Monday, January 09, 2012

Kota Semarang Selayang Pandang

Setelah puas menikmati Kuil Sam Po Kong, kami melanjutkan perjalanan melewati Kawasan Kota Lama. Di Jakarta ada Kota Tua, nah kalau di Semarang kita bisa temui Kota Lama. Aku selalu menyukai bangunan-bangunan tua di tengah-tengah kota seperti ini. Kadang aku seperti menerawang ke masa lalu, membayangkan kehidupan kota ini di saat jayanya dulu. Banyak kisah dan misteri tersimpan di sana. Andai bangunan tua ini bisa bicara, pasti banyak cerita yang terucap darinya..

Gereja Blenduk dan Kota Lama


Sesuai dengan namanya Kota Lama, di kawasan itu berdiri bangunan-bangunan tempo dulu yang masih kokoh. Banyak di antaranya masih berfungsi. Seperti Gedung Keuangan Negara, Gedung Kantor Pos Besar, beberapa buah hotel dan bank. Bahkan ada juga tempat peribadatan yang masih menggunakan gedung lama tersebut. Seperti gereja yang sangat terkenal ini, Gereja Blenduk. 

 

Setelah mengelilingi Kota Lama. Akhirnya kami menemukan gereja Blenduk ini. Gereja yang memiliki arsitektur unik ini, merupakan gereja tertua di Kota Semarang. Umurnya sudah mencapai 3 abad, tapi masih sangat bersih dan terawat. Gereja ini mempunyai kubah berwarna orange kemerahan, yang menjadikannya mencolok di antara bangunan-bangunan tua lainnya. Sampai sekarang gereja ini masih digunakan sebagai tempat peribadatan umat kristiani. Katanya gereja ini juga terbuka untuk masyarakat umum yang ingin melihat-lihat bagian dalam gereja ini. Tapi kami tak sempat melihat ke dalam. Sayang ya..

Namanya juga hanya mampir, jadi kami memang tak berlama-lama di sana, hanya sekedar melihat-lihat dan mengambil beberapa foto saja. Apalagi saat itu matahari sedang terik-teriknya, sungguh tak nyaman juga untuk berlama-lama. 


Masjid Agung Jawa Tengah


Dari klenteng ke gereja, dari gereja ke masjid. Seperti wisata religi saja ya.. hehe.. Yup, kini saatnya meninggalkan Kota Lama menuju Masjid Agung Jawa Tengah. Konon masjid ini merupakan salah satu masjid termegah di Indonesia. Dan benar saja, saat sampai di sana, aku langsung terkagum-kagum oleh keindahan arsitektur dan kemegahannya. Masjid ini memang sangat luas dan memiliki arsitektur yang unik, semacam perpaduan antara bangunan Timur Tengah dan Romawi. Di tengah-tengah ada halaman luas yang terdapat 6 payung raksasa, yang bisa membuka dan menutup otomatis. Wah keren ya.. 








Satu lagi yang menarik dari masjid itu adalah menaranya, yang disebut dengan Al Husna Tower. Dari menara itu kita bisa melihat pemandangan Kota Semarang dari atas, termasuk pemandangan di Pelabuhan Tanjung Mas. Tapi sayang sekali pada waktu itu aku tak tahu kalau ternyata kami boleh naik ke atas. Sepertinya lebih asik kalau naik ke menara itu pada malam hari, sambil menikmati suasana malam Kota Semarang. Aaah.. romantisnya.. :)



Kota Semarang memang kota yang anggun dan eksotis. Suatu saat nanti aku pasti kembali ke sana untuk menjelajah dan mengenal kota itu lebih jauh lagi. 

Reactions:

40 comments:

  1. Wuhh maunya yang romantis-romantis Mba Covaa...
    kok ga sekalian naik kemenaranya Mba Cov?
    Waktu say diajak temen kesana saya sempet naik...Liftnya cepet ko... dan petugasnya ramah lagi...
    dari atas ada teropongnya buat melihat pemandanagn sekitar...
    never mind lain kali mampir lagi yaMba Cova...

    ReplyDelete
  2. @choirunnangim: wah km dah naik ke menaranya ya.. waktu itu aku ga tau klo boleh naik.. huhuuu.. nyesel..
    Kapan2 mo naik ke sana pas malem2.. biar romantis..*teteuup.. hihihi..

    ReplyDelete
  3. Bukannya blenduk pake n ya mbak?
    Kalao bleduk artinya debu atau anak gajah hehehehe...
    Dalemnya bagus loh :p
    Ada pipe organnya gede...

    ReplyDelete
  4. masjid agung emang keren....
    semoga pemkot dan pemprov bisa tanggap dan bisa menjaga sehingga kelak bisa menjadi warisan budaya dunia...
    :)

    ReplyDelete
  5. @Una: ouu.. gt ya.. Aku kok mikirnya bleduk anak gajah ya, tp kok tak liat2 ga da unsur2 gajah sama sekali. Ternyata pk 'n' ya.. krn bentuk atapnya yg mblenduk.. hehehe..
    Thanks ya koreksinya.. dah tak edit tuh :D

    waah.. rugi deh aku ga sempet masuk.. huhuu.. nyeseel..

    ReplyDelete
  6. @zone: setujuuu.. hrs slalu dijaga 'n dirawat.. itukan salah 1 kekayaaan negara kita.. jgn sampai tersia2..

    ReplyDelete
  7. ada kawasan cagar budaya juga dong di semarang....ayo sapa mau ke semarang, tunggu daku #kumat

    ReplyDelete
  8. @jeng Ririe: ayo2 sapa mo nemenin Jeng Ririe ke semarang.. InsyaAllah aku ke smg lg pas lebaran, msh lama yak.. hehehe..

    ReplyDelete
  9. photo masjidnya kereennn kaapan ya bisa ke semarang kapan ya Lombok Utara punya masjid sekeren yang di semaranggg, suatu saat amin

    Salam kenal dari blogger amatiran

    ReplyDelete
  10. iya udah mba Cov... Ya lain kali ya Mba...
    euhh genit deh, maunya tetep aja pengen yang romantiss mulu,,.. jadi pengen juga tau Mba.. iya yang udah punya pasangan la yang belum?..Ehm..

    ReplyDelete
  11. @lombokguide: aminnn.. aku mlh pengen bgt ke lombok.. alamnya indah bgt.. :)
    Salam kenal jg.. dr sesama amatiran :D

    ReplyDelete
  12. @choirunnangim: cr pasangan dulu lah.. klo yg blm ya selamat ngayal plus galau sndri di atas menara.. hahaha.. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duhhh mba Cova ga asik banget yah..
      Bukannya nyarikan pasangan buat aku malah ngeledek,, uehhh.
      Yang ada aku malah jatuh menghayal dari ketinggian menara itu..

      Delete
    2. hihihihi...
      ku bantu do'a aja deh.. smoga cepet dpt pasangan yg pas di hati.. :)

      Delete
    3. Amin Ya Rabbal 'alamin...
      terima kasih Mba Cova telah berkenan mendoakan saya...

      Delete
  13. masyaAllah
    aku pernah tinggal di semarang :D
    *info nggak penting ya #plak

    ReplyDelete
  14. Masjid Agung jawa tengah memang memiliki pesona yang indah dan masih banyak yang dapat diangkat dalam cerita tentang mesjid tersebut untuk lebih banyak diketahui halayak ramai sebagai objek pariwisata.


    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  15. Ngeliat fotonya serasa bukan di Indonesia lokasinyaa... :)

    ReplyDelete
  16. Asyik ah jalan jalan tambah pengetahuan :D

    ReplyDelete
  17. @Nurma: penting bgt nih.. hihi.. berarti dah tau bgt seluk beluk Semarang.. :D

    @Ejawantah: iya betul.. Smoga punya kesempatan ke sana lg, biar bs menceritakan lebh banyak lg :)

    ReplyDelete
  18. @Sam: iya.. kek lg jalan2 ke luar negeri.. hehe *pdhl blm pernah ke LN* :D

    @Deganshah: berarti makin sering jalan-jalan jd tambah pinter yak.. :D

    ReplyDelete
  19. tempatnya keren mbak cova. beneran tuh di semarang? heheheh

    ReplyDelete
  20. wow ... nggak tahu ada yang cantik begini di semarang, jadi pengen ke sana :)

    ReplyDelete
  21. Wow, masjidnya bagus sekaliiii... :)

    ReplyDelete
  22. @widhi: suer deh beneran,, hehe.. ayo2 buktikan sndri ke sini.. :D

    @Ely Meyer: ayo2.. main ke semarang.. banyak t4 cantik loh di sini.. *promosi* :D

    @Dee Ayu: iyaaa.. kereeeen yah.. :)

    @udin: thanks 4 visiting

    ReplyDelete
  23. ayo wisata ke Semarang hehehehe...jadi ikut-ikutan promosi

    ReplyDelete
  24. @rumput dan ilalang: hihihi.. makasih loh ikutan promosi.. biar tambah rame.. hehe..

    ReplyDelete
  25. betul masjidnya seperti bukan di Indonesia ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa.. arsitekturnya unik 'n keren.. serasa di luar negeri.. hihi

      Delete
  26. ternyata eksotisme semarang kagak kalah ya sama kota2 lain di indonesia,yang paling penting penting harus dijaga & dirawat kebersihan wilayah & bangunan'a agar pengunjung bisa menikmati suasana tsb dengan nyaman & tenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul.. semarang emang anggun 'n eksotis.. banyak peninggalan sejarah 'n perpaduan berbagai budaya. Sayang klo sampai ga dirawat, apalagi dirusak

      Delete
  27. wew keren..
    kpan2 ajak mbak q jalan2 ksitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul2.. trus dari Semarang bisa langsung ke karimun jawa.. :)

      Delete
  28. kisah perjalanan yang sangat menarik..memikat dan menimbulkan minat untuk dapat juga berkunjung ke semarang suatu saat nanti :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasih ya.. tempat2nya memang memikat, sehingga menarik untuk diceritakan.. :)

      Delete
  29. Akhirnya ada foto2nya lagiiii....

    Mo nyaingin cova ah, pamer view payakumbuh hihihi.... *bukafotolama

    Eh, udah ganti baju ya blognya? *telatnyadar

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai.. hai.. iya nih nambahin foto2 lg.. hehe
      mana2..? mo liat view payakumbuh, sapa tau kpn2 ke sana :D

      hehe.. iya nih baju baru, baru ganti kmrn kok.. 'n baru launching hari ini.. moga2 pd suka ya.. :)

      Delete
  30. Itu dia, saya pengen ke Semarang, saya pengen ke daerah kota tuanya, saya pengen ke masjid agung Jateng... TT__TT

    Suhu di Semarang panasan mana sama di Surabaya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kpn2 ke smg.. asyik kok.. :)
      mungkin suhunya sama kali ya ma surabaya.. *eh aku kan blm pernah ke surabaya.. :D

      Delete