Tuesday, April 09, 2013

Selingan Semusim, Selingan Terindah?

create a gif here

Judul Buku       : Selingan Semusim
Penulis             : Alaika Abdullah
Penerbit           : Smart Garden Publishing & Printing
Tahun Terbit     : 2013
Tebal                : 197 hlm
ISBN               : 978-602-17944-01

Sinopsis
Perang batin berkecamuk dalam diri Novita, antara mempertahankan kesetiaannya terhadap Arief, sang suami, atau menuruti sisi kelamnya untuk larut dalam hubungan terlarang dengan Fajar, sang fasilitator yang juga memendam ketertarikan terhadapnya. Campur tangan Tuhan hadir dengan memberinya ujian. Dimulai dengan kecelakaan yang menimpanya, yang dia sambut sebagai peringatan Tuhan untuk segera membersihkan noktah merah perkawinannya. Namun ujian masih berlanjut dengan tragedy tsunami yang merenggut kehidupan Arief dan Niken, anaknya. Dan sejak itu, kisah sendu hidupnya dimulai. Dalam pengembaraannya mencari keberadaan Arief dan Niken, walau hanya dalam bentuk pusara, akhirnya mempertemukannya kembali dengan Fajar. Akankah asmara terselubung itu bersemi kembali? Lalu bagaimana dengan Shenny, istri Fajar? Akankah Novita menerima cinta dr. Ridge?

***

Selingan Semusim adalah novel perdana karya sahabat bloggerku mbak Alaika Abdullah. Nama Alaika Abdullah tentu sudah tidak asing lagi di dunia perbloggeran. Kelihaian dan produktifitasnya dalam menulis, membuat para penggemarnya, termasuk diriku, selalu menunggu-nunggu karyanya, salah satunya kisah Selingan Semusim ini. Sejak cerita bersambung Selingan Semusim ini hadir di blognya yang bernama Episode Kehidupan, aku langsung jatuh hati, dan setia mengikuti terus setiap episodenya.  Hingga ketika Mbak Alaika mengungkapkan idenya untuk menerbitkan cerita bersambung ini menjadi sebuah novel, tentu aku sangat bersuka cita.

Perselingkuhan dan cinta segitiga, memang sebuah tema yang sangat menarik untuk diungkap. Tak heran banyak cerpen, novel, lagu bahkan puisi mengangkat tema ini. Namun persamaan tema bukan berarti tidak ada keunikannya. Dan bukan Alaika Abdullah namanya kalau membuat cerita yang biasa-biasa saja. Dengan gaya penulisan yang sangat mengalir, dan tidak bertele-tele, membuatku terhanyut dalam alur cerita. Ditambah dengan bumbu adegan dewasa yang ditulis dengan detil, namun tetap manis, makin membuat panas dingin. Aku sungguh mengagumi keberanian mbak Alaika menuliskan adegan sacral ini tanpa terkesan vulgar. Tak banyak penulis wanita yang bisa melakukannya. Ajarin donk mbak caranya.. :D

Tentu bukan karena adegan dewasa saja yang membuatku menyukai novel ini. Bagi diriku penganut paham “cinta manusia tak ada yang sempurna”, dan bukan penganut kisah cinta ala Cinderella, novel ini klik banget di hati. Novel ini mengungkapkan bahwa cinta saja tak cukup untuk membangun sebuah hubungan. Karena kadar cinta seseorang pada pasangannya tidak selalu sama. Adakalanya ujian datang menghampiri. Seperti kehadiran Novita yang menjadi orang ketiga bagi kehidupan perkawinan Fajar dan Shenny. Dan otomatis Fajar juga menjadi orang ketiga bagi kehidupan perkawinan Novita dengan suaminya. Disanalah cinta dan kesetiaan pada pasangan masing-masing diuji. Sanggupkah mereka mempertahankan perkawinannya? Atau malah mengikuti hasrat mengejar cinta yang lain?

Jika selama ini orang menganggap perselingkuhan hanya terjadi pada sebuah perkawinan bermasalah. Itu tidak selamanya benar. Karena perselingkuhan bisa terjadi pada sebuah perkawinan yang tidak bermasalah sama sekali, bahkan sangat harmonis. Namun apapun penyebabnya, bukanlah suatu pembenaran atas perbuatan dosa atas nama cinta. Dan setiap perbuatan pasti menuntut sebuah konsekuensi.


Novel Selingan Semusim ini tak hanya menghibur, tapi juga memberikan banyak pelajaran dan makna kehidupan. Novel yang ditulis dengan apik oleh mbak Alaika ini, sangat menarik untuk dibaca para pembaca dewasa. Ingat ya, DEWASA.. hehe..
Selamat membaca!
 ^^

***

Penasaran dengan kisah lengkapnya dan ingin memiliki bukunya? Silahkan hubungi mbak Alaika di
ym: alaika_abdullah@yahoo.com
email: admin@alaikaabdullah.com atau
smartgarden3@gmail.com

Reactions:

32 comments:

  1. jadi pengen baca isi keseluruhan dari novelnya mbak alaika.
    masalah seling menyeling ini sangat sensitif kalau di tarik asal muasalnya kok ya njlimet ya mbak. Yang mana yang mulai duluan jika tidak ada introspeksi diri dari masing2 individu pasti jatuhnya saling menyalahkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup betul sekali! saling menyalahkan. Masing2 ga mau mengakui kesalahannya, malah menuding yg laen. Klo ga mau sama2 introspeksi mslhnya ga bakal selesei. Cuma cari2 kesalahan org lain terus, ga mau memperbaiki diri.

      Delete
  2. Wow, reviewmu bikin aku merinding dan sumringah lho, Mba. Ciamik deh cara ulasanmu.
    Bahagia rasanya mengetahui bahwa banyak sahabat dan pembaca, yang antusias dengan deskripsi Selingan Semusim. Tadinya udah sempat sedikit kuatir, jika pembaca malah akan terjebak di 'adegan' dewasa, yang sebenarnya hanya sebagai butiran gula-gula pemanis dan tak sampai jadi penyebab pembacanya terkena diabetes. Hehe.

    Alhamdulillah, banyak sekali sahabat dan pembaca yang ternyata, bisa menarik makna pembelajaran yang terselip di dalamnya.

    Makasih banget atas reviewnya, Mba. Nantikan sequel pamungkasnya yaa. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih ya mbk Al.. jd tersipu2 nih..
      Novelnya emang keren kok. Adegan dewasanya emang menarik kok, pas porsinya dan penempatannya, ga berlebihan. Jd ga sampe bikin diabetes, apalg jantungan.. #eh.. hihihi
      Justru pembaca jd belajar bahwa sesuatu yg "manis2" itu, tak selamanya berujung manis. Bisa malah jd "pahit".

      Siiip.. ditunggu sekuelnya.. Smangat mbak! ^^

      Delete
    2. pengakuan yang keren
      berarti bagusan reviewnya ketimbang novelnya ya..?
      hahaha pisss...

      Delete
    3. hihihi..
      review bagus kan krn novelnya bagus, jd ngereviewnya dgn hati, krn bnran suka ma novel ini.. :D

      Delete
  3. Gue dah masuk kategori dewasa lum, ea 5? Hihihi, ulasannya keren! ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. eksak ga masuk kategori DEWASA.. tp masuk kategori SU (semua umur) :P

      Tengkyuu ^^

      Delete
  4. isha juga udah pesan, tinggal nunggu mas jne nyampe rumah. udah penasaran pengen baca ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. pokoknya seru deh.. aku suka endingnya.. eh ga boleh ngasih tau ya.. hehehe

      Delete
  5. wah pengen baca bukunya #penasaran

    ReplyDelete
  6. good review kak :D jadi pengen baca sumpah hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih yaaa..
      eh.. eh.. Ini novel dewasa loh. Laili udah dewasa blm nih..? hihihi

      Delete
  7. iya lalu bagaimana ceritanya mbak ? apa novita jadian dengan fajar dan putus dengan sheny atau novita yang harus gigit jari atau justru terjadi yang poli-poli ya hehe.... maaf asal tebak, penasaran sih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah klo aku kasih tau ntar ga pnasaran lg donk.. hehehe

      Delete
  8. Ulasannya yang menyentuh kalbu dan hati nurani setiap pasangan pasutri. Ini memang menjadi pembelajaran kita semua karena semuanya saling berkaitan satu sama lainnya. Perselingkuhan sebagaimana yang dituang dalam ulasan ini juga memerlukan perhatian kita semua. Diluar faktor faktor pribadi dari setiap pasutri, ada juga faktor lainnya yang turut berperan.

    Saya masih ingat pembahasan topik selingkuh di berbagai media, oleh para pakar dibidangnya masing masing. Mereka bilang Selingkuh itu PRIA, dan SELINGKUH lebih didominasi oleh Kaum Pria. Nah loh hiehiehiee. Ini bukan kata saya. Itu kata pakarnya hiheiheiiee. Jangan Selingkuh. Titik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zaman skrg banyak jg kaum wanita yg selingkuh loh. Tp tetap pria sih yg mendominasi.. Ada yg bilang pria berselingkuh itu krn ada kesempatan. Jd waspadalah, krn selingkuh bisa terjadi bukan hanya krn niat, tp krn ada kesempatan.. :D

      Betul mas Asep, diluar faktor faktor pribadi dari setiap pasutri, ada juga faktor lainnya yang turut berperan. Lingkungan jg berperan loh. Lingkungan yg menganggap wajar sebuah perselingkuhan, membuat org tak malu melakukannya.

      Delete
    2. selingkuh itu sudah bawaan makhluk hidup kok
      pernah dengar belom ada monyet berantem..?
      ternyata bukan karena perebutan kekuasaan doang, tapi karena selingkuh juga

      Delete
    3. wah gt ya mas rawins.. keknya tau bgt nih ma kehidupan monyet.. hihihi

      Delete
  9. Wah, ini toh bukunya mbak alaika.
    Ayo beli bukunya :D

    ReplyDelete
  10. Ternyata bukunya sudah banyak yang beredar. Cerita yang menarik apalagi ada bumbu dewasanya pastinya mata akan lebih molotot untuk membacanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pokoknya novel ini emang bikin mata tak berkedip. Eiits.. tp jgn cuma mlototin yg hot ajah.. hehehe

      Delete
  11. Mba itu kog fotonya lucu bisa berubah2 gitu hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren ya say gambarnya.. itu link banner dr mbk Alaika.. :D

      Delete
  12. menurut saya sich..perkawinan bermasalah itu dikarenakan berbagai macam sebab, dan perselingkuhan juga termasuk penyebab masalah dalam perkawinan..., nice review sobat :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm.. betul juga. Selama ini org beranggapan sebaliknya, bahwa selingkuh dikarenakan ada mslh dlm perkawinan. Pdhl selingkuh itu sndri adl sumber mslh

      Delete
  13. hadehhh.. perselingkuhan dan cinta segitiga ;( hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah bgitulah dunia.. cinta tak selamanya indah

      Delete
  14. ulasannya bagus jd penasaran pengin baca

    ReplyDelete