Saturday, February 16, 2013

Bogor Rasa Bali

walaupun gerimis tetap narsis
Selamat pagi teman-teman.. Adakah yang belum pernah ke Bali? Hmm..lumayan banyak juga ya. Yah maklumlah, walaupun Bali itu most wantednya tempat wisata, namun untuk kesana perlu modal dan effort lebih, terutama bagi yang tempat tinggalnya jauh dari Bali.  Tapi jangan berkecil hati karena kali ini aku akan mengajak teman-teman untuk merasakan nuansa bali, tanpa harus pergi jauh-jauh, dan tentu saja minim budget. Nah, yang pengen mencicipi rasa Bali, atau yang sedang kangen sama Bali, yuk ikuti tripku kali ini. Trip ke Bogor.

Loh kok ke Bogor sih? Apa miripnya sama Bali? Jangan membayangkan Bogor itu hanya daerah puncak atau kebun raya saja. Karena di Bogor ada sebuah tempat wisata yang sangat mirip dengan di Bali, yaitu sebuah pura. Pura yang diberi judul Pura Parahyangan Agung Jagatkarta ini merupakan pura terbesar di Jawa Barat dan bahkan yang terbesar di luar pulau Bali. Bahkan pura ini disebut-sebut sebagai pura terbesar kedua setelah Pura Besakih. Dan menurut keterangan beberapa orang temanku yang pernah kesana, pura ini tak hanya megah, namun pemandangannya juga sangat indah.

Demi menjawab rasa penasaranku maka aku melakukan one day trip ke Bogor bersama keluarga dan teman-temanku. Untuk mengunjungi pura ini dari Jakarta, transportasinya cukup mudah dan murah. Dan tentunya tidak perlu bermacet-macet ria seperti di daerah puncak, karena kami menggunakan transportasi kereta commuter line. Dengan tiket seharga Rp 9000 per orang, dan waktu tempuh 30 menit saja, kami sudah sampai di pusat kota Bogor. Praktis sekali bukan? Dari pusat kota Bogor kami ber-12 melanjutkan perjalanan ke pura yang ada di kaki Gunung Salak tersebut dengan mencarter angkutan umum. Dan ongkos per orangnya Rp 6.000 saja.

Seperti daerah pegunungan lainnya, jalan menuju kesana menanjak dan berkelok-kelok. Namun pemandangannya memang menawan. Sekitar 30 menit perjalanan, akhirnya kami sampai di Pura Parahyangan Agung Jakatkarta. Di depan pura kami disambut oleh bli penjaga pura yang menggunakan baju sembahyang warna putih dan udeng putih. Dia menjelaskan tata tertib yang harus dipatuhi. Wah, serasa ada di bali nih, ketemu bli-bli yang pakai udeng. Tapi sayang, kenapa mereka nggak ramah ya? Apakah memang begitu atau itu hanya perasaanku saja? Aku merasa bli yang disini perangainya berbeda dengan bli-bli di Bali sana yang ramah dan santun. Ah sudahlah, hatiku memang tak bisa berpaling dari bli yang di Tanah Lot itu :P.


Gerimis mulai turun saat kami memasuki area pura. Wah, sayang sekali, kami terpaksa harus menunggu hujan reda untuk bernarsis ria. Untungnya hujan tak berlangsung lama, dan cuaca berubah menjadi cerah. Pemandangan di sini memang sangat indah. Sebuah pura yang megah berlatar belakang pegunungan, dilengkapi dengan pelataran yang tumbuhi rumput hijau yang menghampar bagaikan sebuah permadani. Suasana yang sejuk dan asri membuat betah berlama-lama di sini. Dan dari ketinggian ini, pemandangan kota Bogor tampak menghampar indah, berpadu dengan langit biru dan awan yang cerah. Wow.. Keren..

Pemandangan Kota Bogor
Tempat ini memang cocok untuk refreshing. Tak heran banyak yang datang berkunjung, bukan dari kalangan umat Hindu saja. Bahkan beberapa turis manca negarapun tampak menikmati keindahan pura ini. Namun layaknya sebuah tempat ibadah, tentu kita tetap harus menghormati peraturan di pura ini. Salah satunya, bagi wanita yang sedang haid, dilarang memasuki area pura. Dan salah satu temanku ternyata saat itu sedang haid. Yaah, sayang, sudah jauh-jauh ke sini tapi hanya bisa pasrah menunggu kami di bawah.

pengunjung pura

Hanya sekitar 1 jam-an kami berada di sana. Rencana selanjutnya adalah ke Curug Cinangka. Tapi sayang, dalam perjalanan kami salah arah. Bukannya mendekati curug, tapi malah menjauhi curug. Yaah batal deh. Ya sudahlah, mungkin belum berjodoh. Semoga lain waktu bisa kesana lagi.\

jalan pulang


Reactions:

62 comments:

  1. Malah baru tahu aku kak.
    Kayak di kebun raya bogor ya.
    Dari terminal bogor naik apa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dr terminal ga tau deh. Aku taunya dr stasiun. Nyarter angkot aja. Paling 6000an

      Delete
    2. whaaaaaa, murah meriah euy...
      kyk e aq belum pnah ke bogor nih T.T

      kemana aje yak gue nih T.T

      Delete
    3. ayuk yuk kesini.. asyik kok :D

      Delete
  2. pura peraturannya kayak masjid ya ternyata yang haid dilarang masuk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masing2 t4 ibadah pasti ada aturannya sndri2

      Delete
  3. Wah sama donk ya, di daerah Rasau, Kecamatan Kubu Raya, lebih kurang 40 menit berkendaraan dari Pontianak juga ada Pura yang biasa saya temui di Bali. Ini jadi bahan inspirasi saya juga nih buat liputan di sana dan menyajikkannya di tulisan nanti. Hmmmmmm. Menarik juga ya. Oh ya Pura Parahyangan Agung Jagatkarta ini lokasinya bagus sekali, sepertinya tinggi dari permukaan laut. ANginnya pasti segerrrrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sejuk bgt di sini, suasananya jg ga ramai. Pas buat yg mau leyeh2
      Ayo mas, aku tunggu liputannya.. hehe

      Delete
    2. di kotaku juga ada. namanya Pura Mandara Giri Semeru Agung.
      Orang bilang sih, Pura ini ibarat mekkah nya orang Hindu. Jadi, rame banget saat hari perayaan... apa ya? nggak tahu, hehe

      Delete
    3. @Ocha Rhoshanda : Jadi dewan redaktur koran KPK menugaskan Ocha untuk membuat liputan atau reportasee di Pura Mandara Giri Semeru Agung ya. Natni laporannya disampaikan kepada Mba Cova. Perlu ongkos nda? Nah saya juga mintain ya sama mba Cova

      Delete
    4. jiaaaah.. ujung2nya aku yg harus modal.. :P

      eh tapi pnasaran juga tuh yg semeru agung.. ayo ocha buat liputannya :D

      Delete
  4. aku sering pergi ke Bogor tapi baru tahu kalau ada pura disini, pemandangannya bener indah

    ReplyDelete
  5. Hello Dear :) .
    Great blog. Interesting post.
    Have a nice weekend.
    Welcome to my blog.
    http://photographyismyexistence.blogspot.com/

    Like me on Facebook. I will be extremely grateful.
    https://www.facebook.com/pages/In-another-light/413836138693856

    ReplyDelete
  6. Wah mba, kalo letaknya di Bogor mah, wajib kunjung nih. Ajak temen2 ah... Eh iya, yuk kita agendakan ketemuan di lokasi ini mba? Asyik deh pastinya? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah ide bagus nih... pasti seruuu.. ayuk ayuuuk.. skalian wisata kuliner.. hihihi

      Delete
    2. Saya ikut Mba Cova
      Ikuuuuuuuuuuuuuuut

      Delete
    3. ayuuuuk.. kopdaran di bogor.. hihihi

      Delete
  7. wah ada nuansa Bali di Bogor yaak..???
    Ayo Covalimawati kita ke sana..... lagi-lagi berdua aja gak usah ngajak siapa-siapa hihihihi :D
    *siap-siap dilempar srandal*


    Ehya Mbak Cova, aku mau minta maaf yaa sebelumnya. Maaf bangeetttt.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah memaafkan dengan segala perasaan yang membahana dan menggelegar. Duarrrrrrrrrrrrrrr

      Delete
    2. aku maafkan indra... tp keknya kalo berdua aja ada yg ngiri tuh... *lirik mas asep* hihihi..

      Delete
    3. dilirik mba Cova wih klepek klepek saya

      Delete
    4. baru dilirik aja klepek2.. lah klo ditatap bisa pingsan donk.. hahaha..

      Delete
  8. Woaaah ada Bali Mini...
    kayak TMII aja....
    :P
    tp asri banget..
    ada hotelnya ga mbak.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. ijoo.. segeeer.. :D
      klo hotel yg banyak di bogor kotanya

      Delete
  9. Ciussssssssssssssss, saya belum pernah ke bali, apalagi BOGOR...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya udah.. ke jakarta ajah.. hihihi

      Delete
    2. ke Pontianak aja. Bole bole

      Delete
  10. kalo gitu sy ke bogor aja dulu.. lebih deket.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul-betul.. lebih irit ongkos.. hehehe

      Delete
  11. perbedaan sikap bli bali dan bli bogor mungkin karena kebiasaan saja, bli bali sudah terbiasa melayani para pendatang dan menjadikan hal itu sebagai penggerak roda ekonomi mereka, sedangkan bli bogor tidak terbiasa melakukan hal itu...., namun apapun alasannya bogor rasa bali, masih lebih nikmat bali rasa bali dan juga bogor rasa bogor :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm.. alasannya masuk akal jg..
      masing2 daerah memang punya keunikan sndri2.. semua nikmat sesuai dgn rasa khasnya :D

      Delete
    2. yups..dan itulah yang menarik para wisatawan untuk datang berkunjung...karakter yang unik :-)

      Delete
  12. Suka banget gambar2nya Mbak....

    apalagi langit difoto terakhir itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya awalnya grimis mendung, tp agak siangan jd cerah.. keren ya langitnya :)

      Delete
  13. Wow, menarik euy...
    Tapi yang gak nguatinnya naik angkotnya >_<
    Macet gak tuh mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik angkotnya ga lama kok.. sempet macet bentar pas pulangnya, tp ga parah kok, ga kek daerah puncak

      Delete
  14. Huhuuu, saya yang mondar-mandir Bogor malah belum tau tempatnya... Bisa jadi referensi nih kalau nanti acara rihlah. Btw, dirimu bakat loh jadi photografer, pengambilan anglenya keren (^.^)b

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. kapan2 mampirlah kemari :D

      wah iyakah.. jd pengen moto2 lagi nih.. hihihi

      Delete
  15. Oh ya itu pura terbesar diluar Bali.. Gak kedengeran ya selama ini .. Bagus Tapi :)
    Blinya mungkin bukan orang bali beneran kali, gue pernah ke Bali sekali kebanyakan sih ramah" huehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa.. bli yg di bali tuh kebanyakan emang ramah2 'n baik.. aku sampe jatuh hati.. #eh.. hihihi

      eh yg di bogor itu ngomongnya kek logat bali sih, jd kupikir emang org bali

      Delete
  16. iya, bener-bener rasa Bali
    pengen kesana ><

    ReplyDelete
  17. bagus yah.
    pas aku kesini pas rame lagi abis ada Odalan. Jadi org2 pd pake baju bagus2, aku & temen2 jd ga pede mau masuk. tapi masuk juga sih hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. ouu.. ada upacara ya..
      aku pas kesana sih ga rame.. cm bbrp yg sembahyang.. Sbnre malah pengen pas ada upacara gt. Keknya seru pd pk baju2 bagus :D

      Delete
  18. informasi yang meanrik,,

    di tunggu kunjunganya di sini http://anginskk.blogspot.com/2013/02/cerito-wartawan-indonesia-ambek-malasyia.html

    dan beri komentar

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya udah mampir..
      ok, ntar aku mampir balik ;)

      Delete
  19. ijin berbagi kata motivasi yaa
    " janganlah kau buat kekeliruan sebagai sesuatu alasan, dikarenakan semestinya ia jadi motivasimu tuk terus mengambil langkah ke depan"
    thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih motivasinya.. makasih kunjungannya :)

      Delete
  20. aku baru tahu ada begituan mba, soalnya paling ke bogor cuma ke IPB atau Dermaga, paling jauh curug cilember, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini pdhl ga terlalu jauh loh. Mudah dijangkau jg :)

      Delete
  21. bagus ya tempatnya.ko bisa menjauhi curug mbak?apa gak tanya2 dulu?

    ReplyDelete