. Dari warna kulit dan mata sipitnya jelas kentara kalau dia keturunan Tionghoa. Penampilannya biasa saja layaknya bapak-bapak pada umumnya. Tapi dari tampilan kasualnya menandakan dia bukan pekerja kantoran.  Dan benar dugaanku, dia seorang pedagang.

Awalnya tak ada yang aneh. Sebagai petugas pelayan masyarakat tentunya aku berusaha melayaninya sebaik mungkin. Dan sepertinya dia puas. Dibuktikan dengan senyum santunnya sesaat sebelum meninggalkan mejaku. Namun tak berapa lama kemudian, entah apa yang membuatnya kembali ke arahku, dan berkata "Mbak, boleh ya saya ramal?". Sejenak aku bingung. Logat cinanya membuat telingaku rancu menangkap antara kata 'ramal' dengan 'lamar'. Duh kirain dia naksir aku..haha. Setelah dia memintaku "Boleh lihat telapak tangannya?", barulah aku paham dia mau meramalku. Tapi tetap saja aku bingung, apa maksudnya orang ini tiba-tiba mau meramalku. "Eh maaf, nggak usah, saya nggak butuh diramal kok? tolakku dengan halus. "Nggak papa kok. Nggak bayar. Saya memang bisa baca garis tangan" bujuknya. Ya sudah, sepertinya dia memaksa. Aku bagaikan tokoh di cerita film yang tiba-tiba didatangi peramal misterius yang meramalku dengan ramalan tak masuk akal. Dan parahnya lagi, setelah mendengar ramalannya pagi itu, hari-hariku tak lagi sama.

Aku terpaku oleh ramalannya. Bahkan setelah dia pergi dari hadapanku, aku masih termangu. Inilah kata-kata ramalannya yang sangat janggal itu..
"Kamu akan menjalani 3 kali pernikahan". Tentu saja aku kaget, satu saja nggak habis-habis, bagaimana caranya bisa nikah 3 kali?.
Dia menarik nafas sesaat dan melanjutkan..
 "Pernikahanmu yang pertama, diawali dengan masa pacaran yang cukup lama. Kemudian menikah, hingga punya 2 anak. Tapi sayang, pernikahan itu harus berakhir, cerai"
Hah?! Bagaimana mungkin?. Jelas sekali yang dia maksud itu pernikahan yang kujalani sekarang. Bagaimana dia tahu masa pacaranku lama? Bagaimana dia tahu anakku ada 2? Raut muka si peramal misterius ini tampak serius. Itu artinya dia tidak bercanda.
"Setelah itu kamu menikah lagi. Tapi pernikahan kedua ini tak berlangsung lama. Cerai lagi. Tak berapa lama kamu menikah lagi untuk yang ketiga. Dan kali ini berlangsung sampai akhir hayatmu".
Aku hanya diam. Tak ada komentar dari mulutku. Bagiku ramalan itu terdengar sangat aneh.

Memang saat ini aku menganggap ramalan itu konyol. Tapi tidak saat itu. Aku yang kala itu sedang mengalami masa-masa sulit di kehidupan rumah tanggaku, mau tak mau termakan juga oleh ramalan tak berdasar itu. Hingga tiap ada masalah, aku kepikiran ramalan itu "Apa benar aku akan cerai?". Sungguh pikiran yang salah. Bukannya fokus mencari pemecahan masalah, eh malah mikirin ramalan yang makin memperparah kegalauan hati. Yah, memang kalau jiwa sedang labil, jadi mudah terpengaruh hal-hal buruk. Untungnya itu tak berlangsung lama. Alhamdulillah, Allah menuntunku kembali ke jalan yang benar :).

Nah, jelas kan tak ada untungnya mikirin ramalan, apalagi mempercayainya. Eh, tapi tadi pagi nggak sengaja aku baca 'Ramalan zodiak 2013' di sebuah tabloid (katanya nggak percaya tapi dibaca juga -___-), pas ramalan untuk zodiakku semuanya baguuuus.. boleh dipercaya nggak ya..? hihihi.. :P

Reactions:

42 comments:

  1. Duluuuu banget secara tak sengaja saya ketemu seseorang [ibu-ibu], konon katanya dia bs 'mbaca' garis tangan. Nah pas iseng2 saya ikutan tuh diliatin tangan saya trs dia blg ttg perkiraan kapan saya mnikah. Krn saya merasa gak setuju dgn hasil bacaannya, ya saya jwb spontan: yaa...jangan dunk. Saya kan mau cepet nikah...hehehehehe

    #edisi ngeyel klo 'perkiraan' gk bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah ada cerita dari kawan kampus saya dahulu. Dia kebetulan berasal dari Palembang (Sumatera Selatan). Jaman saya kuliah di Era taun 1990 an dulu.

      Dia melihat tai lalat di sebelah bawah mata kiri saya. Dalam prespektif dia dia merasa ada "sight" atau penerawangan kalaw yang memiliki tai lalat seperti saya ini orangnya disukai wanita. Huaaaa prettttt. Saya tidak pernah percaya

      Delete
    2. wah jeng ririe.. ngeyel itu perlu keknya, dia itu sapa kok sok2an nentuin kpn kita nikah.. hahaha

      aku percaya kok mas.. buktinya mbk Uut suka ma mas Asep.. hihihi

      Delete
  2. Kalaw saya prinadi dari dulu tidak akan pernah percaya asma eh sama yang namanya ramal meramal. Saya hanya percaya kepada Allah SWT. Masalahnya prinsip soalnya. Begitu juga dengan zodiac segala macam sekedar diketahui dan buat baca bacaan saja tidak sampai masuk ke dalam hati dan membenarkan (ramalan) itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah betul bgt. Apalagi ramalan yg jelek2 gt. Rugi bgt klo percaya

      Delete
  3. heheheh kalau baca zodiaknya bagus yaa percaya gag percaya mbak

    eehh mbak aku juga dikasih tau temen aku kalau aku sama pasangan gag akan langgeng gag sampek merit, karena orangnya bla bla bla, percaya gag percaya aku jadi sedih mikirin apah lagi gag ketemu pasangan jadi gag bisa tanya langsung -,-''

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh,itu sih ramalannya bikin galau bgt. Tp ga usah dipikirin, soalnya klo dipikiran justru bikin pikiran kt ikut negatif.. suer deh.. soalnya aku sempet bgitu. Yg penting dijalani aja baik2, jodoh apa ga biar Allah yg memutuskan.. ;)

      Delete
    2. betul kata mba Cova. Jodoh itu biar ALLAH SWT yang memutuskan. Usaha Niar teteup "berburu" cowok yang baik, sudah bekerja, ganteng kalaw bisa hhahahhaa. Iyalah gak papa soalnya pasangan itu untuk seumur hidup sampai akhir khayad.

      Temen temen kantor saya banyak yang single, ganteng kaya Dude Herlino, mapan. Cocok buat Niar. Hiheiheiee. Kalaw berminat akan saya kenalkan.

      Delete
    3. klo ganteng 'n mapan kek dude aku jg mau mas... wkwkwk.. :P *smoga suami ga baca.. :))

      Delete
  4. ramalan itu ya ramalan..hee kunjungan perdana mbak .. mapir juga yaa.. follow back

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya kunjungannya.. smoga mampir lg ya..
      siap follback :D

      Delete
  5. Saya serius banget bacanya, tapi kok endingnya sesat yaaa.?? hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk.. ga bermaksud menyesatkan loh..:P

      Delete
  6. Ramalan yg paling akurat, ramalannya Rasulullah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ramalan Rosulullah tuh yg ttg apa ya?

      Delete
  7. Ada yg bisa ramal tidak ya...
    sipa pemenang kontes untuk mendukung penghijauan bumi.?
    Berhadiah JUTAAN rupiah.
    Info Selengkapnya
    www.MitraBibit.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuiih ada kontes lg nih.. rame bnr2 ya pd bagi2 rejeki.. :D
      siap ke tkp!

      Delete
  8. ramalan.....bingung hehhehehehhe

    ReplyDelete
  9. ramalan itu, kalo yg bagus2 bikin senyum2, yg jelek2 lupain aja,qiqiiqiqiq :p

    ReplyDelete
  10. ramalan yang pertama kok ngeri ya mbak
    kalo bagus baru bisa dipercaya itu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. emang.. mknya bikin galau.. haha
      klo bagus anggep aja penyemangat ya

      Delete
  11. Wahihihi ya kalo ramalan zodiak kalo bagus ya tak percaya :p
    Wah efek ramalan mpe bikin kamu galau gitu ya mbak.
    Aku belum pernah sih diramal masa depan yang sedetil mbak gitu.
    Paling cuma dibilang tahun 2017 aku bakal mendapat sesuatu yang besar, auk apaan :p
    Pernahnya paling ada yang nebak aku bisa detil banget -___-" Itu horor, tapi gak bikin galaoo sih :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh si tukang ramalnya sok tau bgt. Pdhl kenal jg gak.. :P
      yg besar apa ya say.. rumah besar, mobil besar, ato jodoh besar #eh.. hihihi

      Delete
  12. Ramalan itu hanya untuk mengantisipasi atau mempersiapkan mental. Jika terjadi hal buruk pastinya mental kita sudah siap, jika tidak terjadi pastinya akan lebih senang lagi. Ramalan yang baik-baik saja yang dipercaya..hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. jd ramalan bisa jg buat antisipasi ya.. Tp klo ramalan jelek mah mending ga usah denger ya.. hehehe

      Delete
  13. kok tidak minta ramalan cuaca saja mbak hehe....
    btw umur, jodoh dan nasib adalah rahasia Ilahi kalau ada ramalan pasti ini bahasa jin yang mencoba ngintip supaya dipercaya yang akhirnya jika dipercaya berbuah syirik (walluhu'alam)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ouu gt.. jd ada campur tangan makhluk 'lain' gt ya..ah malah serem
      emang mending ramalan cuaca aja deh.. haha

      Delete
  14. hidup itu penuh misteri. masa depan tak ada yang bisa mengetahuinya, itulah sebabnya banyak bermunculan para tukang ramal,
    namun semua itu adalah rahasia ALLAH...yang kita lakukan hanyalah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menyongsong masa depan...salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dirahasiakan tp manusia coba2 pengen tau.
      Pdhl sehrsnya kita berusaha yg terbaik saja, Allah yg menentukan hasilnya.. :)

      Delete
  15. Klo ramalan itu benar, pasti para peramal udah kaya...itu kata suamiku hihihi....Sesungguhnya Allah Yang Maha Tahu ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. mmm.. bener jg ya..
      eh tapi ki joko bodo kaya loh.. hihihi

      Delete
  16. kog ramalannya kayak ramalan artis mba? hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk.. dramatis bgt ya ramalannya.. haha

      Delete
  17. nice day :)
    hargailah hari kemaren,
    mimpikanlah hari esok,
    tetapi hiduplah untuk hari ini.
    bagi-bagi motivasinya yaah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kunjungannya.. 'n motivasinya..
      hv a nice day too ^^

      Delete
  18. Hanya bisa berkata, "Tetaplah jadi yang terbaik"


    Ramalan, nujum, atau apalah itu ...
    Fokuskan dirimu pada suamimu dan Allah aja .... ^ ^
    #bijak hari ini doank# :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bijaksana sekali nak Indra ini.. kau sudah makin dewasa.. hahaha..
      bijaknya tambah 2 hari donk, jgn hr ini doank :P

      Delete
  19. percayalah hanya pada ramalan yg baik...
    :)

    ReplyDelete