Friday, February 10, 2012

Duo Eksotis di Gunung Kidul

Pantai Ngobaran

Setelah puas bermain-main dan makan siang di Pantai Ngrenehan, jangan lupa mampir ke pantai di sebelahnya, yaitu Pantai Ngobaran. Pantai yang satu ini memang sayang untuk dilewatkan. Di sana kita akan disuguhi nuansa yang sama sekali berbeda dengan Pantai Ngrenehan. Yang lebih menarik lagi, di Pantai Ngobaran ini kita tidak hanya menikmati wisata alam saja, tapi juga wisata budaya. 

Sampai di Pantai Ngobaran, kami disambut oleh pemandangan yang sangat memukau. Pantai ini di kelilingi tebing-tebing yang curam, dengan deburan ombak yang bergulung-gulung menghantam dindingnya. Di atas tebing ini berdiri bangunan peribadatan semacam pura, dilengkapi dengan patung-patung dewa yang melambangkan sifat-sifat mulia. Tepat di bibir tebing tersebut berdiri  dengan anggun sebuah patung garuda mirip dengan patung Garuda Wisnu Kencana  yang ada di Bali. Tentu saja ukurannya tidak sebesar patung GWK, hanya sebesar orang dewasa saja. Dan patung ini jadi favorit para pengunjung untuk diajak foto-foto :D.



Tak hanya itu saja, masih ada tempat peribadatan lain yang berdiri, yaitu tempat peribadatan untuk pemeluk kepercayaan Kejawan dan Kejawen.  Apa bedanya Kejawan dengan Kejawen? Tentu saja aku tak tahu.. *halah* hehe.. Nah kalau yang satu ini aku tahu. Agak turun ke bawah tebing, ada sebuah masjid yang menghadap ke arah laut. Loh berarti itu menghadap selatan dong. Padahal pada umumnya masjid berdiri menghadap kiblat. Sungguh aneh memang. Tapi di dalamnya aku melihat ada tanda arah kiblat. Berarti sholatnya tetap menghadap kiblat, walaupun masjidnya menghadap selatan.. Hehe.. 


 
Unik sekali ya? Satu tempat tapi mempunyai beberapa tempat peribadatan. Terbukti bahwa penduduk sekitar pantai ini sangat menjunjung tinggi toleransi, walaupun memeluk agama dan kepercayaan yang berbeda-beda. 


Turun dari tebing menuju ke arah pantai, pemandangannya tak kalah menarik. Di sana kami temui pantai yang landai dengan permukaan batu karang yang ditumbuhi algae. Perpaduan antara air laut yang biru, batu karang yang hitam, algae yang hijau, dan pasir putih, memberikan pesona tersendiri bagi pantai ini. 


Pantai Nguyahan

 
Beberapa meter dari  Pantai Ngobaran terdapat satu pantai lagi yang tak kalah indahnya, Pantai Nguyahan. Namanya memang kurang familiar dibanding kedua pantai lainnya. Tapi pemandangan yang disuguhkan tak kalah elok. Pantai landai yang membentang dengan hamparan pasir putih dan batu karang di permukaannya. Kamipun bisa berjalan-jalan di atas permukaan karang tersebut hingga ke tengah, sambil menikmati deburan ombak. Sangat eksotis!



Itulah beberapa pantai di Gunung Kidul yang sempat kami kunjungi. Dan masih banyak pantai-pantai eksotis lainnya di daerah ini. Pantai-pantai itu memang belum banyak dikenal orang, sehingga fasilitasnya juga belum cukup memadai dan belum tertata rapi. Semoga kedepannya obyek-obyek wisata ini bisa lebih diperhatikan, dan makin dilirik oleh para wisatawan.

Reactions:

39 comments:

  1. duh bagusnya, keren sumpah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hu uh... emang keren.. jd terharu.. #eh :D

      Delete
    2. ajak2 donk kalo jalan2..hehe :D

      Delete
    3. iya deh.. ntar klo mo jln2 diumumin di blog.. hihi.. :P

      Delete
  2. Air pantaix surut sampai sejauh i2 yaa..?? unik banget..! nice share & happy blogging *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. jd bs jln2 mpe ke tengah.. keren deh.. :D
      happy blogging jg yah ^^

      Delete
  3. Wow, subhanallah, pantai indahnya sekali. Saya org Jogja, tp belum pernah ke sana. Wah..., jadi pengen nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ouu org jogja ya.. tmnku yg di jogja jg banyak yg blm tau loh..
      ayolah sekali2 kunjungi tempat2 ini.. ga rugi deh.. hehe :D

      Delete
  4. Kyaaaa...pantai lagiiiii....
    Aku demen banget ama pantai, cova. Udah sejak merit belum pernah ke pantai lagi.
    Thanks ya info2 dan foto2nya yang ciamik, mdh2an aku bisa kesanaaaa... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnnn.. smoga bs jln2 ke pantai lg ya say.. Little Bee pasti jg suka pantai deh.. seru pastinya.. hehe..

      Delete
  5. Saya juga jadi pengen,indah banget pantainya 0_0

    ReplyDelete
  6. indah ya pantai'a,aku malah terfokus liat foto patungan'a betul kata kamu foto'a patung mirip wisnu kencana yg ada di Bali

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bagus ya.. mn ditempatinnya pas di bibir tebing gt.. kereeen ^^

      Delete
  7. biru langit dan biru laut membuat suasana jd ademmm..., nice share.., kapan ya bs ke jogja... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo kpn2 jln2 ke jogja.. singgah ke pantai2 ini.. ga rugi kok :)

      Delete
  8. saya oernah nih kesini juga...kangen lagi...

    ReplyDelete
  9. Saya seneng ke pantai tapi belum pernah kesana, jadi pengeen mbak...
    ooo di sana ada juga ya aliran kejawen ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kpn2 dicb kesini.. bagus kok :)
      ktnya sih begitu.. tp aku jg ga bgt paham

      Delete
  10. pasti belom masuk ke pantai bawah tanah ya. . . . yang direnofasi oleh orang singapore. masuknya aja pake exalator. . . .

    ReplyDelete
  11. kok suasananya kayak di bali gitu ya :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. hu uh.. mirip di bali ya.. apalagi ada GWKnya jg.. hehe

      Delete
  12. Bagus juga ya...

    Salam Kenal n sekalian izin Follow ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal jg..
      Makasih ya kunjungan 'n follownya .. ^_^

      Delete
  13. Follow sukses. di tunggu followbacknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiiih.. segera ku follow balik.. ;)

      Delete
  14. keren pantainya...
    btw salam kenal mbak cova

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal jugaaa..
      makasih ya dah mampir kesini..
      ^_^

      Delete
  15. wew,mantaff banget pantainya....

    ReplyDelete
  16. dari review dan hasil jepretan, sepertinya disana cocok untuk liburan keluarga, adem............

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang cocok bt liburan.. tp ademnya klo masih pagi, klo dah siang panas jg.. hehe..

      Delete
  17. subhanallah ... keren banget mbak pantai nya... mau mau main pantai... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayuk.. yuuk.. klo liat pantai brasa liburan yak.. hehehe..

      Delete
  18. good beach in worlds! Really really nice. I think i must visit this beach.

    ReplyDelete
    Replies
    1. absolutely.. u hv to visit this beach.. get lost in gunung kidul.. hihihi..

      Delete
  19. hwaaa keren banget pantainya ^^

    ReplyDelete