Monday, July 30, 2012

Senyum Membawa Luka

Senyum itu sedekah, senyum itu ibadah. Senyum adalah sedekah yang paling murah, dan ibadah yang paling mudah, tapi memberi dampak yang besar. Senyum tak hanya menyenangkan orang lain, tapi juga menenangkan diri sendiri. Dan bagiku senyuman tak pernah gagal memperbaiki suasana hati dan memberi semangat. Seperti lirik lagu "Pasti Bisa"nya Citra Solastika berikut ini.. ♫ Akuu.. ingin lepaskan seluruh bebanku.. Dan kujalani hidupku dengan senyumaaan..♫. 



Aku tak pernah kesulitan untuk tersenyum pada orang lain, apalagi pada diri sendiri (sambil ngaca..eh..). Tak terkecuali di kantor. Bertemu teman-teman dan memberikan senyum penuh kehangatan, terasa menyenangkan bukan? Apalagi kalau teman kita itu membalas senyuman kita dengan ketulusan yang sama, ditambah dengan sapaan, tentu makin menambah keakraban. 

Tapi ternyata tidak semua orang seperti itu. Aku beberapa kali menemui orang yang tidak mau membalas senyumku. Padahal kami tinggal di satu atap dan di satu lantai (tapi tidak satu rumah..halah). Intensitas bertemupun bisa dibilang lumayan sering. Walaupun kami memang belum pernah ngobrol. Tapi itu tentu bukan alasan untuk tidak membalas senyumku. Sampai sekarang aku masih tak tahu alasannya, kenapa ada orang yang tidak mau membalas senyuman orang lain. Kalau aku pribadi, baik orang dikenal maupun tak dikenal, tersenyum padaku, aku pasti akan membalas senyumnya. Tentu saja orangnya orang normal ya..bukan orang gila. Hehe..

Eh ngomong-ngomong tentang orang gila, aku sempat trauma membalas senyuman orang gila ini. Ceritanya begini.. Beberapa tahun yang lalu, saat aku masih muda belia, saat itu baru lulus SMA, aku pergi ke Jogja sebatang kara. Saat naik kobutri (bis kotanya Jogja), tiba-tiba ada seorang ibu dengan wajah full make up tersenyum dan menghampiriku. Refleks aku balas senyumnya, dan tak ada pikiran buruk sama sekali. Karena di mataku ibu itu tampak sangat normal. Namun tiba-tiba ibu itu bukannya ramah melihat senyumku, tapi malah marah-marah. Sumpah serapah tak jelas ditujukan padaku.  Salah satu kalimat yang berhasil aku tangkap adalah “Heh! Kowe ki sopo?! Wani-wanine numpak kobutriku!”. Kalau ditranslate dalam bahasa nasional artinya begini “Heh! Kamu ini siapa?! Berani-beraninnya naik kobutriku!”. Aku bingung sekali dan ngeri. Adakah yang salah dengan senyumku hingga membuat orang jadi kalap begini? Walaupun rasa hatiku tak karuan, aku tetap berusaha tenang dan berdoa dalam hati, semoga ibu ini tidak mencakar-cakar mukaku atau menamparku. Kalau sampai terjadi bisa-bisa muka mulusku ini jadi buruk rupa seumur hidup *lebay*.

Semua mata di dalam kobutri yang penuh itu memandangku. Ada pandangan iba, ada pandangan ngeri, tapi ada pula yang malah geli. Duuh malu sekaliii.. Untung bantuan segera datang. Sang kondektur buru-buru menghalau ibu itu dari hadapanku. Dia berkata “Dia gila mbak.. dah sering banget bikin rusuh”. Dan aku baru sadar, kalau aku baru saja dimaki-maki orang gila. Hadeeh..gara-gara membalas senyumannya. Oh..inikah yang disebut dengan senyum membawa luka.. -___-

Nah teman-teman.. Tetaplah tersenyum, tapi jangan tersenyum pada orang gila. Dan jangan senyum-senyum sendiri, karena bisa-bisa dikira gila. Keep smiling friends.. Makasih udah membaca postinganku yang kurang bermutu ini... ^^

Reactions:

74 comments:

  1. postnya bermutu kok :D
    Kalo aku biar disangka gila tetep tersenyum, soalnya senyum itu ibadah :D
    Biar orang seisi dunia bilang gila kalo Tuhan bilang itu ibadah tetep aja ibadah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah konsisten 'n istiqomah bgt ma senyumnya.. hihihi..

      Delete
  2. Pernah beberapa kali ngalami sudah terlanjur senyum manis ..eh gak di reken [gak di balas..]. Kalau sdh terlanjur kayak getu..saya terusin gerak bibirnya jd menguap saja deh biar gak parah malunya. hehehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. jebule sering ngalami jg ya say.. pdhl senyum kita manis ya, kok ya bs2nya ga direken.. rugi amat dia.. :D

      Delete
  3. Lagunya meggy z tuh, senyum membawa luka :D
    Liriknya gini, Anggur merah yg slalu memabukan diriku ku anggap belum seberapa, bila dibandingkan dgn senyumanmu membuat aku jatuh bangun.

    Goyang neng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. tau aja nih aku suka ndangdutan.. haha.. :P
      tariiik maaang... :))

      Delete
  4. senyuman yang paling nikmat adalah senyuman disaat kita sedang membangun PETA atas apa yang kita ingin lakukan sekarang & nanti,itu moment paling seru buat aku tp tidak buat orang lain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kalau orang lain dikasih tau PETA itu, pasti akan ikut tersenyum jg :D

      Delete
  5. Replies
    1. haha.. emang pudingnya bikin senyum kok.. :D

      Delete
  6. Oalah ternyata orgil toh..gpp itu mungkin pengecualian mbak, cuman lagi apes aja hehe

    Just smile and the world will smile with you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. bnr juga ya.. jgn gara2 keapesan sekali jd bikin ga mau senyum lg.. :D

      Delete
  7. Replies
    1. aiiih.. bener.. senyum yg manizzz.. ;)

      Delete
  8. maaf kalo komen d sini, gan tuker link sama folow back,bisa? http://rahmatdi99.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok.. tunggu kunjungan balikku ya.. thx

      Delete
  9. waduh kalo aku mah jadi takut kak senyum sama orang gila ga taunya dikejer lagi hwhwhw. kobutri tu apa ya kak? hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, aku jg agak2 parno.. Pokoke klo jelas2 ktauan itu org gila mending ga sah dkt2.. hiii..
      kobutri itu metromininya jogja.. hehe..

      Delete
  10. weh.. si mbak di jogja toh.. :D

    bang kernet gimna terus.. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dulu.. skrg dah di jkt :D
      klo ama bang kernet mah org gilanya takluk.. hihi

      Delete
  11. Senyum gak senyum yang penting ngumpul...
    Senyum gak senyum yang penting biutipul...

    huahahahaha.... ya kan cova? *toss dulu ah*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... bener say.. kita bangets yak.. :))
      tosnya pake pipi ah.. :D

      Delete
  12. berarti senyum ga boleh sembarangan ya mbak? padahal saya kalo lagi sendirian terus inget suatu hal lucu sering tawa sendiri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama donk.. aku jg sering senyum2 sndri, biasanya sih klo lagi baca buku lucu ato klo lg chating..hehehe

      Delete
    2. oh..kalo itu sih orang maklum, soalnya ketauan 'obyek' yg bikin senyum2nya. Nah, kalo 'obyek' nya cuma ada di kepala kita?

      Delete
    3. itu namanya senyuman sepihak ya.. haha.. org lain ga tau apa yg kt senyumin :D

      Delete
  13. senyum terindah di dunia,kanan dua senti kiri dua senti, coba praktekan, itu kata trainer kalo lg pelatihan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ouu gt ya.. gmn mraktekinnya ya.. moso' mesti bawa penggaris.. haha.. :P

      Delete
  14. Kobutri kendaraan seperti apa sih mbak. Ane pernah di jogja, tapi baru denger kobutri pada blog ini. Apa itu kendaraan tempo dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kobutri itu salah 1 jenis bis kotanya Jogja, semacam metromini gtlah. Warnanya kuning :D. Pasti ga pernah naik angkutan umum nih.. hihi

      Delete
  15. Assalamualaikum.
    Haha, untungnya mba gak diasuh jadi anak angkat ibu itu. Kalau ada yang tak membalas senyum kita, tak usah diingat mba. Karena senyum yang indah adalah senyum yang ikhlas tanpa mengharap balasan. Senyum itu sunnah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam..
      jd anaknya? huwaaa.. amit2 deh.. :P
      Iya, bnr jg. Klo org itu ga ngrespon berarti dia yg rugi.. hihi..

      Delete
  16. ternyata
    senyum itu juga dapat membawa amarah orang yang tidak waras
    hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. namanya jg org gila.. ya maklumi ajalah.. :D

      Delete
  17. seorang yang murah senyum akan kehilangan senyumnya tidak hanya ketika bertemu orang gila saja tetapi ketika bertemu-maaf-bencong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. bencongnya pasti lbh agresif dr org gila.. #eh.. :P

      Delete
  18. padahal niatnya senyum baik-baik, eeh malah setelah senyum berakibat kesemprot orang. sabaar... sabaar.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bgitulah klo lg apes.. senyum manis yg tak berbuah manis.. hihi

      Delete
  19. baru tau istilah tuk bis khas jogja tu kobutri namanya:( jd pingin tau sperti apa dalemnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja kek bis kota lain kok, cm beda warna aja.. hehe..

      Delete
  20. haduh2, jd bingung nih, mau tersenyum tp sangkain tertawain kamu. mau diem aja, tp gak kuat nahan pengen senyum nih..
    pasti itu jd pengalaman yg tak terlupakan ya sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh klo senyum ke aku blh kok, jgn malu2.. pasti kubalas dgn senyum termanisku.. hehehe..
      Iya, bnr2 tak terlupakan.. agak2 parno jdnya klo liat org gila.. huhuu

      Delete
  21. sy datang bawa senyuuuuummm... tp sy jgn di mara2in ya.. Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ke2nai yg senyum pasti nggemesin deh.. mn bs marah2.. hihihi..
      *bales senyuuuuum* :D

      Delete
  22. 148
    senyum itu perlu
    yang penting bagaimana kita bisa menempatkan senyum seindah mungkin
    kapan waktunya senyum, dimana kita harus senyum, kepada siapa kita harus senyum.....
    jadi kita harus bisa kapan, dimana, siapa, dan pantas


    saya ikut follow 148 sobat, jika tdk keberatan monggo follow balik
    ditunggu dan terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti senyum itu juga hrs di tempat dan di saat yg tepat, jg pd org yg tepat ya.. hehe..

      Makasih follownya.. tunggu follback ku ya.. ^^

      Delete
  23. senyum itu memberi lho
    dan memberi itu menabur. di akhir nya.. apa yang kita tabur, yg akan kita tuai :)
    keep on smiling!

    <3
    The Sweetest Escape 
    Join The Sweetest Escape x Juerrii Shop Giveaway

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bnr. Klo menabur kebaikan.. akan kita tuai kebaikan pula. Tp klo dptnya ga baik, berarti itu cobaan.. hehe.. :D
      THanks 4 ur sweetest smile ^^

      Delete
  24. bukan orang gila-nya yang saya pikirkan...tapi orang yang tidak mau membalas senyum anda...itu sebenarnya bisa dibilang lebih dari gila...karena kalau orang gila hilang kesadarannya...nah orang yang tidak balas senyum, masih ada kesadarannya tapi entah ditaruh dimana sampai senyumpun enggan untuk dibalas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. menolak senyum berarti menolak rejeki. Diberi kebaikan tp ga mau membalas. Dia yg rugi sndri.. ya kan? :D

      Delete
  25. wahduh... yang sabar ya mbak. namanya juga kita tidak tahu :D


    Mengundang sahabat blogger dalam rangka Persembahan Menulis Untuk Semua
    http://catatan-indrayana.blogspot.com/2012/08/persembahan-giveaway-sahabat-blogger.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa.. sabar kok. Cm pas kejadian ya deg2an jg.. :D

      Makasih undangannya ^^

      Delete
  26. karena hanya senyuman yang bsa bikin hati adem...

    ReplyDelete
    Replies
    1. adem.. tentrem.. dan mengakrabkan suasana.. hehe..

      Delete
  27. Kunjungan perdana sahabat....
    Hadir untuk baca-baca dan menambah pengetahuan...

    Follow 150 Sukses,,
    FollBack ya....
    Solusi cantik alami untuk meningkatkan rasa percaya diri

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kunjungan 'n follownya
      tunggu kunjungan 'n follbackku ya.. ^^

      Delete
  28. akau juga pernah mengalami sulit tersenyum waktu sakit gigi hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ouuu.. jgn2 org itu lg sakit gigi ya, mknya ga bales senyumku.. hihi

      Delete
  29. .... dan senyum itu gratis, jd knp nggak senyum setiap hari ya :)

    ReplyDelete
  30. Replies
    1. iyaa.. makasih kunjungannya.. tunggu kunjungan balikku ya..

      Delete
  31. Hahahaha.... mulai sekarang jg harus berhati2 nih kalo tebar2 senyumana. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah jelas orang gila.. ga usah dikasih senyum.. hihihi..

      Delete
  32. hahahaha menarik juga. Senyum juga bisa mendatangkan malapetaka juga ya. Tapi kalaw ketemu orang yang tidak membalas senyum juga sering saya alami. Mangkel juga rasanya, tapi kdang saya lupakan saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. mgkn orang itu lagi sakit gigi ya.. atau lagi sariawan, jd bibirnya perih klo digerakin.. hehe

      Delete
  33. Salam Kenal, blogwalking mbak kunjngan ya

    ReplyDelete
  34. ah masak ada bule ganteng....
    atau hanya kegeeran dikasih senyuman...

    fotonya keren...
    coba kalo bisa lebih besar...
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aah Dihas nih ngiri aja.. gara2 kalah ganteng ama si mas bule yak.. hihihi.. :)

      Delete