Wednesday, January 09, 2013

Menghirup Segarnya Curug Cilember


Ingin menikmati segarnya air pegunungan dengan sungai dan air terjunnya? Atau ingin menikmati rimbunnya pepohonan di hutan dengan ratusan kupu-kupu? Ingin kemping atau sekedar leyeh-leyeh menghilangkan kepenatan? Semua ada di sini! Tak perlu jauh-jauh dari Jakarta. Tempat wisata yang satu ini memang layak untuk dikunjungi. Selain dekat, juga murah meriah. Di samping itu tempat wisata ini sangat baik untuk edukasi anak-anak. Dengan mengenalkan alam sejak dini, tentu akan menumbuhkan kecintaan pada bumi. Di manakah itu? Di Wana Wisata Curug Cilember. Masih di kawasan Puncak Bogor. Jalan masuknya dekat dengan Taman Matahari, atau sekitar seberangnya Cimory Riverside. Yuk intip perjalanan kami!

Bagi waterfall lover, pasti tempat ini sudah tidak asing lagi. Keindahan air terjunnya memang yang menarik para pengunjung untuk datang kesini. Ada beberapa air terjun di Curug Cilember ini, dari Curug Satu hingga Curuh Tujuh. Curug satu adalah curug tertinggi, lokasinya paling atas. Kemudian diikuti curug dua, tiga, empat, lima dan enam. Dan curug paling bawah yang letakknya paling dekat dengan pintu masuk adalah Curug Tujuh. Curug Tujuh inilah yang paling bersahabat, karena lokasinya paling mudah dijangkau. Sedangkan curug-curug lainnya susah diakses. Selain lokasinya yang lebih jauh, kondisi medannyapun susah dilalui. Konon katanya jalannya licin, terjal, dan berbatu.

jalan menuju curug

main di sungai
Berhubung kami kesana bersama anak-anak, maka kami cukup puas hanya sampai dengan curug tujuh saja. Dari pintu masuk wana wisata sampai ke curug tujuh, jalannya lumayan rapi dan mudah dilalui. Kami harus berjalan kaki dari parkiran menuju curug itu. Tapi perjalanan terasa mengasyikkan, karena kami disuguhi pemandangan yang sangat asri. Pohon-pohon pinus yang rindang dan menjulang dengan sungai yang mengalir di sela-selanya, menemani sepanjang perjalanan kami. Ada beberapa tenda yang didirikan di sana. Tempat ini memang menyediakan tanah terbuka untuk kemping. Ada pula beberapa pondok kayu yang disewakan bagi pengunjung yang ingin menginap. Sepertinya asyik juga ya, menginap di sebuah pondok kayu dalam hutan. Romantis sekali.

pondok kayu dengan sungai di sebelahnya
 Sekitar setengah perjalanan, kami menemui sebuah tempat penangkaran kupu-kupu. Dan kami sempat mampir sebentar untuk melihat ratusan kupu-kupu yang ada disana. Aku membayangkan bakal melihat kupu-kupu yang berwarna-warni, tapi ternyata tidak ada. Kupu-kupu yang ada di sana kebanyakan berwarna gelap. Tapi tidak apa, setidaknya anakku jadi tahu bagaimana proses metamorfosis kupu-kupu. Eh iya, ternyata bukan hanya kupu-kupu yang ada di sana. Adapula buaya, maksudku beberapa anak buaya. Sepertinya dikembangbiakkan juga di sana.

tempat penangkaran kupu-kupu
kupu-kupu yang jinak
 Dan akhirnya kami sampai ke Curug Tujuh. Wow indah sekali! Tapi sayang keindahan itu sedikit terganggu karena banyaknya pengunjung yang memadati curug itu. Yah maklumlah, kami kesana saat long weekend, tentu banyak yang berlibur kesana. Tua, muda, anak-anak, bahkan lansia, ada di sana. Benar-benar tempat favorit. Awalnya terbayang akan berendam di sana, menikmati curahan air terjun yang dingin. Tapi kuurungkan, setelah melihat banyaknya orang di sana. Jadi kami hanya menikmati pemandangan yang ada, dan nyemplung di bagian yang paling dangkal. Untuk foto-fotopun agak kerepotan, karena di setiap spot dipenuhi manusia. Harus menunggu sampai orang-orangnya agak berkurang, barulah kami berfoto ria.

curug tujuh saat ramai pengunjung
Jika ingin kesana aku sarankan jangan waktu long weekend. Atau kalau bisa pas weekday saja. Dijamin puas menikmati air terjun tanpa gangguan banyak orang. Mmm.. Kapan lagi ya?
Reactions:

45 comments:

  1. pingin liat waterfall scr nyata...kapan yaaa hikzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mi.. Kesini aja..ntar aku ajak nyemplung.. Hihihi

      Delete
  2. Woww... alam nya indah banget ya, keknya seger deh kalo refreshing kesana, apalagi obsesi saya, pengen ngajak kemping anak2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seger 'n sejuuuk bgt. Airnya jg bening, jernih bgt. Kemping keknya seru yaa.. Pengen jg ^^

      Delete
  3. Wah banyak kupu kupu ya. Kalaw Miss Syahdini membaca artikel ini pasti beliau sangat senang sekali secara dia memang fans beratK Kupu Kupu. Kalaw ada Vina "burung Camar" Panduwinata, nah kalaw diblogger Dini "The Lupu" Haiti Zulfany hiheiheiheihiee.

    Saya senang dengan cerita traveling di Curuq ini. Yang saya tau Curuq itu lokasi tempat penggodokkan para Pilot Indonesia, maskud eh maksudnya Curug Sekolah Penerbangan. Eh ada juga spot wisata di sini. Senang sekali rasanya jika bisa mampir di sini. Suasana alam, back to nature, yang luar biasa melihat jernihnya air sungai mengalir. Rasanya ingin main main air di sini hiehiheiehiee

    Kalau ditempat keramaian seperti ini memang susah foto foto karena baru gaya sedikit ada orang lewat. Masak sih harus diusir dahulu hiheiheiheiee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. miss syahdini itu siapanya syahrini ? :D
      bukan curug yg itu mas.. -___-

      iyaaa.. airnya jernih bgt loh. Beda deh ama sungai2 di jakarta.. makceeees deh pokoknya.. hehehe

      iya bener, tp aku sempet ngusir org jg sih.. "permisi donk, sy mo foto nih" hahaha

      Delete
    2. Oh ya saya lupa. Miss Syahdini itu nama bekennya saya aja yang menyebut nama Blogger Dini Haiti Zulfany. Alamatnya di http://www.dhzblog.com dan dia sangat terobsesih dengan Kupu Kupu. Terlihat dari blognya yang penuh icon Kupu Kupu.

      Wahaiheiea mau juga orang itu "disuruh pergi" alias "diusir" karena lokasinya mau dipake foto foto hhiheiheiheiee. Permisi donk disampaikan dengan senyum manis, namun di akhir kalimatnya mengusir hihaihaihaihaihaihaihaihaia

      Delete
    3. haiii ini saya hehehe..

      pantesan telinga nging nging dari semalem, diomongin kang asep rupanya :p

      waaah, what a beautiful sceneryyy.. dilengkapi tempat penangkaran kupu2 pula.. one day I'll go there :)

      Delete
    4. Nah kan apa kata saya hiheiheihee. Miss Syahdini ini sudah mematenkan KUPU KUPU sebagai icon dari Blognya. Kalaw sudah nyebut KUPU KUPU kalaw saya sih pasti referensinya ke blog Miss Syahdini itu hiheiheiheiheiee. Ingat The Kupu, Ingat Miss Syahdini

      Delete
    5. @diniehz: ouuuu.. ini toh miss syahdini.. sang pecinta kupu-kupu.. hihi.. salam kenal yaaa... Mo mampir ah ke blognya Diniehz.. tunggu yaa ^^

      @mas Asep: kaya' iklan aja mas.. hahaha

      Delete
  4. wuidih rame banget tuh curug nya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. pas long weekend sih.. mo foto2 jd bingung -__-

      Delete
  5. Subhanallah, semoga suatu saat bisa ketempat seindah ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnn.. ayo direncanakan dr skrg :D

      Delete
  6. Curug 7 aja sudah seru, apalagi yang paling atas ya . . . .
    penasaran,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, aku jg pnasaran tuh. Katanya curug2 yg lain lbh keren lagi. Suatu saat deh, sampe curug satu.. hehehe

      Delete
  7. seru banget, fotonya kok bisa hasilnya jadi bagus gitu yaa mbak, air terjunnya kayak gimana gitu, keren :D

    kupu2nya ada yang merah gag mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu yg moto suamiku, katanya pake teknik low speed apa slow speed gt.. aku jg ga terlalu ngerti.. hihi..

      nah itu dia say, kupu2nya ga ada yg cerah, paling hitam, coklat, ama ungu tua

      Delete
  8. hemmemmem

    dimanapun tempat wisatanya kalau berkaiatan dengan alam asyik banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. hu uh.. asyik bgt.. lbh asyik lg klo kemping disitu kali ya :D

      Delete
  9. bener sekali...
    lebih nyaman kalo pas ga hari libur..
    krn kita bisa merasakannya sendiri..
    btw,,keren banget mbak..
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pengen kesana lg pas weekday, biar puas.. tp kpn ya..?

      Delete
  10. enak bangettt ....
    dingin kayaknya ....
    kesana yuk mbak Cova .. berdua aja hihihi

    #antisipasi sendal melayang kearahku#

    ReplyDelete
    Replies
    1. mmm.. curiga nih ngajak2 berdua.. pasti mo ngajak jd tukang nyewain tiker.. wkwk

      #lempar bakiak#

      Delete
  11. Kerreenn.. saya juga kepengen ke tepat kyk gitu.

    Ada yg baru, lanjutan artikel Sony Xpria.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ada yg baru ya... smoga ga telat mampir kesana

      Delete
  12. ternyata ada penangkaran kupu2 di daera puncak sana? kirain di lembang aja.. thx buat infonya ya.. sy pengen ngajak anak ke tmp kupu2 tp mau jalan ke lembangnya males :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. lumayanlah daripada jauh2.. di sini t4nya jg asyik :D

      Delete
  13. enak banget tempatnya mbak
    sungainya itu lho pengen nyebur kayake sueger banget
    putranya itu mbak ?
    tampilan baru mbak blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. airnya bening, segerrr, 'n dingiiiin... hihi
      iyaa.. anak2ku tuh.
      Blognya ganti baju biar ga bosen :D

      Delete
  14. Tempatnya sangat asik sekali, saya kok baru dengar namanya ya ? ternyata ada curug dibogor. Mungkin saya kurang gaul :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo lebih gaul lagi.. haha
      Di bogor banyak curug loh. Tp baru ini aja yg udah aku datengi

      Delete
  15. Sebelumnya salam kenal di kunjungan perdana ini.

    Segernya...seandainya bisa hidup di daerah seperti itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pasti damai tentram ya.. jauh dr hiruk pikuk keramaian 'n polusi.. ah andaii.. :D

      salam kenal jg.. makasih udah berkunjung ^^

      Delete
  16. wah nginep di pondok itu kayake mengasyikan mbak, jadi pengen main kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo monggo kesini, skalian nyoba pondoknya :D

      Delete
  17. Menikmati ketenangan di pondok kayu dengan sungai di sebelahnya, duh... damainya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti damai bgt.. apalagi hawanya sejuuuk.. bikin banyak makan.. hihihi

      Delete
  18. Aku suka banget air terjunnyaaaaa! Suka banget nih yang beginian! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ntar aku posting air terjun yg lain lg say.. lebih dahsyat.. hihihi

      Delete
  19. mantap curugnya mbak, sudah jadi tempat wisata ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas.. klo hari libur rame bgt :D

      Delete
  20. Foto airnya dijepret pakai teknik slow speed. Ini pasti suaminya mbak bukan fotografer sembarangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jepretannya keren yaaa.. *muji suami sndri* hihihi

      Delete
  21. Wahhh senengnya bisa jalan-jalan...pasti sangat menyenangkan...
    Sepertinya saya harus mencobanya nich.
    Cilember....hmmmm...I think it's a nice place...

    Makasih Infonya ya....

    ReplyDelete