Tuesday, July 23, 2013

Rasa Legendaris Mie Koclok Mas Edi

Ngomongin kuliner di Cirebon memang tak ada matinya. Setelah tahu gejrot, nasi jamblang, dan empal gentong, aku berkesempatan menyantap kuliner menggugah selera ini. Kalau di Bandung ada mie kocok, nah di Cirebon ada mie koclok. Namanya memang mirip, tapi apakah rasanya mirip? Itulah yang membuatku penasaran. Seumur-umur aku baru dengar nama mie koclok (kalau mie kocok udah sering). Terdengar unik dan lucu di telingaku. Maka saat Mbak Yayah, temanku yang asli Cirebon, mengajak kami mampir di warung mie koclok Mas Edi, tentu saja aku langsung mengiyakan. 

Tiga puluh menit sebelum kereta kami berangkat menuju Jakarta, kami baru sampai di lokasi mie koclok yang dimaksud. Sungguh nekat memang, tapi demi menikmati sensasi rasa mie koclok Mas Edi yang konon paling terkenal di Cirebon itu, kami rela kejar-kejaran dengan waktu. Semoga kami nggak ketinggalan kereta gara-gara mie koclok ini. Dan itu artinya kami hanya punya waktu maksimal 10 menit saja untuk menikmati mie koclok ini. Itu sudah termasuk waktu penyajiannya. Okelah, siapa takut? Sebagai emak-emak pecinta kuliner, tantangan apapun sanggup kami lalui.. #jiaah lebay :P



Warung mie koclok Mas Edi yang kami datangi ini, ternyata hanya berupa gerobak mangkal di pinggir jalan. Di sebelahnya ditata bangku dan meja panjang sebagai tempat duduk penikmat kuliner ini. Di bagian luarnya ada semacam spanduk yang cukup mencolok bertuliskan "Mie Khasnya Orang Cirebon yang Lebih Okey Memang Asik dan Istimewa". Rupanya itu kepanjangan dari mie koclok Mas Edi. Hehee.. Kreatif juga. Tapi yang menarik perhatianku sebenarnya bukan tulisannya, melainkan fotonya Surya Saputra yang sebesar manusia. Langsung deh aku ajak foto bareng #halah :D.


 Dalam waktu singkat, pesanan kami sudah tersaji. Syukurlah, jadi kami bisa secepatnya menyantapnya. Wuih, penampilannya menggugah selera banget. Mie, potongan telur, tauge, dan suwiran ayam, disiram dengan kuah santan kental, serta ditaburi bawang goreng. Aaah.. Bikin ngiler. Dan saat disantap rasanya gurih dan nikmat. Untuk memperkaya rasa bisa ditambahkan sambal, kecap, dan emping sesuai selera. Hmm.. Maknyus banget! Wajarlah kalau mie koclok Mas Edi ini dinobatkan sebagai salah 1 dari 10 makanan Legenda Kuliner Nusantara, dalam acara Festival Jajanan Bango 2013. Rasanya memang legendaris. Sayangnya kami harus buru-buru menyantapnya, karena waktu kami sedikit. Coba saja keretanya mau nunggu. Jadi kami bisa lebih menikmati setiap suapnya...


Setelah tandas semua makanan, kini saatnya membayar. Mie koclok ini per porsinya dihargai Rp 10.000. Menurutku sih harga segitu agak kemahalan, soalnya porsinya cuma sedikit. Mungkin karena rasanya juara dan sudah terkenal, maka pemiliknya berani mematok harga agak  tinggi. Nggak papalah.. Yang penting rasanya enak. Dan kuliner ini sangat recomended untuk dinikmati.
Bagaimana teman-teman? Berminat mencoba kuliner ini? Silahkan teman-teman menuju ke Jl. Lawanggada, Cirebon. Tempatnya cukup mencolok kok, jadi mudah sekali dicari. Siapa tahu ada yang berniat buka puasa dengan kuliner ini. Hmmm... Jadi pengen :D
Happy traveling ^^
Reactions:

40 comments:

  1. Surya Saputra yg bikin laris itu Bun :)

    smg puasax lancar ya bun.. *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keknya iya tuh.. :D
      alhamdulillah.. Puasa lancar.. Smoga lancar sampe akhir. Amin :)

      Delete
  2. aku kira tadinya mirip2 mie kocok gitu mbak,ternyata beda yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadinya aku jg mikir gt.. Ternyata beda bgt :D

      Delete
  3. mantabh nih dari penampakannya.....
    bisa dicoba kalo ke cirebon, tp kapan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekali2 traveling ke cirebon donk.. Hehee

      Delete
  4. aduh kaak puasa puasa gini.. huf jadi pengen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maap yaa.. Puasa2 gini mlh seneng posting makanan.. Hihiii

      Delete
  5. Wah emak emak pada narsis juga yah kalo depan kamera....
    Kebetulan aku dari kuningan, jadi kalo ke cirebon deket kalo ada waktu nanti aku coba juga deh, tunggu kedatanganku heheheee
    Nice blog :)
    follow ke 211, follow back yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan yg ini emang emak2 narsis.. hihihi
      wah enaknya deket ama cirebon, bisa bolak balik wisata kuliner tuh.. :D

      makasih ya kunjungan 'n follow-nya
      udah di follback yaaa.. ;)

      Delete
  6. tanya abangnya mie kocloknya pake penyedap nga..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ga sempet nanya, udah keburu ngiler.. Haha

      Delete
  7. 10 ribu di Cirebon? Mahal juga yaah.. di Jakarta aja masih 7 rb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan, mahal.. Eh emang di jkt ada ya? Kok blm pernah nemu

      Delete
  8. aduh enaknya mie kocok, saya suka mi kocok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini mi koclok.. Pake 'L' :D
      Aku jg sukaa ^^

      Delete
  9. Mengini pisan euy, seperti tahu kupat kuahnya #beda ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda mak, yg ini kuahnya kental gt
      Tiap liat gambarnya aku jg jd pengen :D

      Delete
  10. Nah kmrn wkt ke cirebon gak sempet cobain ini nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti harus ke cirebon lg tuh :D

      Delete
  11. tdnya sy pikir mie koclok itu sm kyk mie kocok. Ternyata beda, ya

    ReplyDelete
  12. mirip sama Mie Aceh versi kuah kaya'a. Cuma kalau rasa, belum tahu dah, mana yang lebih nendang.
    Ada foto'a Surya Saputra tuh nampang, ngomong2 mba, aturan sekalian minta tanda tangan'a donk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mie aceh lbh pedes, 'n bumbunya lbh pekat. Klo mie koclok ini gurih. Yg jelas porsinya lbh banyak mie aceh.. hehe
      Gmn klo minta dibayarin skalian.. hihihi

      Delete
  13. baru tahu mie koclok..biasanya mah mie kocok taunya :))

    ReplyDelete
  14. yng pasti orangnya juga koclok y mbk hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. orang koclok yg kek apa yak.. hihii

      Delete
  15. Memang ya, kalo ilmu tentang kuliner, emak-emak (baca: ibu-ibu cantik) memang juaranya. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aiih.. jd tersipu2 baca komen ini.. hihihi

      Delete
  16. Wah salah waktu nih saya bacanya mbak, harusnya bacanya malam-malam pas dah buka puasa, biar ndak nelen ludah liat fotonya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya udah.. balik lg aja, ntar malem.. hihihi

      Delete
  17. wih sedap bener penampakannya. Kuahnya apalagi legit terlihat. Wuih pengin. :9

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuahnya kental 'n gurih.. hmmm sedap bgt deh.. :D

      Delete