Wednesday, February 06, 2013

Boneka yang Kurajut dengan Cinta


Aku sudah mengenal dunia rajut merajut sejak kelas 1 SMP. Saat itu kurikulum ketrampilan di sekolahku salah satunya adalah merajut. Kalau kata guruku dulu, aku cukup berbakat di bidang ini. Terbukti hasil rajutanku laku keras di bazar yang diadakan pihak sekolah. Kala itu aku membuat taplak berbagai jenis dan ukuran. Senang rasanya hasil karya kita digemari banyak orang. Terlebih untuk ukuran seorang anak SMP, merajut bukanlah pekerjaan yang mudah. Tentu saja aku bangga, punya ketrampilan yang tidak semua orang bisa.

Seiring berjalannya waktu, aku semakin disibukkan oleh banyak kegiatan, sehingga merajut mulai kulupakan. Namun belasan tahun kemudian secara tak sengaja, aku mulai merajut lagi. Saat aku lihat benang rajut yang dipajang di etalase gramedia, tiba-tiba aku ingat, "oh iya, aku pernah bisa merajut. Gimana kalau aku coba lagi". Penasaran apakah talentku masih ada atau sudah hilang, akhirnya aku beli satu gulung benang rajut dan hakken. Dan mulailah dengan pemanasan melemaskan jari-jariku. Aku merajut lagi.

Ada keasyikan tersendiri saat merajut. Sungguh aku merasa terhibur. Bagiku merajut itu sebuah proses yang ajaib. Bagaimana tidak, dari sehelai benang, bisa menjadi berbagai bentuk dan produk yang indah. Dan yang diperlukan hanyalah ketelaten.

Satu per satu aku mulai membuat tempat hp, dompet, tas, dan boneka rajut. Dan yang terakhir inilah yang menjadi spesialisku saat ini. Kenapa aku memilih boneka rajut? Itu karena kecintaanku pada dunia anak. Anak-anakku yang awalnya memintaku membuat boneka. Padahal aku belum pernah membuat sama sekali. Jadi secara otodidak aku mencoba membuatnya. Dan alhamdulillah anak-anak sangat menyukai hasilnya. Sejak saat itu aku mulai membuat boneka dengan berbagai karakter, dan aku design sendiri polanya. Tidak mudah memang, karena itu membutuhkan daya imaginasi yang tinggi. Tapi semua itu membuatku senang saat melihat hasilnya yang memuaskan.


Ternyata boneka rajutku tak hanya disukai anak-anakku. Banyak temanku tertarik dengan hasil karyaku ini. Beberapa temanku mulai banyak yang pesan. Ada pula yang meminta karakter yang beda. Dan berkat ide mereka karakter boneka yang aku buat terus berkembang. Banyak pula yang meminta dibuatkan boneka dengan karakter tokoh kartun favorit mereka.

Kini penggemar boneka rajutku bukan hanya dari kalangan anak-anak saja. Tapi juga remaja dan orang dewasa, laki-laki maupun wanita. Bisa dibilang boneka rajutku ini boneka untuk segala usia dan gender. Bahagia rasanya melihat binar mata para pelanggan saat melihat boneka pesanan mereka sudah jadi. "Waah lucunya..", "waah manis banget..", "wow baguuus..", "Mau pesan lagi dong..", begitu komentar mereka.


Tapi walaupun banyak yang menggemari, aku belum berani mempromosikan lebih jauh. Paling cuma upload foto di facebook saja. Kenapa? Karena semuanya aku kerjakan seorang diri. Dan untuk mengerjakannya waktunya sempit, sebab aku ini pekerja kantoran yang waktu kerjanya cukup ketat. Biasanya aku mengerjakan saat istirahat di kantor atau saat sudah pulang kantor, dan saat weekend saja. Aku takut kalau kebanyakan yang pesan aku kewalahan, dan hasilnya tidak memuaskan. Bukan sombong atau nolak rejeki, tapi karena aku cukup tahu diri dengan kondisiku, tak ingin mengecewakan penggemar.. Hehe..

Sebenarnya aku ingin lebih serius di bidang ini. Semoga suatu saat bisa. Dan semua harus dipersiapkan dengan baik dan matang, terutama untuk tenaga perajutnya. Untuk membuat usaha ini lebih berkembang rasanya tak mungkin kalau semua aku kerjakan sendiri, Nah untuk saat ini sementara aku memajang karyaku di facebook. Boneka rajutku ini aku beri label "Cova Amigurumi". Cova adalah namaku, dan amigurumi artinya seni merajut boneka. Foto-foto di atas adalah beberapa contoh boneka rajutku. Kalau ingin melihat secara lengkap bisa kunjungi pagenya di www.facebook.com/CovaAmigurumi. Monggo silahkan dilihat-lihat dan di-like. Eh, malah promosi.. Hihihi.. Kalau mau pesan juga boleh, tapi harus sabar ya… ^^




*Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway 3 Tahun Ladaka Handicraft*




*dan dalam rangka memeriahkan gerakan #7HariMenulis*
Reactions:

69 comments:

  1. Sepertinya saya yang pertamax. Sepertinya sih. Untuk sementara ini saya amankan dahulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merajut adalah skill yang sampai sekarang saya masih belum mengerti dan pahami bagaimana cara memulainya, mengolahnya, dan juga membentuknya hingga menjadi boneka. Jangankan merajut yang bagi saya sangat sulit sekali, nah untuk membuat ketupat atau mengisi ketupat saja bingung sekali. Masih perlu bimbingan saya kayaknya untuk urusan rajut merajut ini.

      Delete
    2. mas asep berminat merajut? sini2 aku ajarin dgn senang hati.. sapa tau bs mbantuin aku.. hehehe

      Delete
    3. Huaaaaaaaa ujung ujungnya di "berdayakan" membantu bantu Mba Cova merajut jadi boneka. Hiehiheie. Boljug. Kalau sudah pintel mau buka usaha sendiri merajut rajut, terus saya ajukan proposalnya ke instansi/dinas buat jadi sponsor pendanaan, selanjutnya bisa membuka toko juga dari dana sponsor. Lalu bisa membuka usaha sendiri dan membuka kesempatan kerja buat masyarakat. Ngayal dot kom

      Delete
    4. wah ngayalnya keren tuh mas.. bisa nih dicontek idenya.. hehehe
      sapa tau bs jd pengusaha boneka rajut.. ^^

      Delete
  2. aw aw aw, sisi lain dari Cova :) keliatan banget, tanganmu memang sepenuh hati membuat rajutan itu, hasilnya persis dan sangat rapi. *hasik, mau pesen aah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aw aw aw makasih ya mak mira, jd tersipu2 nih..
      monggo loh klo mo pesan.. hehehe

      Delete
  3. bagus gan, emang kalau tau potensi sejak dini sangat membantu :D nice

    ReplyDelete
    Replies
    1. sbnrnya sih tdnya ga nganggap serius potensi ini :D

      Delete
  4. ane naksir abis gan setelah komen ane amat2ti gmana ya cara buatnyajadi pengen, ajari dong gan. :D

    ReplyDelete
  5. kalau aku paling suka mantel rajut, apalagi 1thn kemarin tiap pagi liat nenek di Bis suka ngerajut sambil nunggu sampai :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. keknya merajut emang identik ama nenek2 ya.. di ktr aku jg dijuluki 'si nenek perajut' :D

      Delete
  6. wah keren mantap yang mobil tak kirain tadinya kura2 :D

    ReplyDelete
  7. mba Covaaaa.... ga nyangka dirimu seterampil itu. Sungguh sebuah talenta yang tak semua orang memilikinya lho.... ayo jadikan dia sebagai side income sebelum nanti menjadi main income or passive income. Who knows kan? Kereeen! aku mau dunk di hadiahin satu, untuk nongkrong manis di dashboard nya Gliv. tapi harus sangat mungil.... {kepedean dikasih euy!]

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku suka bgt idenya mbk Al nih.. selalu berpikir positif jauh ke dpn.. slalu menginspirasi :)
      ntar ya, aku slesein pesenan yg laen dl.. hihihi *sok laku

      Delete
  8. ampun keren bangeddd!!! pasti bisa jadi penghasilan tambahan yg memuaskan nii :p mantap!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnn.. makasih doanya.. makasih pujiannya ^^

      Delete
  9. kren banget mbak cova, kok bisa ngerajut yaa kecil2 gitu pula telaten banget, kalau niar emang ndak bisa ngrajut :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo niar jagonya ngitung kalkulus ya.. hihihi

      Delete
    2. hahaha ndak juga mbak, mbok bikin kodok buat niar mbak #kode #sapataudapet :D

      Delete
    3. aiih.. niar ini cantik2 kok sukanya ama kodok.. geli ah.. hihihi

      Delete
    4. Kalau sudah KODOK serahkan saja kepada ku. Nanti saya akan perkenalkan jurus Kodok Mati Menahan Nafsu

      Delete
    5. kodoknya mo digoreng ya mas? hahaha

      Delete
  10. Ihhh bagus banget loh mbakkk!
    Suka liatnya :x :x

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi... makasih ya unaaa.. ^^

      Delete
    2. Menangin Mba Cova ya.
      Juara I juga tidak apa. Apa perlu disuap?
      Kan sudah gede jadi nda perlu disuapin taa mba Una

      Delete
    3. Una ga perlu disuap mas, paling cm minta traktir..:P

      Delete
  11. mbak, aku pengin yang panda. :D

    ReplyDelete
  12. nanti aku pesen, mbak. kalo udah punya anak... *kelamaan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya deh, kelamaan bgt.. pacar aja blm punya.. #eh.. hihihi :P

      Delete
  13. Ya ampuuuun.... lutunyaaaa.... kecil2 tapi bentuknya kok bisa padat & lucu gitu ya? Yg pernah lihat paling2 bentuk bunga. Makasih ya mbak udah ikutan GAku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih juga mak Lusi..
      itu ukurannya macem2, ada kecil, sedang, gede..:)

      Delete
  14. keren kaak :D emang di bandrol harga berapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih leli manis.. :)
      harganya bervariasi tergantung ukuran ma tingkat kerumitan

      Delete
    2. oalaaah .. kalo bentuknya itu boleh minta sendiri apa kita cuma milih kak ?
      kaaak saran : bikin katalog deh itu bagus bagus soalnya hehehehe

      Delete
    3. bentuk boleh minta asal aku bisa :D
      katalognya ada di fanpage FB Cova Amigurumi.. hehe

      Delete
  15. Ihh lucunyaaa.. aku suka yang Hello Kitty itu, kans menang GA ini mah. Sukses ya (^_^)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnn.. smoga menang :)
      yg hello kitty emang best seller tuh, banyak yg pesen

      Delete
  16. mbak, bneran tuh bikin sendiri? mauu dunk dibuatin mbak? kalau minta ajarin kan di suruh datang tho...hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. serius say.. asli made by cova.. klo ga percaya sini aku ajarin *maksa biar datang* haha..

      Delete
  17. cantik sekali hasil rajutnya.........mau..........

    ReplyDelete
  18. Bagus mbak beneran.. gue dulu pas SD pernah ada tugas ngerajut.. tapi kayanya jelek.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo dicoba lg, sapa tau skrg hasilnya bagus :D
      makasih ya ^^

      Delete
  19. Wow keren banget, Mbak!
    Sampai melongo aku lihatnya.

    Btw semoga menang GAnya ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasih pujiannya.. *tersipu2*

      Aminnn.. makasih doanya.. :)

      Delete
  20. Hebat mbak bisa merajut, hasilnya bagus-bagus pula. good luck aja di GAnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih.. makasih..
      aminn.. smoga menang ^^

      Delete
  21. kamu pinter banget sih,
    ini bisa jd karyamu yg pantas dicintai,
    carry on!

    ReplyDelete
    Replies
    1. aah.. dipuji om squ nih.. *blushing*
      makasih yaa.. jd smangat ngrajut lg ^^

      Delete
  22. Wow wow...kreatif sekali bikin boneka seimut ituuuu :-)
    Menang GA juga kan? ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ ๑ˆ⌣ˆ๑ selamaaattt.
    Salam kenal...

    saya punya cerita tentang kerajinan kain tenun khas ende :)

    www.inarakhmawati.com/2013/02/cerita-di-balik-kain-tenun-ende-milikku.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow wow.. aku menaaaaaaang.. senangnyaaaa...^^
      makasih yaaa.. selamat jg buat Ina..
      salam kenal yah
      mampir ah, ngintip kain tenunnya :D

      Delete
  23. holaa mbakk
    baguuss bbgt mbak :D
    aku suka bgt ama segala sesuatu yg berbau craft n handmade :D
    jadi aku juga suka merajut tapi syg aku gabisa bikin boneka2 gini :((
    ajariin dnk mbak pengen yang hello kittynya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiiiih yaaaa...
      duh maaf komennya br dibales.
      Klo bisa merajut, pasti bisa bikin kok,asal telaten aja.. :)

      Delete
  24. wah bagus banget, telaten yah mbak.
    salam kenal :)
    aku follow yah blog'a :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih yaaaa...
      salam kenal jugaaa
      makasih udah mampir ^^

      Delete
  25. Ihhhhhhhhhh rapi banget...
    Sukses GAnya ya Mbak..
    langsung menuju ke FB

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiiiih..
      alhamdulillah GAnya menang.. :)

      Delete
  26. lucu banget sih mba bonekanya..
    biasanya merajut kan bikin tas ato taplak..
    aku kalo merajut gak pernaj jadi wujudnya mba..gak sabar..hehehe
    btw, selamat ya berhasil dapat bingkisan GAnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... akhirnya bisa menang GA.. :)
      emang klo merajut hrs sabar sih. Tapi biasanya pengen buru2 liat hasilnya.. hihi

      Delete
  27. Kok bisa ya dari rajutan jadi boneka yang bagus2 begitu...keren deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih yaaaa... inilah hasil dr tangan2 iseng :D

      Delete
  28. lucunya bisa dijadiin buat hadiah istri dan putriku,,,,dijual ga mbak? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, boleh kok klo mau pesan :)
      Klo mau liat koleksinya ada di FB www.facebook.com/CovaAmigurumi
      monggo

      Delete
  29. wah ... mbak cova kreatif juga ya orangnya ....

    ReplyDelete
  30. ajarin aku donk mbak ... rajut merajut ... kayaknya asyik juga tu

    ReplyDelete